Asal Usul Kota Banyuwangi

Pada zaman dahulu di kawasan ujung timur Propinsi Jawa Timur terdapat sebuah kerajaan besar yang diperintah oleh seorang Raja yang adil dan bijaksana. Raja tersebut mempunyai seorang putra yang gagah bernama Raden Banterang. Kegemaran Raden Banterang adalah berburu. “Pagi hari ini aku akan berburu ke hutan. Siapkan alat berburu,” kata Raden Banterang kepada para abdinya. Setelah peralatan berburu siap, Raden Banterang disertai beberapa pengiringnya berangkat ke hutan. Ketika Raden Banterang berjalan sendirian, ia melihat seekor kijang melintas di depannya. Ia segera mengejar kijang itu hingga masuk jauh ke hutan. Ia terpisah dengan para pengiringnya.

“Kemana seekor kijang tadi?”, kata Raden Banterang, ketika kehilangan jejak buruannya. “Akan ku cari terus sampai dapat,” tekadnya. Raden Banterang menerobos semak belukar dan pepohonan hutan. Namun, binatang buruan itu tidak ditemukan. Ia tiba di sebuah sungai yang sangat bening airnya. “Hem, segar nian air sungai ini,” Raden Banterang minum air sungai itu, sampai merasa hilang dahaganya. Setelah itu, ia meninggalkan sungai. Namun baru beberapa langkah berjalan, tiba-tiba dikejutkan kedatangan seorang gadis cantik jelita.

“Ha? Seorang gadis cantik jelita? Benarkah ia seorang manusia? Jangan-jangan setan penunggu hutan,” gumam Raden Banterang bertanya-tanya. Raden Banterang memberanikan diri mendekati gadis cantik itu. “Kau manusia atau penunggu hutan?” sapa Raden Banterang. “Saya manusia,” jawab gadis itu sambil tersenyum. Raden Banterang pun memperkenalkan dirinya. Gadis cantik itu menyambutnya. “Nama saya Surati berasal dari kerajaan Klungkung”. “Saya berada di tempat ini karena menyelamatkan diri dari serangan musuh. Ayah saya telah gugur dalam mempertahankan mahkota kerajaan,” Jelasnya. Mendengar ucapan gadis itu, Raden Banterang terkejut bukan kepalang. Melihat penderitaan puteri Raja Klungkung itu, Raden Banterang segera menolong dan mengajaknya pulang ke istana. Tak lama kemudian mereka menikah membangun keluarga bahagia.

Pada suatu hari, puteri Raja Klungkung berjalan-jalan sendirian ke luar istana. “Surati! Surati!”, panggil seorang laki-laki yang berpakaian compang-camping. Setelah mengamati wajah lelaki itu, ia baru sadar bahwa yang berada di depannya adalah kakak kandungnya bernama Rupaksa. Maksud kedatangan Rupaksa adalah untuk mengajak adiknya untuk membalas dendam, karena Raden Banterang telah membunuh ayahandanya. Surati menceritakan bahwa ia mau diperistri Raden Banterang karena telah berhutang budi. Dengan begitu, Surati tidak mau membantu ajakan kakak kandungnya. Rupaksa marah mendengar jawaban adiknya. Namun, ia sempat memberikan sebuah kenangan berupa ikat kepala kepada Surati. “Ikat kepala ini harus kau simpan di bawah tempat tidurmu,” pesan Rupaksa.

