Batu Golog

Pada jaman dahulu di daerah Padamara dekat Sungai Sawing di Nusa Tenggara Barat hiduplah sebuah keluarga miskin. Sang istri bernama Inaq Lembain dan sang suami bernama Amaq Lembain

Mata pencaharian mereka adalah buruh tani. Setiap hari mereka berjalan kedesa desa menawarkan tenaganya untuk menumbuk padi.

Kalau Inaq Lembain menumbuk padi maka kedua anaknya menyertai pula. Pada suatu hari, ia sedang asyik menumbuk padi. Kedua anaknya ditaruhnya diatas sebuah batu ceper didekat tempat ia bekerja.

Anehnya, ketika Inaq mulai menumbuk, batu tempat mereka duduk makin lama makin menaik. Merasa seperti diangkat, maka anaknya yang sulung mulai memanggil ibunya: “Ibu batu ini makin tinggi.” Namun sayangnya Inaq Lembain sedang sibuk bekerja. Dijawabnya, “Anakku tunggulah sebentar, Ibu baru saja menumbuk.”

Begitulah yang terjadi secara berulang-ulang. Batu ceper itu makin lama makin meninggi hingga melebihi pohon kelapa. Kedua anak itu kemudian berteriak sejadi-jadinya. Namun, Inaq Lembain tetap sibuk menumbuk dan menampi beras. Suara anak-anak itu makin lama makin sayup. Akhirnya suara itu sudah tidak terdengar lagi.

Batu Goloq itu makin lama makin tinggi. Hingga membawa kedua anak itu mencapai awan. Mereka menangis sejadi-jadinya. Baru saat itu Inaq Lembain tersadar, bahwa kedua anaknya sudah tidak ada. Mereka dibawa naik oleh Batu Goloq.

Inaq Lembain menangis tersedu-sedu. Ia kemudian berdoa agar dapat mengambil anaknya. Syahdan doa itu terjawab. Ia diberi kekuatan gaib. dengan sabuknya ia akan dapat memenggal Batu Goloq itu. Ajaib, dengan menebaskan sabuknya batu itu terpenggal menjadi tiga bagian. Bagian pertama jatuh di suatu tempat yang kemudian diberi nama Desa Gembong olrh karena menyebabkan tanah di sana bergetar. Bagian ke dua jatuh di tempat yang diberi nama Dasan Batu oleh karena ada orang yang menyaksikan jatuhnya penggalan batu ini. Dan potongan terakhir jatuh di suatu tempat yang menimbulkan suara gemuruh. Sehingga tempat itu diberi nama Montong Teker.

Sedangkan kedua anak itu tidak jatuh ke bumi. Mereka telah berubah menjadi dua ekor burung. Anak sulung berubah menjadi burung Kekuwo dan adiknya berubah menjadi burung Kelik. Oleh karena keduanya berasal dari manusia maka kedua burung itu tidak mampu mengerami telurnya.

 

Sumber: http://www.seasite.niu.edu

About these ads

287 pemikiran pada “Batu Golog

  1. ne tu cerita iank memeng benar adanya.. ato cuma ceriTa az??
    tyus gemana dunk nasib k_2 anaknya itu??
    mereka kan manusia??
    apakah akan tetap menjadi burung??
    kacian dunk….

    1. kok critany g nyambung ma jdulny,,,,,
      knp jdulny btu goloq sedang ceritanya kyk gt,,,,
      kurang jls nech, g mudeng jdny,,,,,,,

  2. kk mkasih y critanya,cz aq dsuruh buat legenda,aq cri aj di internet,eh dpt yg ini mkasih y…. Cerita nya bgus koQ seru..!!!!!!!!!

  3. Wuichhhhhhhhhhhhhhhhhh…………………..Crita’ ceren abiezzzzzzzzzzzzzz…………Q salut bgt m cerita’……………………Q p’ ct2,,,,,,,,,,kpn2 Q pngin bwd crita sperti itu…………..Cukcez y bwd pnuliz’…m9 jd lbh baek…………….

