Asal Usul Danau Toba

Di Sumatera Utara terdapat danau yang sangat besar dan ditengah-tengah danau tersebut terdapat sebuah pulau. Danau itu bernama Danau Toba sedangkan pulau ditengahnya dinamakan Pulau Samosir. Konon danau tersebut berasal dari kutukan dewa.

Di sebuah desa di wilayah Sumatera, hidup seorang petani. Ia seorang petani yang rajin bekerja walaupun lahan pertaniannya tidak luas. Ia bisa mencukupi kebutuhannya dari hasil kerjanya yang tidak kenal lelah. Sebenarnya usianya sudah cukup untuk menikah, tetapi ia tetap memilih hidup sendirian. Di suatu pagi hari yang cerah, petani itu memancing ikan di sungai. “Mudah-mudahan hari ini aku mendapat ikan yang besar,” gumam petani tersebut dalam hati. Beberapa saat setelah kailnya dilemparkan, kailnya terlihat bergoyang-goyang. Ia segera menarik kailnya. Petani itu bersorak kegirangan setelah mendapat seekor ikan cukup besar.

Ia takjub melihat warna sisik ikan yang indah. Sisik ikan itu berwarna kuning emas kemerah-merahan. Kedua matanya bulat dan menonjol memancarkan kilatan yang menakjubkan. “Tunggu, aku jangan dimakan! Aku akan bersedia menemanimu jika kau tidak jadi memakanku.” Petani tersebut terkejut mendengar suara dari ikan itu. Karena keterkejutannya, ikan yang ditangkapnya terjatuh ke tanah. Kemudian tidak berapa lama, ikan itu berubah wujud menjadi seorang gadis yang cantik jelita. “Bermimpikah aku?,” gumam petani.

“Jangan takut pak, aku juga manusia seperti engkau. Aku sangat berhutang budi padamu karena telah menyelamatkanku dari kutukan Dewata,” kata gadis itu. “Namaku Puteri, aku tidak keberatan untuk menjadi istrimu,” kata gadis itu seolah mendesak. Petani itupun mengangguk. Maka jadilah mereka sebagai suami istri. Namun, ada satu janji yang telah disepakati, yaitu mereka tidak boleh menceritakan bahwa asal-usul Puteri dari seekor ikan. Jika janji itu dilanggar maka akan terjadi petaka dahsyat.

Setelah sampai di desanya, gemparlah penduduk desa melihat gadis cantik jelita bersama petani tersebut. “Dia mungkin bidadari yang turun dari langit,” gumam mereka. Petani merasa sangat bahagia dan tenteram. Sebagai suami yang baik, ia terus bekerja untuk mencari nafkah dengan mengolah sawah dan ladangnya dengan tekun dan ulet. Karena ketekunan dan keuletannya, petani itu hidup tanpa kekurangan dalam hidupnya. Banyak orang iri, dan mereka menyebarkan sangkaan buruk yang dapat menjatuhkan keberhasilan usaha petani. “Aku tahu Petani itu pasti memelihara makhluk halus! ” kata seseorang kepada temannya. Hal itu sampai ke telinga Petani dan Puteri. Namun mereka tidak merasa tersinggung, bahkan semakin rajin bekerja.

Setahun kemudian, kebahagiaan Petani dan istri bertambah, karena istri Petani melahirkan seorang bayi laki-laki. Ia diberi nama Putera. Kebahagiaan mereka tidak membuat mereka lupa diri. Putera tumbuh menjadi seorang anak yang sehat dan kuat. Ia menjadi anak manis tetapi agak nakal. Ia mempunyai satu kebiasaan yang membuat heran kedua orang tuanya, yaitu selalu merasa lapar. Makanan yang seharusnya dimakan bertiga dapat dimakannya sendiri.

Lama kelamaan, Putera selalu membuat jengkel ayahnya. Jika disuruh membantu pekerjaan orang tua, ia selalu menolak. Istri Petani selalu mengingatkan Petani agar bersabar atas ulah anak mereka. “Ya, aku akan bersabar, walau bagaimanapun dia itu anak kita!” kata Petani kepada istrinya. “Syukurlah, kanda berpikiran seperti itu. Kanda memang seorang suami dan ayah yang baik,” puji Puteri kepada suaminya.