Pertemuan Surati dengan kakak kandungnya tidak diketahui oleh Raden Banterang, dikarenakan Raden Banterang sedang berburu di hutan. Tatkala Raden Banterang berada di tengah hutan, tiba-tiba pandangan matanya dikejutkan oleh kedatangan seorang lelaki berpakaian compang-camping. “Tuangku, Raden Banterang. Keselamatan Tuan terancam bahaya yang direncanakan oleh istri tuan sendiri,” kata lelaki itu. “Tuan bisa melihat buktinya, dengan melihat sebuah ikat kepala yang diletakkan di bawah tempat peraduannya. Ikat kepala itu milik lelaki yang dimintai tolong untuk membunuh Tuan,” jelasnya. Setelah mengucapkan kata-kata itu, lelaki berpakaian compang-camping itu hilang secara misterius. Terkejutlah Raden Banterang mendengar laporan lelaki misterius itu. Ia pun segera pulang ke istana. Setelah tiba di istana, Raden Banterang langsung menuju ke peraaduan istrinya. Dicarinya ikat kepala yang telah diceritakan oleh lelaki berpakaian compang-camping yang telah menemui di hutan. “Ha! Benar kata lelaki itu! Ikat kepala ini sebagai bukti! Kau merencanakan mau membunuhku dengan minta tolong kepada pemilik ikat kepala ini!” tuduh Raden Banterang kepada istrinya. “ Begitukah balasanmu padaku?” tandas Raden Banterang.”Jangan asal tuduh. Adinda sama sekali tidak bermaksud membunuh Kakanda, apalagi minta tolong kepada seorang lelaki!” jawab Surati. Namun Raden Banterang tetap pada pendiriannya, bahwa istrinya yang pernah ditolong itu akan membahayakan hidupnya. Nah, sebelum nyawanya terancam, Raden Banterang lebih dahulu ingin mencelakakan istrinya.

Raden Banterang berniat menenggelamkan istrinya di sebuah sungai. Setelah tiba di sungai, Raden Banterang menceritakan tentang pertemuan dengan seorang lelaki compang-camping ketika berburu di hutan. Sang istri pun menceritakan tentang pertemuan dengan seorang lelaki berpakaian compang-camping seperti yang dijelaskan suaminya. “Lelaki itu adalah kakak kandung Adinda. Dialah yang memberi sebuah ikat kepala kepada Adinda,” Surati menjelaskan kembali, agar Raden Banterang luluh hatinya. Namun, Raden Banterang tetap percaya bahwa istrinya akan mencelakakan dirinya. “Kakanda suamiku! Bukalah hati dan perasaan Kakanda! Adinda rela mati demi keselamatan Kakanda. Tetapi berilah kesempatan kepada Adinda untuk menceritakan perihal pertemuan Adinda dengan kakak kandung Adinda bernama Rupaksa,” ucap Surati mengingatkan.

“Kakak Adindalah yang akan membunuh kakanda! Adinda diminati bantuan, tetapi Adinda tolah!”. Mendengar hal tersebut , hati Raden Banterang tidak cair bahkan menganggap istrinya berbohong.. “Kakanda ! Jika air sungai ini menjadi bening dan harum baunya, berarti Adinda tidak bersalah! Tetapi, jika tetap keruh dan bau busuk, berarti Adinda bersalah!” seru Surati. Raden Banterang menganggap ucapan istrinya itu mengada-ada. Maka, Raden Banterang segera menghunus keris yang terselip di pinggangnya. Bersamaan itu pula, Surati melompat ke tengah sungai lalu menghilang.

Tidak berapa lama, terjadi sebuah keajaiban. Bau nan harum merebak di sekitar sungai. Melihat kejadian itu, Raden Banterang berseru dengan suara gemetar. “Istriku tidak berdosa! Air kali ini harum baunya!” Betapa menyesalnya Raden Banterang. Ia meratapi kematian istrinya, dan menyesali kebodohannya. Namun sudah terlambat.

Sejak itu, sungai menjadi harum baunya. Dalam bahasa Jawa disebut Banyuwangi. Banyu artinya air dan wangi artinya harum. Nama Banyuwangi kemudian menjadi nama kota Banyuwangi.

Sumber: e-smartschool.com yang diambil dari elexmedia

About these ads

659 pemikiran pada “Asal Usul Kota Banyuwangi

      1. .kok mengada ada sich ? itu kan emang bener critanya gtu … kalo boleh tau mengada ada dari mna ya ?

      2. mengada ada apanya ?
        tu asli tau……
        aq aslnya dr kota banyuwangi…..
        banyuwangi ja punya bnyk asl uslx……tp slh stunx ni yg ud d critain…….

