Lutung Kasarung

 

Pada jaman dahulu kala di tatar pasundan ada sebuah kerajaan yang pimpin oleh seorang raja yang bijaksana, beliau dikenal sebagai Prabu Tapak Agung.

Prabu Tapa Agung mempunyai dua orang putri cantik yaitu Purbararang dan adiknya Purbasari.

Pada saat mendekati akhir hayatnya Prabu Tapak Agung menunjuk Purbasari, putri bungsunya sebagai pengganti. “Aku sudah terlalu tua, saatnya aku turun tahta,” kata Prabu Tapa.

Purbasari memiliki kakak yang bernama Purbararang. Ia tidak setuju adiknya diangkat menggantikan Ayah mereka. “Aku putri Sulung, seharusnya ayahanda memilih aku sebagai penggantinya,” gerutu Purbararang pada tunangannya yang bernama Indrajaya. Kegeramannya yang sudah memuncak membuatnya mempunyai niat mencelakakan adiknya. Ia menemui seorang nenek sihir untuk memanterai Purbasari. Nenek sihir itu memanterai Purbasari sehingga saat itu juga tiba-tiba kulit Purbasari menjadi bertotol-totol hitam. Purbararang jadi punya alasan untuk mengusir adiknya tersebut. “Orang yang dikutuk seperti dia tidak pantas menjadi seorang Ratu !” ujar Purbararang.

Kemudian ia menyuruh seorang Patih untuk mengasingkan Purbasari ke hutan. Sesampai di hutan patih tersebut masih berbaik hati dengan membuatkan sebuah pondok untuk Purbasari. Ia pun menasehati Purbasari, “Tabahlah Tuan Putri. Cobaan ini pasti akan berakhir, Yang Maha Kuasa pasti akan selalu bersama Putri”. “Terima kasih paman”, ujar Purbasari.

Selama di hutan ia mempunyai banyak teman yaitu hewan-hewan yang selalu baik kepadanya. Diantara hewan tersebut ada seekor kera berbulu hitam yang misterius. Tetapi kera tersebut yang paling perhatian kepada Purbasari. Lutung kasarung selalu menggembirakan Purbasari dengan mengambilkan bunga –bunga yang indah serta buah-buahan bersama teman-temannya.

Pada saat malam bulan purnama, Lutung Kasarung bersikap aneh. Ia berjalan ke tempat yang sepi lalu bersemedi. Ia sedang memohon sesuatu kepada Dewata. Ini membuktikan bahwa Lutung Kasarung bukan makhluk biasa. Tidak lama kemudian, tanah di dekat Lutung merekah dan terciptalah sebuah telaga kecil, airnya jernih sekali. Airnya mengandung obat yang sangat harum.

Keesokan harinya Lutung Kasarung menemui Purbasari dan memintanya untuk mandi di telaga tersebut. “Apa manfaatnya bagiku ?”, pikir Purbasari. Tapi ia mau menurutinya. Tak lama setelah ia menceburkan dirinya. Sesuatu terjadi pada kulitnya. Kulitnya menjadi bersih seperti semula dan ia menjadi cantik kembali. Purbasari sangat terkejut dan gembira ketika ia bercermin ditelaga tersebut.

Di istana, Purbararang memutuskan untuk melihat adiknya di hutan. Ia pergi bersama tunangannya dan para pengawal. Ketika sampai di hutan, ia akhirnya bertemu dengan adiknya dan saling berpandangan. Purbararang tak percaya melihat adiknya kembali seperti semula. Purbararang tidak mau kehilangan muka, ia mengajak Purbasari adu panjang rambut. “Siapa yang paling panjang rambutnya dialah yang menang !”, kata Purbararang. Awalnya Purbasari tidak mau, tetapi karena terus didesak ia meladeni kakaknya. Ternyata rambut Purbasari lebih panjang.

“Baiklah aku kalah, tapi sekarang ayo kita adu tampan tunangan kita, Ini tunanganku”, kata Purbararang sambil mendekat kepada Indrajaya. Purbasari mulai gelisah dan kebingungan. Akhirnya ia melirik serta menarik tangan Lutung Kasarung. Lutung Kasarung melonjak-lonjak seakan-akan menenangkan Purbasari. Purbararang tertawa terbahak-bahak, “Jadi monyet itu tunanganmu ?”.