Memang kata orang, kesabaran itu ada batasnya. Hal ini dialami oleh Petani itu. Pada suatu hari, Putera mendapat tugas mengantarkan makanan dan minuman ke sawah di mana ayahnya sedang bekerja. Tetapi Putera tidak memenuhi tugasnya. Petani menunggu kedatangan anaknya, sambil menahan haus dan lapar. Ia langsung pulang ke rumah. Di lihatnya Putera sedang bermain bola. Petani menjadi marah sambil menjewer kuping anaknya. “Anak tidak tau diuntung ! Tak tahu diri ! Dasar anak ikan !,” umpat si Petani tanpa sadar telah mengucapkan kata pantangan itu.

Setelah petani mengucapkan kata-katanya, seketika itu juga anak dan istrinya hilang lenyap. Tanpa bekas dan jejak. Dari bekas injakan kakinya, tiba-tiba menyemburlah air yang sangat deras dan semakin deras. Desa Petani dan desa sekitarnya terendam semua. Air meluap sangat tinggi dan luas sehingga membentuk sebuah telaga. Dan akhirnya membentuk sebuah danau. Danau itu akhirnya dikenal dengan nama Danau Toba. Sedangkan pulau kecil di tengahnya dikenal dengan nama Pulau Samosir.

Sumber: http://www.e-smartschool.com

About these ads

562 pemikiran pada “Asal Usul Danau Toba

  1. banyak versi-nya
    versi yang anda sebut di-atas biasanya ditemukan di buku sekolah dasar

    saya adalah suku Batak yang berasal dari pulau Samosir

    Salam kenal :)

      1. mamang itu benar emang nya anda tidak tahu bahwa itu cerita rakyat
        dan menurut saya itu memenang benar benar ada

      2. menurut saya dongeng di atas itu sangat bagus di dengar karena dongeng tsb membuat saya menjadi kagum.saya kagum dari hasil danau tersebut

      3. revooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooonnnngsyenh

      1. gembel??
        gax slah ngomong kau

        ngaco saja kau jadi org..
        gax ngargain sesuatu yg terdapat d’Indonesia ini

      2. emnk kmu thu yank gembel
        kamhu besukur dgn ada nya danau toba
        sumtara utra jdi terkenal dgn ada nya danu toba

      3. cak cangkammu dijaga titik yo…nek ga tak doakan kon iku kena musiabh nagur ae…ciptaan Tuhan kon bilang Gembellll…tp nek kon bkn org terpelajar tp wong deso aku ngerti nek cangkammu ga iso mbok jaga…saya putra sumatera…kon mau ketemu ta mbe aku..biat kita selesaikan scr laki2

      4. eh klian gk boleh blang gembel klian harus menghargainya dong………..kan cerita rakyat jdi bisa menambah ilmu dan wawasan klian semua………

      5. kamu gax boleh bilang gitu sama danau itu..
        itu juga budaya kita..
        dan danau itu punya sejarah yng harus kita kagumi juga…
        itu juga danau yg pling aku sukai…
        danau itu tempat tggal aQ…
        ok…

      6. iya..kagak boleh gt atuhhh..
        karna legenda yg menarik inilah,sumatra jd terkenal akn sejarahnya..
        trus indonesia jga jadi terpandang di negri sebrang..gra2 bnyak peninggalan gt..
        kok malah di blang gembelll

      7. Maksudnya apa bilang-bilang Danau Toba itu gembel,udah tau Danau toba itu bagus.Malah diejekin.Dasar orang srf

      8. eh,
        tuch mulut di jg ea,,,,,,
        enk bngt tuch muncung kmu bilang danau toba tuch gmbel,,,,,,,
        dasar gk pnya otk km,,,,,,,,,
        km tuch org pha sich,,,,,,,,,?????

        kq muncung gk bisa di jg,,,,,,
        aws sekali lg kw bilang danau toba tuh gembel,,,,,,,,,,,
        lebih GEMEL LAGI KAMUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU
        biar tw kw,,,,,,,,,

        Dasar gk pnya otak,,,,,,,,,,,

      9. eee…. jangan pikir danau toba gembelll kamu yang gembelll :P :P :P oooooo…. memang kamu ngak punya otak yaaaa….. :P :P :P dasar anak gembel ngak usah ngejek danau kamu tuh pantesan dijalanan biar jadi orgil (orang gila) dan sukak gembel kauuuuu oooo :P :P :P anjeng kooo

    1. saya sendiri br membaca asal usul danau toba,namun saya tetap penasaran dgn cerita diatas,danau toba sedemikian terkenal sampai ke belahan dunia.semoga danau toba makin di kenal orang.