  4. wah wah,, daya hayal yg sangatt sangat tak nyambung,,,,
    dasarrr,,
    huh,,,
    tpi bsa jg wat koleksi papan catur,,,
    hoho,,,

  5. Mkanny klo dipanggil tu nengok…klo nengok pst duit dpt.udah anak ilang kaga dpt duit pula.tp klo nengok 3desa itu namany jd laen ya…bingung ah.

  6. lw aq she sma ja nmanya jga crita lgenda,
    psti bner2 terjadi gto
    tp klaw dongeng bru crita mo tdur ja
    gtoooooo

  7. masak siehhhhh….sulit untuk d pcya…..ya klo mmag crita legenda si kn blm tntu bnr to slah khannnnnnnnnn……..kyak pglman q nich yq seru….d bw naek k awan ma pswat terbang..ni kwan2 br pcya ……..he….he,,,,,

  8. coryE nIE bnErn daE cRIta nyA(FacTA) OR cmEA hayALn
    bLkng zaE,,,,,,,,,,,,,
    TpE jJR sRUeeeeeeeeeeeeee bgETTTTTTTTz….
    lwEO bcA lbEH pjNG yaEEEEEE cRTa nyaEOO byar tbaEH LmEA bCaE Nya???????????
    ocEY tHAKs bgETzzzz yAEowZZZZ~~~~~~~~~~

  9. AH bingung ceritanaya emangnya beneran. kkok bisa? cwenya cantik gk? ni cerita tahun berapaan? aku jd ,mau tdr. hahahahahaahah. Dari. mbah SUrip

  10. IwawwwwwW……………………………………………….quren’zzzZ,,, buangets ceritanya, tampilkan lagi donkkk cerita yang lainnya.

  11. Hmmmm..crta na bgs sich,tp mnurtku sdkit kurg mnarik..tp,kren koq.so..jgn ptz asa ya kk dgn comen2 yg gak jlaz tuch!alna mrk gak tw seni sastra.yg mrka tw,cm dongeng mw tdr.hehehe ^_^

  12. bagus agar anak Indonesia tau ncerita nusantara dan budaya tidak luntur dan NKRIterjaga karena kita mewarisi apa yang diwariskan leluhur kita dulu trims

  13. bagus agar anak Indonesia tau cerita nusantara dan budaya tidak luntur dan NKRIterjaga karena kita mewarisi apa yang diwariskan leluhur kita dan bisa memperkaya juga budaya Indonesia dan membuat kita bangga dan AKU BANGGA JADI ANAK INDONESIA karena banyak adat budaya kerajinan DLL sekian dulu trims

  14. apa pangjang sekali ceritanya ku mlas bacanyan krna panjang sekali …………………sebenarnya ku malas sekali baca cerita rakyat ini karna gak disuruh guru membacany kamalas sekali……

  15. bagus banget !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    buat tugas PR ,………………………………………………

  16. wah ceritanya asik banget tu…
    trus,layak ga ke 2 jenis burung itu di konsumsi????
    dan sampai saat ini masih ada burung itu ?????

  17. oooooooooooooooowaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaannnnnnnnnnnnnnnneeeeeeeeeeeeeeeeeeehhhhhhhhhhhhhhhhhh.
    taaaaaaaaaaapppppppppppppppiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii bbbuuuuuuuuuuuuaaaaaaaaaaaaaggggggggggggggguuuuuuuuuuuuuuuusssssssssssssssss kkkkkkkkkkkooooooooooooooooooooqqqqqqqqqqqqqqq. . .

  18. wwwwwwwwwwaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaawwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww?????????????????????????????????????

  19. EMMMM…klo aq jdi burung pasti aq bakalan sedih deh,karena harus beda tempat dan beda prinsip dlm menjalani hdp ini……karena manusia & burung berbeda

  20. wow jjjjjjjjjjjjjjjoooooooooooooooooooogggggggggggggggggggeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeerrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr banget gituloh tapi sadis bgtz cerita nya kjhoisa’bzyjs4U szojrurbolm bjn’zwu jnwmp’a .