Pada saat itu juga Lutung Kasarung segera bersemedi. Tiba-tiba terjadi suatu keajaiban. Lutung Kasarung berubah menjadi seorang Pemuda gagah berwajah sangat tampan, lebih dari Indrajaya. Semua terkejut melihat kejadian itu seraya bersorak gembira. Purbararang akhirnya mengakui kekalahannya dan kesalahannya selama ini. Ia memohon maaf kepada adiknya dan memohon untuk tidak dihukum. Purbasari yang baik hati memaafkan mereka. Setelah kejadian itu akhirnya mereka semua kembali ke Istana.

Purbasari menjadi seorang ratu, didampingi oleh seorang pemuda idamannya. Pemuda yang ternyata selama ini selalu mendampinginya dihutan dalam wujud seekor lutung.

 

 

Sumber: http://www.e-smartschool.com

About these ads

301 pemikiran pada “Lutung Kasarung

    1. ceritanya bagus cihhhhh tapiiiiiiiiiiiiiii arti dari lutung kasarung artinya
      pastiiiiiiiiiiiiiiiiii monyet di karungin yach

  1. HE…….he…..gara-gara cerita ne gw jd biza ngumpulin tugas dch!!!!!!!!!!!!!!!eh tgs ne gw kumpulin bwt bkn tgs drama lho…………………………..

    1. akhirnya Lutung Kasarung hoki nemuin cewe cantik….. wkwkwkwkwkwk….. bsa ngerjain tgas deh !!!!!!!! w jdi peran utama lgi

    1. mang kayak u mata duitan kalo suka ama luntung kalo jadi ke ajaiban jadi orang yang gagah kayak cerita nya kan bagus mantep

  2. ceritanya asik jg y…………….
    jd bagi cewek-cewk yg hanya melihat tampang cowok doang yg ganteng tp yg jelek ngk….. tolong disamakan karena entar tu pasti berubah kyk……..
    lutung yg menjadi ganteng n gagah….. tau kn.

  3. Masa seh jmn skrang ada cwe cntk yg mau jadi ratu kawin ma lutung????
    kaya di iklan XL aj Luna-Maya ma Monyet………………..
    Tapi ceritana BAGUS juga…….
    J<<<Char RF Online lvl 55 Striker poin PvP+++ ACC Polaris, anda minta tolong hubungi saya ke 0813 9186 2624 (TATO) ok Di tunggu………

  4. cerita nya
    bbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbb
    aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
    gggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggggg
    uuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu
    sssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss

    bbbbbbbbbbbbaaaaaaaaaannnnnnnngggggggggeeeeeeeeeeeeeetttttttttttttttttttt

  5. lutung kasarung tuh banyak kutunya loch kdangan juga mndi d kali serayu loch cz aq tau sejarahnya lutung kasarung hhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhheeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee………………………………………………
    BUKANNYA COMBONG CIH JANGAN SIRIK YAU…………………………………………………………………………………………….

    1. bbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbb
      iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii
      aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
      sssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssa
      aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
      aja kaliiii ga segitunya

  6. inti dari cerita ini adalah jangan hanya karena harta kita menjadi musuh saudara kita.harta memang bisa membeli segalanya tapi tidak bisa membeli cinta dan kasih sayang.

  7. si lutung kasarung itu siapa sih??
    kok mau-maunya tinggal di hutan jadi lutung jelek, padahal dia bisa jadi pangeran tampan…?

  8. kakanya jahat banget sich!!!!!!!!!!!
    tega2nya kakanya sihir adiknya sendiri jadi jelek
    karna demi harta ayahnya sendiri

  9. aku mo minta ijin si lutung kasarung buat bawa kabur Purbasari, aku bawa ke KUA aku yang nikahin dech…Lumayan bisa jadi menantu Prabu Tapak Agung….Wuassyyiiikk euy…

  10. KOK GAX PKE B.INGGRIS JA NP???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????? BUTUH NI…………………………………………………

  11. cRitaa nE ?????????????????????
    SaEE SaN9et , !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!, MaTUrRRRRR nUUwuN sanGet NggiHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHHhh??