      3. dy bilang mengada-ngada coz dy g pernah di ceritain cerita rakyat wktu sekolah,,,taunya cm cerita kartun …lihat dlua asal usul yg ada d negara anda.namanya jg legenda.

      4. itulah orang yg sangat tdk bs menghargai orang lain. banggalah jadi orang yg dapat berbuat sesuatu, dari pada hanya mencemooh hasil karya orang lain. oke mas broo?

      1. itu bukanlah sebuah realita mekainkan sebuah fakta, coz prasejarah tlah membuktikan dg mndeteksi air sungai yang dmn tmpat permaisuri mnenggelamkan dirix n ternyata air sungai tersebut beda dari sungai lain…… sungai tersebut memeng berbau harum……….

      1. Ea mak nyus seh qhu suka gue bngGA DGN B4NYUWANGi cwek.nya c4ntik” hoOWEY REK BWI qhu synk bnyuwangI FOREVER

      1. termasuk legenda yg sssssssssssssssssssseeeeeeeeeeeeeeeeerrrrrrrrrrrrrrrrrrrruuuuuuuuuuuuuuuuuu aaaaaaaaaaaaaaaabbbbbbbbbbbbbbbiiiiiiiiiiiiiiissssssssssssss!!!!!!!!!!!!!!

    1. Low aQ cka smuW’x………………. dRpd t4nya kan lBiH baEx bCa sndrI,,,,,,,,,,,,,, Mlu D0Nx LOw tAny4” oRg…… YacH k4444444444,,,,,,,,,,,,,,N?????????????????

    2. BAUUUUUUUU LU, TULISAN LU SEMUA PADA KEMSEUPAY !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
      !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  1. wadu ni blog ngebantu banget untuk nyelesaiin tugas Q ttg seni budaya. thank’s banget y !!!
    eh ngomong-ngomong foto mu kok gak ada y ??? jadi penasaran siapa sic orang pinter yg udah ngebuat blog yang excellent abezzzzzz

    1. sy juga kak :D tgs seni BuDaya jaDI slesai DnG NILAi YG memuaSkaN
      nice… ya kak bikin bloG yg Lebih BAgus LAge biaR ANAk 2 indonesia bisa mengerjakan tugas dng MuDah n Bnr
      TRIMS ZING WUUUOOAAAAAKKKKEEEH Y

  2. waaaaw akhirnya ketemu juga, makase yang uda buat blog. Bcause of u tgs gw slese pas bgt deadline. Ud gtu crita’a dari daerah asal gw lg hohoho wlopun dri umr 1 taon blom prnah ksana, hahahaha. sekli lg thx yo

  3. bagus bangettzzzz…
    qw jd tw asl-uslnya tanah kelahiran qw.
    sangat, sangat, sangat menarik…
    makacie yaw, dah ngibur.
    buaguuuuussssss bngetttttt………..

  4. uuuuiiiihhh…………… Gilaaaaaaaaa………. bo’,,,………….
    giiiilllllllaaaaaaaaaaaaaaaa……………….. baaaaaaaaaaaaangettt…..
    baguzz…… bangettttttttt…….
    TOP BGT laaaahhhhhh…… pokoke…..

    1. SOK GANTENG LU…….. SOK IMUT LU !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1 LENJEH

  5. waaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaw!

    krenz bgdh critanya……………………

    hiduuuuuuuuuuuuuup Banyuwangi!!!!!!!

  6. Heiii .. Critanya menarik sekaliiiii .. ! I LOVE IT ! Aku ambil crita ini ajah ah buat tugaskuu .. ! mkasih ya yang udah bikin blog ini .. ! tq so much much .. ! tapii .. aku musti translate ke bhs inggris dehh .. gada ya yang baahaasaa inggris ?? hiks .. tapi gpph .. aku jadi nemu crita apa yg bakal aku bkin tugas .. ! mkasih banget yaaa .. ! ^-^

  7. nuwun,tolong semua cerita teks kuwi dirubah wonten bahasa jawa nggih,supaya wong jawa ngerti wae bahasanna.!sampun lan matur suwon!!!!!