      1. mnurt crita yg asi ank petani itu bernama samosir dn petani tu nmanya toba,dy d sruh membwa mkanan untuk ayahnya tp dy mkan di jlan,dn ayahnya memarahinya,dn mengatakan bhwa dy anak ikan,dn tiba2 hujan trun dengan derasnya,ibu samosir menyuruh samosir untuk prgi ke t4 yg tinggi,mka pulau jdi lah danau toba dn d tengahnya pulau samosir

      2. kita orang INDONESIA masa kita menjelekan budaya kita sendiri coba kita berpikir ulang wajib kah kita menjaga keutuhan NKRI…. OK….. ^-^

      1. main bntr kan gk apa.tpi klo bljr trus kan bosan…………………………………………………………………………….emg sih belajar jembatan ilmu.gue ska mah crta nya yg amt mnrk.mknya jdi org jgn crbh.itlah akibat nya

      1. nama richo polneman kornelis simanullang

        aku senang mendengar cerita asal usul danau toba

        apa nama kampung mereka

  2. Salam kenal juga. Terima kasih udah mampir di blog ini.
    Kalo bro jaysam asli P Samosir,pastinya tahu versi yang lebih keren dong (asli). Boleh sharing kok untuk menambah versi.
    Saya sih belum pernah ke Samosir, atupun prapat.. :-( br lihat D Toba dari Berastagi aja….itupun kebetulan lg ada tugas kantor di Medan. :-)

    1. itu lah masalahnya to.orang jaman dahulu mengarang cerita karena tak tahu,dan orang sekarang kena makan cerita tahayul.di teruskan lagi.

    2. bisa ja tu terjadi…apa yg g mgkin di dunia ini bila Tuhan menghendaki? skrg pun spti tu baru2 terjadi di jawa cuma bedanya karena teknologi… dan tidak ada legenda yg menyertai nya…dan air nya lumpur tdk bening…tp sama2 trjadi… menyembur cairan dari dlm bumi yg menggenang jadi semacam danau… contoh LAPINDO BRANTAS !!
      jika tragedi lapindo brantas trjadi ribuan tahun lalu mgkin jg akan jd legenda spti danau toba…
      betul tdk sobat? mgkin sbenar nya dl danau toba jg kjadian alam yg bs dilogika..cm sbelum nya dsertai dgn cerita ato kjadian kehidupan manusia…
      djawa jg ada crita smacam itu…spti RAWA PENING… dan mgkin itu dl nya bs dilogika knpa bs terjadi semburan air yg sgt dahsyat hingga jd sbuah rawa..yg jg sblum kjadian dsertai crita khidupan manusia yg jd legenda…
      dan jika kejadian itu tdk nyata tdk mgkin akan jadi crita spanjang masa..

