Asal Usul Gunung Tangkuban Perahu

Di Jawa Barat tepatnya di Kabupaten Bandung terdapat sebuah tempat rekreasi yang sangat indah yaitu Gunung Tangkuban Perahu. Tangkuban Perahu artinya adalah perahu yang terbalik. Diberi nama seperti karena bentuknya memang menyerupai perahu yang terbalik. Konon menurut cerita rakyat parahyangan gunung itu memang merupakan perahu yang terbalik. Berikut ini ceritanya.

Beribu-ribu tahun yang lalu, tanah Parahyangan dipimpin oleh seorang raja dan seorang ratu yang hanya mempunyai seorang putri. Putri itu bernama Dayang Sumbi. Dia sangat cantik dan cerdas, sayangnya dia sangat manja. Pada suatu hari saat sedang menenun di beranda istana, Dayang Sumbi merasa lemas dan pusing. Dia menjatuhkan pintalan benangnya ke lantai berkali-kali. Saat pintalannya jatuh untuk kesekian kalinya Dayang Sumbi menjadi marah lalu bersumpah, dia akan menikahi siapapun yang mau mengambilkan pintalannya itu. Tepat setelah kata-kata sumpah itu diucapkan, datang seekor anjing sakti yang bernama Tumang dan menyerahkan pintalan itu ke tangan Dayang Sumbi. Maka mau tak mau, sesuai dengan sumpahnya, Dayang Sumbi harus menikahi Anjing tersebut.

Dayang Sumbi dan Tumang hidup berbahagia hingga mereka dikaruniai seorang anak yang berupa anak manusia tapi memiliki kekuatan sakti seperti ayahnya. Anak ini diberi nama Sangkuriang. Dalam masa pertumbuhannya, Sangkuring se lalu ditemani bermain oleh seekor anjing yang bernama Tumang yang dia ketahui hanya sebagai anjing yang setia, bukan sebagai ayahnya. Sangkuriang tumbuh menjadi seorang pemuda yang tampan dan gagah perkasa.

Pada suatu hari Dayang Sumbi menyuruh anaknya pergi bersama anjingnya untuk berburu rusa untuk keperluan suatu pesta. Setelah beberapa lama mencari tanpa hasil, Sangkuriang merasa putus asa, tapi dia tidak ingin mengecewakan ibunya. Maka dengan sangat terpaksa dia mengambil sebatang panah dan mengarahkannya pada Tumang. Setibanya di rumah dia menyerahkan daging Tumang pada ibunya. dayanng Sumbi yang mengira daging itu adalah daging rusa, merasa gembira atas keberhasilan anaknya.
Segera setelah pesta usai Dayang Sumbi teringat pada Tumang dan bertanya pada pada anaknya dimana Tumang berada. Pada mulanya Sangkuriang merasa takut, tapa akhirnya dia mengatakan apa yang telah terjadi pada ibunya. Dayang Sumbi menjadi sangat murka, dalam kemarahannya dia memukul Sangkuriang hingga pingsan tepat di keningnya. Atas perbuatannya itu Dayang Sumbi diusir keluar dari kerajaan oleh ayahnya. Untungnya Sangkuriang sadar kembali tapi pukulan ibunya meninggalkan bekas luka yang sangat lebar di keningnya.Setelah dewasa, Sangkuriang pun pergi mengembara untuk mengetahui keadaan dunia luar.

Beberapa tahun kemudian, Sangkuriang bertemu dengan seorang wanita yang sangat cantik. Segera saja dia jatuh cinta pada wanita tersebut. Wanita itu adalah ibunya sendiri, tapi mereka tidak saling mengenali satu sama lainnya. Sangkuriang melamarnya, Dayang Sumbi pun menerima dengan senang hati. Sehari sebelum hari pernikahan, saat sedang mengelus rambut tunangannya, Dayang Sumbi melihat bekas luka yang lebar di dahi Sangkuriang, akhirnya dia menyadari bahwa dia hampir menikahi putranya sendiri. Mengetahui hal tersebut Dayang Sumbi berusaha menggagalkan pernikahannya. Setelah berpikir keras dia akhirnya memutuskan untuk mengajukan syarat perkawinan yang tak mungkin dikabulkan oleh Sangkuriang. Syaratnya adalah: Sangkuriang harus membuat sebuah bendungan yang bisa menutupi seluruh bukit lalu membuat sebuah perahu untuk menyusuri bendungan tersebut. Semua itu harus sudah selesai sebelum fajar menyingsing.