  8. wuihhhhh…………cerita’e keyeeeeeeeeeeeeeeeeennn dwech!!!!!!!
    Mu wat tugazz English Nuiii,,,,,
    Da yg mu bantu wat translite g?????????????????hWe. .Hwe^ _ ^

  9. wwUuhHhH………………………….b9Uuuzzzzzzzzzzzzz bgd cerita’a…………….. T O P.B G T duech………………………

  10. aku kagum dengan kota bayuwangi karena mempunyai ciri khas yang sangat mempunyai makna tersendiri…
    dalam cerita ini kita dapat mengambil hikmah karina dalam suatu negeri tidaklah membohongi diri sendiri demi cinta karena akan mendapat kesengsaraan dalam negeri dan diri kita

  11. Menarik Juga Ceritanya…….
    Banyuwangi Is The Best Dech………….
    J<<Char RF Online ACC Polaris lvl 55 STRIKER poin PvP++++++ nicknya LordAnaL coba cek di web RF……..
    Anda Minat tolong hubungi saya ke 0813 9186 2624 (Tato) Di tunggu ya sama aku………………………………………………………………………………
    HARGA PENSIUNAN…………..

  12. subhanallah …..

    cerita ini bernmanfaat banget buat aku syukron yach////////

    hehehe na mabil buat tugas bahasa indonesia saya
    jadi terimakasih yach sebelumnya

  13. Wow, bagus ya ceritanya. Oh ya, kapan-kapan buatin juga donk legenda2 yang ada di Pulau Nias. seperti legenda asal usul kota nya, ato apa gitu…plizzzzzzzz….

    I like Nias Island…It’s cool, bro and sis…!!!!
    Lw blom ke Nias ajah, coba sekali-kali kexna, pasti ketagihan… Apalagi kalo ke Pulau Tello…(sekalian promosi, hehe..hehe..)

  14. ceritanya bagus banget, tapi coba donk ceritanya ada b.terjemahan-nya dan bahasa asli daerahnya…!

    jadi, biar anak indonesia tau bahasa-bahasa yang digunakan-nya bagaimana?

    biar lebih seru lagi…

  15. pada tahun 1990 saya terlahir di kota ini tapi sajk tahun 2003 saya berhijrah ke kalimantan tepatnya di kota balikpapan saya masih ingat semasa kecil saya di banyuwangi sana. rasa-rasanya saya ingin kembali lagi ke kampung halaman …..

    saya ingin bertemu semua keluarga saya yang di kota banyuwangi…

    ^_^

  16. waduh coy critanya mak nyussssssssssssssssss di hati banget cooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooyyyyyyyyyy…….cok

  17. Dasar lelaki, egois mau menang sendiri, tdk mau mendengar pendapat orang lain. Begitulah sifat lelaku pada umumnya sehingga penyesalan selalu datang terlambat pada akhirnya.

  18. Hmm,bagus loh cerita Asal-Usul Kota BanyuWangi tu…
    Maka ny ntr klo yg ud berumahtangga,,saling percaya dunk ma pasangan masing2.. hehe,…
    Q mw tny neh,trus skrg “kali” yg bau ny wangi tuh kali ap nama ny????
    Sbnernya tu prntyaan dr dlu prtama dgr crita ini (pas SD),dan g ad yg tau ap jwbn ny…
    Mgkn ad yg mw bantu saya… Trims

  19. MAKASI LA UDAH BANTU TUGAS KULIAH AWAK…

    THANKSSSSS… beRAT lA kALAU gT yAKZ..!!! ….

    mAKASi – mAKASI sEKALI lAGI lA kALAU gt..!!!!

  20. ceritanya bagus juga hahaha……………
    jadi pengen gw ke banyuwangi
    walaupun tempatnya jauh hahaha…………..