      1. terdapat sebuah pulau. Danau itu bernama Danau Toba sedangkan pulau ditengahnya dinamakan Pulau Samosir. Konon danau tersebut berasal dari kutukan dewa.
        Di sebuah desa di wilayah Sumatera, hidup seorang petani. Ia seorang petani yang rajin bekerja walaupun lahan pertaniannya tidak luas. Ia bisa mencukupi kebutuhannya dari hasil kerjanya yang tidak kenal lelah. Sebenarnya usianya sudah cukup untuk menikah, tetapi ia tetap memilih hidup sendirian. Di suatu pagi hari yang cerah, petani itu memancing ikan di sungai. “Mudah-mudahan hari ini aku mendapat ikan yang besar,” gumam petani tersebut dalam hati. Beberapa saat setelah kailnya dilemparkan, kailnya terlihat bergoyang-goyang. Ia segera menarik kailnya. Petani itu bersorak kegirangan setelah mendapat seekor ikan cukup besar.
        Ia takjub melihat warna sisik ikan yang indah. Sisik ikan itu berwarna kuning emas kemerah-merahan. Kedua matanya bulat dan menonjol memancarkan kilatan yang menakjubkan. “Tunggu, aku jangan dimakan! Aku akan bersedia menemanimu jika kau tidak jadi memakanku.” Petani tersebut terkejut mendengar suara dari ikan itu. Karena keterkejutannya, ikan yang ditangkapnya terjatuh ke tanah. Kemudian tidak berapa lama, ikan itu berubah wujud menjadi seorang gadis yang cantik jelita. “Bermimpikah aku?,” gumam petani.
        “Jangan takut pak, aku juga manusia seperti engkau. Aku sangat berhutang budi padamu karena telah menyelamatkanku dari kutukan Dewata,” kata gadis itu. “Namaku Puteri, aku tidak keberatan untuk menjadi istrimu,” kata gadis itu seolah mendesak. Petani itupun mengangguk. Maka jadilah mereka sebagai suami istri. Namun, ada satu janji yang telah disepakati, yaitu mereka tidak boleh menceritakan bahwa asal-usul Puteri dari seekor ikan. Jika janji itu dilanggar maka akan terjadi petaka dahsyat.
        Setelah sampai di desanya, gemparlah penduduk desa melihat gadis cantik jelita bersama petani tersebut. “Dia mungkin bidadari yang turun dari langit,” gumam mereka. Petani merasa sangat bahagia dan tenteram. Sebagai suami yang baik, ia terus bekerja untuk mencari nafkah dengan mengolah sawah dan ladangnya dengan tekun dan ulet. Karena ketekunan dan keuletannya, petani itu hidup tanpa kekurangan dalam hidupnya. Banyak orang iri, dan mereka menyebarkan sangkaan buruk yang dapat menjatuhkan keberhasilan usaha petani. “Aku tahu Petani itu pasti memelihara makhluk halus! ” kata seseorang kepada temannya. Hal itu sampai ke telinga Petani dan Puteri. Namun mereka tidak merasa tersinggung, bahkan semakin rajin bekerja.
        Setahun kemudian, kebahagiaan Petani dan istri bertambah, karena istri Petani melahirkan seorang bayi laki-laki. Ia diberi nama Putera. Kebahagiaan mereka tidak membuat mereka lupa diri. Putera tumbuh menjadi seorang anak yang sehat dan kuat. Ia menjadi anak manis tetapi agak nakal. Ia mempunyai satu kebiasaan yang membuat heran kedua orang tuanya, yaitu selalu merasa lapar. Makanan yang seharusnya dimakan bertiga dapat dimakannya sendiri.
        Lama kelamaan, Putera selalu membuat jengkel ayahnya. Jika disuruh membantu pekerjaan orang tua, ia selalu menolak. Istri Petani selalu mengingatkan Petani agar bersabar atas ulah anak mereka. “Ya, aku akan bersabar, walau bagaimanapun dia itu anak kita!” kata Petani kepada istrinya. “Syukurlah, kanda berpikiran seperti itu. Kanda memang seorang suami dan ayah yang baik,” puji Puteri kepada suaminya.
        Memang kata orang, kesabaran itu ada batasnya. Hal ini dialami oleh Petani itu. Pada suatu hari, Putera mendapat tugas mengantarkan makanan dan minuman ke sawah di mana ayahnya sedang bekerja. Tetapi Putera tidak memenuhi tugasnya. Petani menunggu kedatangan anaknya, sambil menahan haus dan lapar. Ia langsung pulang ke rumah. Di lihatnya Putera sedang bermain bola. Petani menjadi marah sambil menjewer kuping anaknya. “Anak tidak tau diuntung ! Tak tahu diri ! Dasar anak ikan !,” umpat si Petani tanpa sadar telah mengucapkan kata pantangan itu.
        Setelah petani mengucapkan kata-katanya, seketika itu juga anak dan istrinya hilang lenyap. Tanpa bekas dan jejak. Dari bekas injakan kakinya, tiba-tiba menyemburlah air yang sangat deras dan semakin deras. Desa Petani dan desa sekitarnya terendam semua. Air meluap sangat tinggi dan luas sehingga membentuk sebuah telaga. Dan akhirnya membentuk sebuah danau. Danau itu akhirnya dikenal dengan nama Danau Toba. Sedangkan pulau kecil di tengahnya dikenal dengan nama Pulau Samosir.