  21. se se……maNk tUh cRItanA bENerAn pA gX…….

    PESAN QU:

    mkN’A bU InAQ pRHaTiIN anK’Na mSA bsA smPe aTAs laNGit….

    Gx jEBo BgD……..

  22. SBNRNYA…… CRTA RKYAT YG KYAK GINI NIH…..
    YG PRLU DIK BNYK ORNG
    TP….. SYANGX CRTX KRANG MNARIK
    DAN
    PNGGUNAAN
    BHASAX SLIT TUK DI MGERTI JD DRI KESELURUHAN DPT DI KTAKAN CRITANNYA MEMBOZANKAN!!!!!!!

    1. betul jga sih ..
      kurang ada nya perhatian dri pemerintah….
      cerita indonesia memang semua nya mnarik..
      tpi kurang ada promosi..
      dan smuanya harus menarik agar d minati smua org…
      termasuk org luar sekalipun….
      ayo kita bwat ngri ini kaya akan sgalanya….
      dan kta msnahkan yg menghalangi kita..
      siapa pun mreka…

  23. wah BarU Tau Aku………
    kasiHaNjUgA aNAknYa……….
    hANyA DEmi uANG sAmpaY Gk meNhiRAukAN SaMa APa Yang tEJaDi

  24. emank itu beneran ya??
    kok bs tiba2 jd burung..seperti dikutuk aja..
    nakutin..kisahnya berakhir dengan kesedihan…

  25. Emhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh
    kasian baget…………….maNg tdak ad laNjutaNya?????????????????????????????????? masa cuma jadi buruNg shiccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccccc

  26. kenapa ceritanya Pendek banget sich……………..???????????///
    jadi Gak jelaS….alur ceritanya…………???????///

  27. wahh….kasihan ya anaknyaa….masa sampe tak kembali ke bumii…………
    wadduh klo sampe awan brarti tinggi banget,dongg….boleh juga,tuhhh…..
    manusia jadi burung….tapi ibunya kasihan ,kan yang namanya ibu kan
    pasti sayang anaknyaa….

  28. Mmmh …
    Crtax Kerenn ……

    Gw Pling suka bcaa crta” rkyat .\
    Udah Byk Crta Yg Gw Bca .

    Tapi , crta rkyat yg ini Gw Baru Bcaa ….
    Salutt dechh pkkx ,
    crtax kren abiss ,..
    Tapi Ksihan Juga k’2 Anak itu ……

  29. moga2 burungnya lucu biar ada yg ngurus :)
    satu lagi
    kalau jd ortu harus memperhaikan anaknya
    ntar jd burung lhoooooooooo :o

  30. heeeemmmmm kok crita.x gni cihhh bsa2nya tuh ibu ga denger anakanaknya teriak-teriak ya ampyunzzz

    aq nichh percaya-gak percaya sichh………….

    BINGUNG…… =_= ?><<+|=\!@#$%^&&***&%^$@%$@

  31. bnran gx c crta ini ????????????
    kq kchan bgt gt z……………. scra msk mnusia brbh mnjdi brung sich???????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

  32. ASTAGAFIRULLAH ceritax menxedihkan bangett….!!!!
    kasian kasian kasian.. cerita yang banr-benar gak disangka banget batu yang dianggap benda mati dan tidak bisa bergerak..v gak disangka batu itu pun hidup dan dapat meninggi sampe mencapai ketinggian seperti ketinggian awan

  33. aduuuuuuuuuuuuuuuh kxiiiiiiiii_n nuugh,…….tolngin dunk
    klo aq icha pstii tk tlngin tpiii sayang aq g icaa kcana
    hheheehehehe:)

  34. ceritanya berbentuk legenda ibunya tidak tahu kalau ke2 anaknya dibawa batu golog ke atas sampai awan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s