    1. ya moga kamu juga bisa begitu ama pacar kamu atau suami kamu.aulia..mga kita semua juga bisa seperti itu dan bisa mengahargai semua pengorbanan pacar atau kejujuran nya.
      amin……:D
      :S

  21. aku suka bgttttt dengan sifat istrinya.yang mengatakan bhw dirinya itu tidak bersalah, dgn sebuah janji yaitu dgn terjadinya banyuwangi.dan utk raden banterang seharusnya harus percaya dgan istrinya bkn sama orang lain

  22. klo dulu airnya harum & wangi, tapi seribu tahun kemudian…..
    sekarang airnya dah kaya bau busuk…!!!
    banyak yang nonggkrong dipinggiran kali nya….

    he..he…

  23. subhanallah……………..cerita ini sunguh membuat aku makin sadar ama pacar aku yg sunguh2 mencintai aku…semoga teman2 lain bisa mengambil manfaatnya…amin :D

  24. bagus kk
    teruskan perjuanganmu,supaya cerita akan negara kita tetap abadi sampai akhir hayat bumi ini.
    supaya indonesia tetap lestari…………….
    Thanks ………………

  25. CeRitanya sidh meNarik…..
    Tapi aQ sech kurang perCaya sama leGenda,,, abiz ceritenYa Gk mcuK akal sichhh……
    PerCaya gak perCaya GetO dEcH….!

  26. Ceritanya bagus banget, mengharukan & menambah kecintaan kita ama negeri ini. Semoga cerita ini tidak diklaim negara lain ya. Ayo kita pertahankan

  27. Cerita bagus, saya jadi tahu asal-usul Banyuwangi. Cerita ini juga sudah membantu saya dalam mengerjakan tugas.

    Buat yang bilang kalau cerita ini jelek, tidak menarik, dan ngebosenin, pikirin baik-baik apa yang udah Anda tulis. Anda sudah merasa menghargai karya orang apa belum? Kalau Anda menulis cerita dan dibilang jelek, bagaimana perasaan Anda?

    Masalah percaya atau tidak percaya, itu tergantung orang masing-masing. Lagipula, semua legenda di seluruh dunia pasti ada unsur ketidakmasuk akalan. Segitu saja. Makasih, pemilik blog!

  28. menurut aq asal usul banyuwangi itu bgs bngt ,mngkax q tngl di kota banyuwangi,trs d kota bnyuwangiramai bngt. KEREN BANGETZ tau!!!

  29. Ceritanya seru banget……………….
    Banyuwang………………………………. aku Suka benget This Story :D :O o.O 8) >:(

  30. qu bangga bget coz ortuqu brasal dr ByWngi jg.. aplg udah bnyk yang tw tntang asal-usul ni dluar kpla.. wlpun skg qu di SBY tp qu jg sering ksna..

  31. keren mas,tpi koq kyaknya mlenceng yaw dri cerita yang sering sya dengar dari Kakek saya,,,,
    dapat versi drimna mas..???

  32. seharusnya seorng suami percaya kepada sang istri karena istrinya telah membelanya dan menolak tawaran kakanya untuk membunu suaminya tetapi suaminya itu tdk percaya dia malah lbh percaya kepada lelaki yang berpakaian compang-camping itu

  33. . menarik loe ceritanya,,,,,,,,,akk suka bnget baca2 legenda loe,,,,,hehehehehe…….apa lg legenda banyuwangi. . .

  34. cerita itu memang benar adanya, klo anda semua tidak percaya (bagi yang tidak percaya), anda bisa datang langsung ke banyuwangi, tepat di belakang masjid jami’ banyuwangi ada sumur tua yang pada tanggal dan hari tertentu sumur itu akan berbau harum, dulu sumur itu adalah tempat bunuh diri istri dari raja blambangan yang bunuh diri itu.isun lare oseng hang ono nang jkt, lek riko heng percoyo dulur bukti keno dewe reng kutoku…kuto banyuwangi hang semerbak arum wangi jenenge sak dowone umur…

  35. apak,emak,kakang utowo mbok kadung biso critone boso oseng apuwo!
    kan crito banyuwangi!!!!
    kampung oseng’e hang pinggir endi?koq biso diarani boso oseng
    kesuwun kanggo hang jawab

  36. aduh………………………….ngedenger cerita”ya ja q dh mw nang!s pa lg d”trsn!ssweet…………………………………………………….