  3. @ silvya
    Kadang cerita memang sering tidak masuk akal dan kurang bisa dipercaya. Tapi legenda rakyat tetap mengasyikan untuk dibaca.
    Terima kasih sudah mampir.

    1. Sadarlah Nusantaraku, inilah jati dirimu.
      Supaya kamu mengetahui siapa dirimu sesungguhnya

      Bismillahirrahmanirrahim… (Dengan Nama Alloh Yang Maha Pemurah Lagi Maha Penyanyang)

      “..Sesungguhnya Allah tidak merobah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan [768] yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.(Q.S Ar-Ra’d: 11)

      Berawal dari kisah Kobil dan Habil yang merupakan keturunan langsung dari Nabi Adam AS maka proses penyebaran penduduk bumi ini yang disebut sebagai khalifah telah melalui proses yang sangat panjang sekali (Q.S Al Maidah : 27)

      Tetapi dari cerita di atas ternyata ada sebuah kisah dan hikmah yang nyaris tidak pernah dipublikasikan kepada umum dikarenakan sumbernya yang masih berdasarkan cerita turun temurun dari nenek moyangnya.

      Alkisah dahulu kala Nabi Adam AS beserta Hawa setiap melahirkan anak yang selalu “kembar” laki-laki dan perempuan.

      Hingga akhirnya dari 3 anak laki-lakinya (beserta istrinya ; dengan cara kawin silang antar saudara) tersebut diperintahkan untuk mengisi masing-masing negeri yang masih kosong.

      Satu anaknya yang pertama mendiami daratan Afrika.

      Satu anaknya yang kedua mendiami daratan Arabia.

      Dan yang ketiga mendiami daratan Asia (tanah jawa).

      Dalam kisah tersebut diceritakan bahwa diantara anaknya yang paling “CERDAS” itu tiada lain bernama Nabi Sis AS ditunjuk untuk menempati daerah yang disebut sebagai tanah Jawi.

      Beliau inilah yang merupakan cikal bakal nenek moyang kita yang diturunkan di tanah JAWA ini.

      Sebagai seorang Nabi beliau selalu mengemban tugas untuk saling memperingatkan kaumnya satu dengan yang lainnya untuk saling berbagi rezeki dan mempersembahkan Kurbannya “hanya” untuk Allah SWT sebagai tanda ujud syukur atas ketaqwaannya sebagai pemimpin di tanah jawa ini.

      Selain itu, sifatnya Nabi Sis AS yang lembut, sopan santun dan berilmu tinggi serta diberikan kecerdasan yang sangat luar biasa oleh Allah menjadikan beliau ini selalu menghasilkan hal-hal yang bersifat baru dan berteknologi sangat tinggi dan akurat untuk kurun waktu / masa saat itu.

      Hal ini dtandai dengan penemuannya tentang caranya bercocok tanam yang baik dengan memperhatikan musim yang bersadarkan pada perhitungan bintang (Falak), pembuatan tempat persembahan berbentuk Piramida untuk Tuhannya (baik berupa binatang maupun hasil bumi) maupun bagaimana memproses tanah (logam) menjadi sebuah benda yang dapat dipergunakan untuk keperluan hidup sehari-hari (Nujum).

      Itulah keistimewaan Nabi Sis AS dengan kelemah-lembutannya, kepekaan sosialnya yang tinggi serta kecerdasannya yang luar biasa akhirnya sama penduduknya digambarkan sebagai seorang ‘SEMAR’.

      Kata ini di ambil dari kata “samiri” yang artinya samar-samar / kasat mata karena beliau sehari-hari laku / kerjanya hanya beribadah kepada Tuhannya.

      Tiada laku hidupnya hanya untuk dipersembahkan kepada Tuhannya saja, tidak lebih.

      Makanya emas, perak, dan semua perhiasan maupun hasil bumi yang melimpah di bumi jawa ini hanya sebagai “sarana” saja untuk menuju ketakwaan kepada Tuhannya.