Sangkuriang mulai bekerja. Cintanya yang begitu besar pada Sangkuriang memberinya suatu kekuatan aneh. Tak lupa dia juga menggunakan kekuatan yang dia dapat dari ayahnya untuk memanggil jin-jin dan membantunya. Dengan lumpur dan tanah mereka membendung air dari sungai dan mata air. Beberapa saat sebelum fajar, Sangkuriang menebang sebatang pohon besar untuk membuat sebuah perahu. Ketika Dayang Sumbi melihat bahwa Sangkuriang hampir menyelesaikan pekerjaannya, dia berdoa pada dewa-dewa untuk merintangi pekerjaan anaknya dan mempercepat datangnya pagi.

Ayam jantan berkokok, matahari terbit lebih cepat dari biasanya dan Sangkuriang menyadari bahwa dia telah ditipu. Dengan sangat marah dia mengutuk Dayang Sumbi dan menendang perahu buatannya yang hampir jadi ke tengah hutan. Perahu itu berada disana dalam keadaan terbalik, dan membentuk Gunung Tangkuban Perahu(perahu yang menelungkub). Tidak jauh dari tempat itu terdapat tunggul pohon sisa dari tebangan Sangkuriang, sekarang kita mengenalnya sebagai Bukit Tunggul. Bendungan yang dibuat Sangkuriang menyebabkan seluruh bukit dipenuhi air dan membentuk sebuah danau dimana Sangkuriang dan Dayang Sumbi menenggelamkan diri dan tidak terdengar lagi kabarnya hingga kini.

Sumber: http://www.bapusda.com

About these ads

645 pemikiran pada “Asal Usul Gunung Tangkuban Perahu

      1. hidup tanpa masa lalu ibarat pohon tanpa akar…………..kelak kita sukses mestix kita memikirkn masa lalu karna masa lalu yg membuat kita mnjadi orng yg percaya diri………………………….

  1. wah seruh juga ceritanya seandainya klo ada kasetnya aq beli dech
    lagian enak juga buat rekreasi buat kemping kan aq ma temen2 suka kemping?
    salam kenal ya dari anak rangdu,,,,,,,,,,,,,,,,penyot

    1. dulu saya pernah jugak menuntun wanyang tangkuban perahu nie yang dilakonkan oleh anja asamara sbg anak…. beast… beast gila cerita dia tau. sesiapa yang masih ada menyimpan koleksi wayang tangkuban perahu tolong kogsi lah dengan saya ok… tq… tq

    2. ya seruuu!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1 banget deh ceri tanya, makanya kita jangan menjadi orang yang jahat seperti bandun bondowoso

    1. hahahahahaha………………….”
      masa makan sayur……,”
      ngacapruk lah kou mah huhuhuhuhuhuuuuuuuuuuuuuu…………….
      mungkin…..makan…….dagingnya si tumang…………………..?????
      haaahahahahahaaaaa………………???
      mungkin itu jg tapi gk tau……………..ahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

  2. alhamdulillah coz lg pusing,ade w minta di cariin info wat ujian praktek Bhs.indo

    Legenda Kita
    syukur deh kalo blog ini bisa membantu…. Salam:-)

  3. aku suka sekali cerita di atas …….

    tetapi bukan cerita di atas aja yang aku sukai ^_~
    tetapi ceruita yang lain juga………………….
    aku banyak sekali baca dongeng dan akhirnya aku bisa mengarang
    karangan aku adalah dongeng

    maaf yach cemuanya aku gak kasih tau karena banyak karangan aku lhoe~

      1. akyuuu senang sama cerita2 rakyat…
        karna menanbah wawasan dan ilmu…
        hahahahaha…… ‘-‘
        jadi pintar deh!