  37. WaH seRu juGa yaH TaPi KURANG ihh serunya … :p
    Eh Tapi saya jeMpoLin duEEEhhh….;)
    I love BanyUwAnGi…..I love Jatimmmm… <3…

    BANYUWANGI GUOKILLL ABIZZZZZZZZZ…..:D..
    good Jobbb……. :(
    Happpyyyyy jatimm..:)

  38. keyen,….
    tapi knpa buku sejarah tentang BANYUWANGI lom di terbitkan…?
    atau kalo gak di bikin flim yg keren
    ngono,…
    sak jane,.

  39. hai..sy dari malaysia..best la jgak..tpi sy blm baca lagi..sy baca comment (komenter)kamu ajew…he3…blh tanya ka??kat sini ada orng malaysia ka??he3…

  40. Kok ceritanya beda sama yang selama ini aku tahu ya, aku juga asli banyuwangi yang benar mana ya??? masalahnya yg aku dengar dari cerita orang tua katanya istri+anaknya yang meninggal, itu gara2 si raja di hasut oleh ibundanya karena si istri raja di anggap selingkuh…jadi mana yang benar nich…

  41. kok beda ya dengan yang aku tahu. apa ini versi lain dari legenda banyuwangi yang dahulu kala dikenal dengan kerajaan blambangan????

  42. banyuwangi memang is the best deh…………
    tidak ada kota yg seperti banyuwangi
    yg penuh khijauan,lestari,aman,tentram………
    saya bangga menjadi anak banyuwangi………!!!!!!!!
    I LOVE kota using BANYUWANGI………!!!!!!!!!?????????

  43. pantas diberi nama kota banyuwangi karna itu,to??bagus juga legenda-nya…..
    ditambah,yaaa!!!!aku dukunggg!!!kota banyuwangi kotanya bagus,lhooo…
    klo mau wisata ke bali kan lewat kota banyuwangiii….bali kotanya bagus juga,
    lhooo………

  44. buzZet………………………………………………………………………….. gi mn kakanda ini kok istri sndiri g p`caya siiiiiiiii
    but, cerita in is the buest bget

  45. Wow… Ceritanya seru banget……. Tapi akan lebih seru lagi jika dengan gambar2nya, ada nggak shi yg pakai gambar….
    Tolong donk!

  46. Apik wz pkoe.
    pek criiiiitone uuuuaaapik tenan rekkkkkkkkk
    MALING KACANG salutttttt abEzzzzzzz!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!…………………

  47. tapi mengapa orang-orang sekarang banyak yang tidak baerdamai dengan sang istri tapi malah menduakan cinta sang istri mengapa dunia sekarang kacau balau, apakah ini tanda-tanda kiamat sudah dekat????????????????????

  48. ceritanya menarik sekali!!! saya berharap semoga cerita ini menjadikan rujukan kita untuk bisa menjadi orang yang memiliki pendirian yang kuat dan tidak gangpang mempercayai informasi yang disampaikan orang lain atau media informasi sebelum kita uji kenarannya apa itu fakta or nonfakta!!!

  49. ky’x crita tu msh blm lngkp,bkanx surati tu d tuduh selingkuh ma sdara raden banterang ndiri?ko’ mlah d buat2 ndiri?//////

  50. dalam legenda seru bangetbagus banget tapi gimana istri nya gak kelihatan kan air nya bening lalu wangi nya dari mana?