  12. saya sangat bangga menjadi bangsa indonesia…
    karena banyak sekali cerita rakyat.. thanx. mri kita sama2 menjaga dengan sebaik-baiknya.. untuk kelak ank cucu kita. dikal nanti.

  13. bUuuAgUuuuus jUuugAaaa…………………………..!niiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiccccccccccchhhhhhhhhh,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, cEriiiiiiiiiiiiiiiiiiitUa’yyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy

  14. gara2 ne cerita wa jd isa ngumpulin tugas B.Indonesia…
    THANKS y wat g dah nge post ceritany de sene

    THANKS…!!!!!!!!!!!!!!!!

  15. dri cerita ini, ada hikmax kalo kita sabar dan tabah menghadapi cobaan. ikhlas menerima suatu kenyataan yang memang tidak bisa ditolak. Isnya Allah kita akan keluar dari masa yang sangat sulit pun. selagi bersabar dan terus berdoa, pasti diberi jalan keluarx..ok

  16. tak tambahins sedikit bro, tentang asal usul lutung, biar tidak pedot alur ceritanya, bisa ditambahkan jadi paragraf 7

    konon LUTUNG KASARUNG adalah seorang anak laki-laki dari peri kayangan yang sangat tampan dan gagah, sewaktu dia beranjak dewasa dan sudah waktunya untuk memilih pasangannya, dia tidak menemukannya karena yang di anggap cantik waktu itu adalah ibundanya sendiri.
    mengetahui itu sang bunda segera memanggil pemuda itu dan mengubahnya menjadi kera ( Lutung Kasarung) dan memberinya nasihat “pergilah ke bumi disana sudah menunggu pasangan yang cocok untukmu dan bantulah dia karena dia sedang mengalami musibah” setelah itu sang Lutung segera pergi ke bumi untuk menemukan sang putri, sampai akhirnya di sampai di hutan dimana sang putri di asingkan

    .: semoga bermanfaat :.

  17. ha akhir nya sih purbarangrang kalah sama purbasari ha….
    hebat purbasari dan hebat juga buat luntung bisa membuat purbasari banga
    memepunyai istri seperti kamuhebat good
    hahahahahahha

  18. hhhhhheeeeeeeeeee……….
    krenzzzzzzz…..
    cRIta’nA ………….
    bAGusssssss……..
    bETull…….bETul ……bETul
    hhhheeeeee

  19. tapi ya sedikit lama sampai mataku sakit
    tapi jug aku belum baca semua he…he…he…
    hei semua yang ada di situ semua lihat dong cerita Lutung Kasarung legenda kita semua

  20. baru kali ini aku dengar monyet jadi manusia,hihiiii……..lucu juga,yaaa…..
    tambah lagi,yaaaa…legendanya…aku suka cerita legnda,lhoo..

  21. ceritanya bagus bgt
    aku terharu
    apa lutung yang ada di kebun binatang waktu aku masih kecil itu juga manusia

  22. ciaaaaaaaaaaaaaan deh si Purbalarang
    makamya jadi orang jangan egois camkan itu! ckckckckckckckckck
    tapi setiap cerita ada himahnya heheheheheeeeeeeee :D
    CIAN CIAN CIAN :(

  23. akhirnya bisa nyelesain tugas…
    ceritanya lumayan bagus walaupun gak sebagus princess in wonderland…
    tapi tetep bangga sama Indonesia yang punya 1001 dongeng :)

  24. ceritanya sangat menarik,lain kali masukkan juga legenda asal mula bantaeng dari sulawesi selatan yagh !!!!!!!!!!!!!!!!!!!…………….

  25. purbararang sombong tunangannya memang keren dan ganteng tapi lebih gantengan lutung walau pun dia monyet tapi di sebnarnya ganteng lho……………………………..!

  26. makasih banget ya kakak legenda ini bisa buat untuk mengerjakan tugas bhs inggris thankkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkssssssssssssssssssssssssssssssssssss

  27. wew… cerita yg menarik…. buat tugas drama persami enx jga tuh… heheheheeee….. makasih banyak lhoooowww atas ceritanyaaaaaa….. sgat membantuuuuww………….
    SALAM KENAAAAAAAAAL……………

  28. ceritanya menarik dan bagus.saya baru pertama kali mendengar cerita ini seumur hidup saya,saya tidak pernah mendengar cerita ini

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s