  4. Mnurut crita” sangkuriang yg d TV… Dayang Sumbi minum ramuan dari dukun yang akan mengutuq suaminya yang lama menjadi anjing kalau memegang rambut perempuan…
    thanks ya…

  5. Legenda ini mengingatkan saya pada kisah Yunani Oedipus yang tanpa diketahuinya telah membunuh ayahnya dan menikahi Ibunya. Coba tonton film Pier Paolo Pasolini berjudul “Oedipus Rex”. Great work! Tapi ada satu hal yang janggal di film itu. Ketika Oedipus berkelana dari satu negeri ke negeri lainnya, di salah satu negeri yang ia kunjungi, rakyatnya menari-nari dengan diiringi musik dari tarian kecak Bali. (Mungkin bukan janggal, ia berhak memasukkan musik apapun yang dimaunya, hanya saja janggal bagi saya karena saya begitu akrab dengan kecak Bali). OK, bravo “legendakita”! Saya senang ada resource untuk membaca lagi legenda2 dari negeri kita.

  6. Sebagai orang bandung tentu donk aku bangga….dan bukan hanya itu tapi banyak cerita lain yang asyik dibaca dan bikin penasaran ingin mengunjungi tempat2 yang menjadi legenda dalam cerita itu.
    Ini cuman legenda dalam cerita lho….benernyamah waalahu’alam

    1. low mau belajar artiin aja sendiri,low pake persi ingris kan ceritanya di bandung bukan london lagian masa tugas nyontek malu atuh…..

  7. menurut aku wajar2 saja kalau sangkuriang menyukai ibunya,sebab ibunya sendiri yang mencari gara2 kenapa ibunya harus memakai anti awet muda
    coba hal itu tidak terjadi
    maka dari itu molai dari sekarang ibu2 yang ada jangan sampai pernah menggunakan penawet muda…
    karna akan menimbilkan sebuah nafsu terhadap anak yang kita sayahgi

  8. dari kecil ku selalu di dongengin cerita tangkuban perahu…

    tapi aku ingin sekali tau bahasa aslinya itu bagaimana?

  9. Jadi orang sunda ternyata suka incest ya? nyokab sendiri diembat juga? bener2 deh, pantesan sampe sekarang, anak sunda masih suka nyusu nyokabnya sampe SD!! mungkin ketularan dayang sumbi, sangkuriang dan kawan2 ya? hehehehe

  10. ceritanya sangat seru abizzzzzzzz …………………..
    pokoknya bagus dech g’ da tandingannya………………………

  11. critanya emank menarik but masa anak suka ma ibunya cdri apa gak kualat tuh???????????????

    mga za sekarang dah ga da lagi but mustahil begete,ya ga cuyyyyyyyyyyyyyyyyy??????????????????????????

  12. wah………………
    aku tertolong beud!!!!!!!!!!
    thx eah!??????????
    banyak beud……..
    tapi lebih bagus lagi qL dilengkapin lg cerita”nya….
    uke!??????

    1. Kalau menurut aq menurut cerita Dayang Sumbi yg menyebabkan ia awet muda karna
      “suatu hari Dayang Sumbi mandi di sebuah danau akan tetapi ia tdk tahu kalau seluruh air di danau itu adalah air dewa sehingga meyebabkan Dayang Sumbi awet muda” 8| im cool salam ^_^

  13. mana mungkin dari sebuah perahu bisa terbentuk Gunung??? alam dan manusia itu duluan mana diciptakan olehNya? wallahualam…

  14. ceritanya buuuuuuuuuuaaaaaaaaaaaaaggguuuussssssssssssss……!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    buuuuuuuuuaaaaaaaaaaaaaangeeeeeeeeetttttttttttttttttt……………..!!!!!!!!!!