  51. betul betul bagaimanapun AQ lahir di BWI dn besar di Malang tapi cerita daerah sbg aset bangsa lestarikan aja bgc

  52. hoey..jangan cma asik bcana tp maen ke bnyuwangina jga…kalo mw maen yg asyik alami.di alas purwo plengkung..tepatna paling selatan bnyuwangi.key…

  53. arene ison hafid,siro arene cpow………………………………………………/??????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????ison lare sumber beras

  54. ┌п┐l>◣_ <l◢┌п┐ Cui.l-l B4Gu$ 4m@D C3rIT4'Ny@…
    H4.h4…Ha..!! Dari pada nonton Tv Mendingan Liad ''B4NyUw4Ngii''
    IS THE BEST BANYUWANGI.!
    ………../ –)
    ………/ …/
    ……./. …(______
    ▓▓……….((_ i___)
    ▓▓……….((_ i___)
    ▓▓……….((_ i___)
    ▓▓—.___((_ i__)

  55. “i like it” saya sangat suka sekali cerita ini… apa lagi saya orang banyuwangi tulen “I LOVE BANYUWANGI” jika GARUDA di dadaku maka BANYUWANGI di jantungku

  56. Setelah aq ngbaca aq jadi teringat Sumebyar………
    Lagunya Adistya Mayang Sari sementara aq skrang berada di Singapore pengen banget balik ke BWI

  57. Banyuwangi emang ciamik dengan kesenian dan makanannya terutama rujak soto yang bikin lupa ojob dan mertua saking enaknya bro………….

  58. maaf ya bukannya sok tau, sebagai putra banyuwangi saya ingin meluruskan bahwa cerita yang benar itu kisah antara patih sidapeksa dan putri sritanjung, bukannya raden banterang dan surati, jika anda bertanya pada orang bnayuwangi pasti anda tidak akan menjumpai cerita yang menceritakan antara raden banterang dan surati, melainkan patih sidapeksa dan sritanjung

    maaf kepanjangan :D

  59. ceritanya bagus .
    tapi aku bingung, banyak versi. tetapi ini yang bagus…
    terimakasih. jadi tau legenda tiap tiap daerah sekarang….

  60. cerita akhirnya sih bener,tpi setauQ ceritanya ga gtu dh..aq orang banyuwangi jga..setauQ istrinya tu hamil,tpi rajanya tu ga percaya tu anaknya soalnya dy sering berburu n ga pulang2..akhirnya emang bener dy nyebur tu..

  61. jadi tau asal usul kampung halaman saya_ coz dri umur 10thn sya pindah di kota new york_AS……pengen pulang dan menetap lagi di kota bnayuwangi……tp sya sdah jd warga negara AS_apakah sya bs lg di terima lgi di kota kesayangan sya banyuwangi bersama anak istri saya yg asli orang AS_

    # I LOVE u baNyuwangi #

  62. Nie cerita karangan siapa sich? Ngaco ah.. Emang rajanya namanya raden banterang tapi istrinya namanya Dewi Sri Tanjung (orang banyuwangi pasti akrab nama ini), bukan surati, itu mah tetangga ane :D. Matinya dituduh selingkuh bukan bunuh raja banterang!! Owalah rek-reeek Wong banyuwangi koq gak ngerti sejarah kuthone dewe!! Tapi setidaknya aku hargai jerih payahnya.. Nilainya 7 dech.. :)

  63. emang banyuwangi itu inda dari sungai nya sampai ke sudut laut nya pokok nya terharu deh pingin ke sana lagi jadinya oh banyuwangi
    i love
    you banyuwangi

  64. wowwowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowwowowowoowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowowow

  65. wwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwoooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooowwwwwwwwwwwww

  66. kenalkan saya asli anak Banyuwangi ( LAROS) lare Oseng, Semua Cerita asal usul diatas tidak benar…. dan banyak yang tidak serupa dengan sebenarnya… mohon kepada Admin untuk di Ralat atau di tinjau kembali…. Tnkhs

  67. woe jngan bilang mengada ada,,,!
    lo law gk tau diem ajja,,, atau emank lu gk punya asal usul ya emmm kampungmu pasti tempatx manusia bererkor mangkax otakmu goblok! Sekolah di belakang papan tulis sich,,, cok tenan. Mentolo ngidek cocote cah kui

  68. Ping-balik: Asal Usul Banyuwangi
  69. tapi maaf ya bukannya sritanjung dg patih sidopekso ya tokoh dalam sal usul banyuwNGI,SOalnya cerita dari guru saya begitu saya juga orang bwi kok,,tapi kuhargai kok kary anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s