      Dilain sisi, dengan kecerdasannya yang sangat tinggi itu melahirkan bangunan kota modern yang tersistematis dengan desa-desa beserta irigasinya yang tertata rapi serta tata kota pemerintahan berada dipusatnya (epicentrum).

      Inilah negeri yang selama ini disebut sebagai negeri Atlantis yang telah hilang itu (Arysio Santos – The Lost Continent Finally Found).

      Negeri kita Indonesia Raya, dimana sang nyiur tak pernah lelah melambai-lambai memanggil ibu pertiwi.

      Negeri peradaban dunia yang banyak dicari orang selama ini.

      Bukti bahwasanya kita adalah negeri yang sangat tinggi ditandai dengan kebudayaannya yang beraneka warna, beragam bahasa, beragam adat istiadat, beragam suku yang membaur dalam balutan sang “Merah Putih”.

      Negeri kemerdekaan untuk semua ummat.

      Negeri yang cinta damai.

      Tetapi seiring dengan perkembangan waktu di negeri Atlantis ini, sang keseimbangan alam “Raksasa” (Gunung Toba dan Gunung Krakatau) mulai menunjukkan tanda-tanda “saat”-nya sudah mau tiba.

      Maka berbondong-bondonglah sebagian besar penduduknya dengan menggunakan perahu Raksasa menaiki itu kapal dan meninggalkan negeri Atlantis menuju negeri asing lainnya.

      Hingga “saat” itu benar-benar terjadi yaitu dengan meletusnya gunung Toba yang konon diameter kawahnya sekitar 50 km meledak, mendesak magma ke segala arah lalu meledakkan gunung Krakatau juga dan membumi hanguskan semua yang ada disekitarnya, membuat dunia gelap gulita selama 100 tahun lamanya serta mencairkan lapisan es yang menutupi daratan yang sekarang disebut benua Eropa itu.

      Begitu juga air laut-pun naik hingga mencapai 200 meter ! menenggelamkan lembah-lembah pertanian yang subur dulu menjadi sebuah lautan.

      Seiring berakhirnya masa “Banjir” bandang sedunia itu maka para khalifah yang baru inipun mulai berpencar ke seantero daratan yang “baru” seperti bumi eropa, amerika, arabia maupun afrika.

      Dinegeri baru inilah mereka mengajarkan ilmunya kepada penduduk lokal sebagai rasa sumbangsihnya terhadap daratan yang baru dihuninya.

      Berhubung mereka ini termasuk ummat-nya yang paling cerdas maka lambat laun mulai ramailah peradaban baru ditanah yang baru ini. Tapi mereka juga tak luput menceritakan asal usul tanah kelahirannya yang nun jauh di seberang dalam berbagai ragam kisah yang unik yang termaktub dalam berbagai kitab para nabi-nabi / pujangga sesudahnya.

      Wallaahu Alam Bishshowab.

      Jadi seandainya seluruh penduduk dunia ini disuruh tinggal di bumi Nuswantoro ini maka mereka akan “betah” dan merasa tidak asing, mengapa ? jawabnya ya karena sebetulnya Indonesia terutama tanah jawa ini merupakan ‘MOTHER HOME” city untuk seluruh ummatnya Nabi Adam AS.

      Kalaupun ada yang mengklaim bahwasanya Bani Israel itu adanya hanya di negeri Arab, itu juga nggak salah, karena nenek moyang kita juga menyebar kesana. Tapi kalau kita minder dan merasa sebagai bangsa yang terbelakang maka jawabannya nanti dulu…

      Karena kitalah sesungguhnya RAS PALING UNGGUL diseluruh dunia ini.

      Kadang dengan kecerdasan kita yang MasyaAllah menjadikan kita saling menyalahkan satu dengan yang lainnya. Saling beradu mulut, adu gengsi, dan seterusnya. Dan tidak akan diketemukan dinegeri manapun dimuka bumi ini kecuali Indonesia.

      Itulah ciri negeri para FILSAFAT yang “ADA” dan “BERADA” sebelum negeri-negeri “Teknologi” maupun negeri KEYAKINAN” saling bermunculan di bumi ini.