  15. koQ uaneh bangt y??????
    kapl koq k balikkkk
    hhe hhe hhe hhe…:)) pice
    tpi Q bngga artikelnya menghayatkan
    SEMOGA SELALU LARIS dan TERKENAL da juga BANYAK KOMENTARNYA

  16. wahh,ceritanya keren banget . .
    lebih seru lagi kalo pada saat itu g udah lahir,pasti kan g bisa ngeliat secara langsung . . ternyata orang zaman dulu sakti2 ya . . ko sekarang orang udah ga sakti lagi sihh ??

  17. aku suka cerita yang tadi aku baca karena itu bisa mempelajari agar kita tahu sesungguhnya kita tidak boleh menikahi ibu sendiri, kalau kita cewe kita tidak boleh menikahi ayah apa lagi menikahi adik atau kakak kita sendiri kalau kamu sudah menikahi saudara sendiri atau orang tua sendiri segeralah bertaubat agar dosa-dosamu di hapuskan oleh ALLAH YANG MAHA ESA agar kita tidak di jatuhkan kedalam api yang sangat panas dan dilindungi oleh SUBAHANALLOH TAALA mudah-mudahan tidak ada yang seperti itu ya

    amin yarobal alamin

  18. waaahhhh ,, seru banget ,, aku sampe ketiduran nich denger cerita’y ,, mata ku melek2 melulu ,, hahahahahah
    pokok’y
    SERU S.E.R.U.

  19. tolong di upload teks dialog cerita sangkuriang donk,lagi ada tugas nihh dari sekolah….
    tolong bangett yaaa secepatnya…..
    soalnya udah mepet bangeetttt…..

  20. hah cerita nya juga seru banget………………………………………………… oya kayak nya aku sudah pernah denger cerita ini walaupun aku masih kelas 5 (lima) sd

  21. wah..wah jadi menambah banyak pengetahuan nih…………………………………………………………………

  22. Alifahizzah266@gmil.comdengan sangat terpaksa dia mengambil sebatang panah dan mengarahkannya pada Tumang. Setibanya di rumah dia menyerahkan daging Tumang pada ibunya. dayanng Sumbi yang mengira daging itu adalah daging rusa, merasa gembira atas keberhas berkata:

    bagusya ceritanya .kapan kamu bikinnya?
    aku suka loh ceritanya

  23. ,,huu keren abiezz ceritanya…………………………………………………………
    masiH ADa 6ha Ea jaman Sekarank,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  24. ehm,,,udah susah2x untuk mencari legenda/cerita rakyat.eh….ketemu juga akhirnya…………tugas dari school pun bisa diselesaikan sekarang…?.dongggggxxxx…..!

  25. nurlez pazthi km igin cantik seperti dayang sumbi kan.wajah cantik tdk membuat banyak lelaki terlena kpd km tp usakahand cantik hati y………………………………………………….risky lain kl km g blh kyk gt k cw.

  26. bnr cantik wajah tdk memikat banyak cowo.tp cantik hati yang banyak memikat cowo.nur usahakand hatimu supaya cantik y…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

  27. uuuuuuuuuuueeeeeeeeeeeeeelllllllllllllllllllllllleeeeeeeeeeeeeeeeeeeekkkkkkkkkkkkkk………………………………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  28. tetapi petilasan dayang sumbi & sangkuriang ada gak ya…….jika ada mungkin bisa untuk wacana generasi muda sekarang sebab waktu ke Gunung Takuban Perahu cuma ada gunungnya….

  29. menurut saya ini adalah legenda yang sangat bagus
    karena adalah salah 1 dari kisah legenda dari negri nusntara

    1. kalau kata lagi2 pasti ngomongnya.dayang sumbi……………………………………….?????
      awet muda dan cantik tapi kalau perempuan tidak tuh………………………………..
      karna laki2 ganjen sihh,,,h,,
      h.
      hahahahahahahahaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa…………..????””’

