Si Rusa dan Si Kulomang

Pada jaman dahulu di sebuah hutan di kepulauan Aru, hiduplah sekelompok rusa. Mereka sangat bangga akan kemampuan larinya. Pekerjaan mereka selain merumput, adalah menantang binatang lainnya untuk adu lari. Apabila mereka itu dapat mengalahkannya, rusa itu akan mengambil tempat tinggal mereka.

Ditepian hutan tersebut terdapatlah sebuah pantai yang sangat indah. Disana hiduplah siput laut yang bernama Kulomang. Siput laut terkenal sebagai binatang yang cerdik dan sangat setia kawan. Pada suatu hari, si Rusa mendatangi si Kulomang. Ditantangnya siput laut itu untuk adu lari hingga sampai di tanjung ke sebelas. Taruhannya adalah pantai tempat tinggal sang siput laut.

Dalam hatinya si Rusa itu merasa yakin akan dapat mengalahkan si Kulomang. Bukan saja jalannya sangat lambat, si Kulomang juga memanggul cangkang. Cangkang itu biasanya lebih besar dari badannya. Ukuran yang demikian itu disebabkan oleh karena cangkang itu adalah rumah dari siput laut. Rumah itu berguna untuk menahan agar tidak hanyut di waktu air pasang. Dan ia berguna untuk melindungi siput laut dari terik matahari.

Pada hari yang ditentukan si Rusa sudah mengundang kawan-kawannya untuk menyaksikan pertandingan itu. Sedangkan si Kulomang sudah menyiapkan sepuluh teman-temannya. Setiap ekor dari temannya ditempatkan mulai dari tanjung ke dua hingga tanjung ke sebelas. Dia sendiri akan berada ditempat mulainya pertandingan. Diperintahkannya agar teman-temanya menjawab setiap pertanyaan si Rusa.

Begitu pertandingan dimulai, si Rusa langsung berlari secepat-cepatnya mendahului si Kulomang. Selang beberapa jam is sudah sampai di tanjung kedua. Nafasnya terengah-engah. Dalam hati ia yakin bahwa si Kulomang mungkin hanya mencapai jarak beberapa meter saja. Dengan sombongnya ia berteriak-teriak, “Kulomang, sekarang kau ada di mana?” Temannya si Kulomang pun menjawab, “aku ada tepat di belakangmu.” Betapa terkejutnya si Rusa, ia tidak jadi beristirahat melainkan lari tunggang langgang.

Hal yang sama terjadi berulang kali hingga ke tanjung ke sepuluh. Memasuki tanjung ke sebelas, si Rusa sudah kehabisan napas. Ia jatuh tersungkur dan mati. Dengan demikian si Kulomang dapat bukan saja mengalahkan tetapi juga memperdayai si Rusa yang congkak itu.

Sumber: http://www.seasite.niu.edu dari buku karya Aneke Sumarauw , “Cerita Rakyat dari Maluku”

76 pemikiran pada “Si Rusa dan Si Kulomang

  1. cerita ini menarik dan asyk tapi apa boleh saya komentar bagaimana ceritnya di tambah tpi cerita2 rakyat yang memang ada di desa/pelosok2 biar tambah sayik.

    Legenda Kita
    Terima kasih komentarnya. Tunggu ya.. nanti akan ada tambahan cerita-cerita lainnya. Atau nich dan rekan-rekan mau menambahkan dan punya cerita yang asyik dari pelosok? bisa lho dikirim ke Legenda Kita.

    1. OOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO AAAAAAATTTTTTTTTAAAAAAANNNNNGGGGGG

  2. uu…lucu critanyah….

    tpi kuk tragis amd ampe si rusa mati???

    hehe…

    Legenda Kita
    Ya itulah pesan moralnya… kesombongan akan menuju kebinasaan. Peace🙂

  3. legenda yg menarik…aduh kemana ah cerita certia sarat moral ini sekarang…huhuh kita udah dibrainwash sama cerita import😦

    Legenda Kita
    Sebenarnya masih ada ceritanya, tapi kok tenggelam… Tidak menjual kah? Atau tidak mampu mengemas untuk bisa dijual? Saya kurang faham, saya mah cuman rewrite aja..he..he..he..cuman lagi males updatenya..
    Saya mendukung kalo kita kembali menekankan moral dan budi pekerti sebagai landasan pendidikan.
    Hatur nuhun…

  4. critana lucu bgt low pun sirusa akhirnya mendapat kekalahan dan akhirnya mati . jd kacian nieh ma si rusa low pun dya jht.;;;;;;;;;;;;;;;;

    1. wh……………………………….crtnya sr bngts……………………………….? hai! rusa jngN jD ORG SMBNG……………………………. ITU AKIBATNYA KM YG KN BTNYA KN./././/././././././././…………………………………………….

  5. haiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

  6. cerita seru banget & mengandung arti yang baik banget…………..ya jangan ada benih kesombongan tapi …………..ko akhirnya mati????????

  7. Crtnya bgs..cos amanat yg trdpt dcrt trsbt can be lasson for peope…
    Kesmbgn akn membw qt kesengsaraan,so,jgn prnh menganggap org ln rendah,ok…

  8. kulomang pinter apa licik ya?????
    kesimpulannya : orang sombong kalah sama orang licik tapi orang licik juga masih kalah sama orang yang suka ngarang2,
    hehehehe

  9. crtnya bgz tp knp rusa harus mati maunya tuh
    rssanya kalah dan
    akhirnya sadar
    bahwa slamaini dia
    itu sonbong
    maunya
    gitu donk

  10. lucu sekali ceritanya!!! saya senang dengan ceritanya karena mengandung pembelajaran bagi kita bahwa orang yang sombong pasti akan mengalami nasib yang tidak menyenangkan dan kita sendiri harus bisa menjadi orang yang berprinsip padi”makin berisi makin merunduk”.

  11. macm cerita si kura2l dan sang arnab…….
    tapi di malaysia ade sebuah novel baru…. “PERLUMBAAN KE DUA”… mengisahkan sang arnab yng malu deng nenek moyngnye yng kalah… lantas di ajak sang kura kura kembali berlumba…… demi menegakkan keadilan bahawa… keturunan si kura2 sememangnya lambat…… bacalah…. anda pasti suka nevol PERLUMBAAN KE DUA……
    SALAM DARI MALAYSIA!

  12. kasihan ama rusa, kok mati begitu mudah gara-gara kalah adu lari. kan lebih baik kalo rusa tidur lalu bangun dan segar bugar. tau-tau siput bawa makanan enak-enak … lalu makan bersama… sobat kan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s