  30. kemarin dgr dgr kapal nabi nuh dah ditemukan ya,,? ada katanya di tibet, atau di gurun mana gitu,, ada juga di turki kalo gk salah ..
    nah dulu saya pernah denger tuh kalau ada hubunganya antara zaman nabi Nuh dengan zaman Atlantis. karena kesamaan ceritanya.
    terus arios santos meneliti tentang Atlantis.. terus penelitian berpuluh tahunya itu ujung ujungnya mengatakan bahwa Atlantis itu kini bernama Indonesia..
    nah jangan jangan gunung tangkuban Prahu itu ,, sebenarnya perahunya nabi nuh? wkwkwkwkwk
    kiddingg

  31. yyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiillllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllleeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeehhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh kejam bbbbbbbbuuuuuuaaaaaaaaannnnnngggggeeeeeeeeeeetttttttttttt sih DAYANG SUMBINGhahhaahahahahahahahhaahahahahahhaahahahahahahahahahahahahhaahahahahahahahhahaahhaah

  32. Ha ha ha…..kalau zaman sekarang masih ada yg kayak Dayang Sumbi, waduuuuuuuh…..kasihan deh. Pasti dosanya sdh buuuuuuuuuaaanyak buuuanget, mana ada manusia sekarang yang suci lahir batin…

  33. waw….waw….waw.. gmana jdinya laki2 ddnia nie klo smua cwek kyak dayang sumbi,,,,,, bsa2 mreka jtuh cinta ma ne2k usia 75 yg wajahny msh kyak usia 25………….????????????????????????????? ck..ck…ck….cck….

  34. sangat menyedihkan cerita ini. saya bangga indonesia mempunyai banyak sejarah dan cerita rakyat yang bisa jadi panutan untuk kita sebagai anak bangsa untuk di lestarikan.

  35. memang nanaq amin…..makasi buat echa….menurut aq semua itu benar….karena indonesia tu memang banyak orang sakti….!!! ya to????

  36. aqu seneng bngtzzzzzzzzzzz dgn gunung tangkuban perahu
    apa lg ceritanya sangat menyenangkan
    apa lg gunung tangkuban perahu
    yg sangat indah dan emang gunung itu seperti perahu yg terbalik
    pokoknya q seneng bngtzzzzzzzzzzzzz gunung tangkuban prahu dan ceritanya
    hahaha:)

  37. Teringat akan almarhuma nenek ku yang slalu ceritain dongeng rakyat tiap aku akan tidur!!!

    hoooaamm,,,,
    jadi nGantuuk eee,,,

  38. Knp kok ngeluarin yg versi bhs jawa? Kl pake versi bhs jawa kan ceritanya bs lbh menarik lg. Dan nanti semua org dpt jg belajar bhs jawa.

  39. laporan sangkuriang
    Leumpang aing ka baratkeun (Aku berjalan ke arah barat)
    Datang ka Bukit Patenggeng (kemudian datang ke Gunung Patenggeng)
    Sakakala Sang Kuriang (tempat legenda Sang Kuriang)
    Masa dek nyitu Ci tarum (Waktu akan membendung Citarum)
    Burung tembey kasiangan (tapi gagal karena kesiangan)

      1. yah kita kesana ajh biar kita liat perahu nyah yg terbalik ituh nanti kita foto2…kan……………….??????
        pasti ramai di sanah …… katanya gunung tangkuban perahu ituh meletus….????
        takut…..ihhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

      2. nihhhhhhhhhhh…………”
        terjadinya gunung tangkuban perahu
        konon hiduplah seorang gadis cantik yg ber nama dayang sumbi]
        ia putri prabu sungging perbangkara,karna sumpah nya sendiri dayang sumbi harus nenikahi denggan seekor anjing bernama si tumang……………….cape kalau semuamah km bisa gak……………….
        tau gak vidio nya dayang sumbi ”………
        aku pernah ke sana loh………………
        ke gunung tangkuban perahu………….
        sm ke kawah putih km tau gak kawah putih………….aku ke sana ma temen2 km pernah gakkkkkkkkkkkkkkkkkkkk……………………………..??????????????

  40. dari cerita tersebut memberikan informasi berbagai ilmu yang dapat diserap oleh masyarakat, itu yang dapat di sampaikan oleh para pendahulu bandung.

  41. ya klo jd dayang sumbi menyendiri ga ada masalah’
    kan hidup dipenuhi oleh masalah dikit” dpt masalah
    mending umur ga usah terlalu panjang sedengan aja biar nikmat
    wkwkwkwkwkwkwk :)

  42. ya jga ya msk udah bertahun2x msh awet muda mungkin pake formalin kaleeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeekkkkkk…………………………………………………

  43. Miegoreng Bisa Menyebabkan::
    1. SGS
    2. Mengkhyal Gk Menentu
    3.Suka Promosi
    4.Tua Mendadak
    5.Ngakak Terusss…

    Sekian…

  44. thx ceritanya,,,,,
    ditunggu lo versi b inggrinya buat tugas telling story,,,,,
    pleeeeeeeeaaaaaaaaaaaassssssssssssssssssssseeeeeeeeeeeeeeeee ya…..
    heheheh

  45. g’ mna ini teeeehhhhh harus d translite k bhs. sunda……………….
    lumayan susah,,,,,, hehehehehe ..:-),,,,*00

  46. teringat dulu waktu masih sekolah di SD saya berperan sebagai sangkuriang dalam pementasan pertunjukan sandiwara acara perpisahan sekolah

    saya tendang perahunya yang terbuat dari kertas
    huahahuhahaha.,.,.,.,.,.,.,

  47. IUHHHHH CERITA NYA BAGUS BANGETTTTTTTZZZZZZZ SKALI SKALI CERITANYA YG LEBIH SERU DEH MISAL ASAL MULA LAWANG SEWU UUUUHHH SEREM BANGET YACH

    :0 (: ———————————————————————————————-:)

  48. Ping-balik: rizkigumilar66
  49. Pulang ke Malaysia dengan pelbagai kenangan dan pengalaman selepas berkunjung ke Tangkuban Perahu Kelmarin 30 September 2013. Keinginan mencari cerita lagenda rakyat Tangkuban Perahu ini. Berminat sekali untuk saya membacanya.

  50. setiap kita melewati tanggal lahir kita.. sebenarnya kita tidak bertambah usia.. melainkan jatah atau bagian dari usia kita terkurangi…
    maka dari itu, “apa yang sudah kita persiapkan untuk (waktunya nanti)..?”

  51. siapah si yg membuat cerita ini aku mau tau………………………………………

    cerita ini kan udah lama tapi masih ada yah………………………….??????”’

  52. uueh pegel nie lht comend buanyk bgt.
    ikuut comend aah.. like. :D

    Que ajJ dec yG jdi dayang sumbi’a.. bisa awet muda uhuuey heheheee

    pie ga mau nikah ma sangkuriang’a bisa” HARAM. nikahin ank sendiri. wex :p

    #ADD my fb : Tya Rtc Zhiee Jhun

  53. uueh pegel nie lht comend buanyk bgt.
    ikuut comend aah.. like. :D

    Que ajJ dec yG jdi dayang sumbi’a.. bisa awet muda uhuuey heheheee

    pie ga mau nikah ma sangkuriang’a bisa” HARAM. nikahin ank sendiri. wex :p

    #ADD my fb : Tya Rtc Zhiee Jhun. :-*

  54. Tangkuban perahu memang senindah legenda yang menjadi cerita dimasa lalu.
    dan kini gunung tangkuban perahu menjadi obyek wisata primadona di Bandung.
    sudah selayaknya kita melestarikan potensi wisata agar teteap terjaga

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s