      Di dalam Mitologi Jawa diceritakan bahwa salah satu leluhur Bangsa Sunda (Jawa) adalah Batara Brahma atau Sri Maharaja Sunda, yang bermukim di Gunung Mah…era.

      Selain itu, nama Batara Brahma, juga terdapat di dalam Silsilah Babad Tanah Jawi.
      Di dalam Silsilah itu, bermula dari Nabi Adam yang berputera Nabi Syits, kemudian Nabi Syits menurunkan Sang Hyang Nur Cahya, yang menurunkan Sang Hyang Nur Rasa. Sang Hyang Nur Rasa kemudian menurunkan Sang Hyang Wenang, yang menurunkan Sang Hyang Tunggal. Dan Sang Hyang Tunggal, kemudian menurunkan Batara Guru, yang menurunkan Batara Brahma.
      Berdasarkan pemahaman dari naskah-naskah kuno bangsa Jawa, Batara Brahma merupakan leluhur dari raja-raja di tanah Jawa.

      kemungkinan nabi Sis A.S adlh nabi syit..

      Dalam bahasa Jawi Kuno, arti jawa adalah moral atau akhlaq, maka dalam percakapan sehari-hari apabila dikatakan seseorang dikatakan : “ora jowo” berarti “tidak punya akhlaq atau tidak punya sopan santun”,
      Menurut “mitologi jawa” yang telah menjadi cerita turun temurun, bahwa asal usul bangsa Jawa adalah keturunan BRAHMA DAN DEWI SARASWATI dimana salah satu keturunannya yang sangat terkenal dikalangan Guru Hindustan (India) dan Guru Budha (Cina) adalah Bethara Guru Janabadra yang mengajarkan “ILMU KEJAWEN”. Sejatinya “Ilmu Kejawen” adalah “Ilmu Akhlaq” yang diajarkan Nabi Ibrahim AS yang disebut dalam Alqur’an “Millatu Ibrahim” dan disempurnakan oleh Nabi Muhammad SAW dalam wujud Alqur’an dengan “BAHASA ASLI (ARAB)”, dengan pernyataannya “tidaklah aku diutus, kecuali menyempurnakan akhlaq”.

      Dalam buku kisah perjalanan Guru Hindustan di India maupun Guru Budha di Cina, mereka menyatakan sama2 belajar “Ilmu Kejawen” kepada Guru Janabadra dan mengembangkan “Ilmu Kejawen” ini dengan nama sesuai dengan asal mereka masing2, di India mereka namakan “Ajaran Hindu”, di Cina mereka namakan “Ajaran Budha”.dan ditimur tengah Islam Dalam sebuah riset terhadap kitab suci Hindu, Budha ,Injil dan Alqur’an, ternyata tokoh BRAHMA sebenarnya adalah NABI IBRAHIM, sedang DEWI SARASWATI adalah DEWI SARAH yang menurunkan bangsa2 selain ARAB. sedangkan dalam bahasa Ibrani ABRAHAM.,

      ‪#‎Brahma‬ adalah Nabi Ibrahim

      terkadang merupakan peristiwa sejarah. Akan tetapi, peristiwa tersebut menjadi kabur, ketika kejadiannya di lebih-lebihkan dari kenyataan yang ada.

      Mitos Brahma sebagai leluhur bangsa-bangsa di Nusantara, boleh jadi merupakan peristiwa sejarah, yakni mengenai kedatangan Nabi Ibrahim untuk berdakwah, dimana kemudian beliau beristeri Siti Qanturah (Qatura/Keturah), yang kelak akan menjadi leluhur Bani Jawi (Melayu Deutro).

      Dan kita telah sama pahami bahwa, Nabi Ibrahim berasal dari bangsa ‘Ibriyah, kata ‘Ibriyah berasal dari ‘ain, ba, ra atau ‘abara yang berarti menyeberang. Nama Ibra-him (alif ba ra-ha ya mim), merupakan asal dari nama Brahma (ba ra-ha mim).

      Jadikan semua perbedaan yang ada ini sebagai satu kekuatan nasional yang dahsyat untuk membangun jati diri bangsa ini menggapai mercusuar dunia yang tidak lama lagi ada dihadapan kita.

      ingatlah wahai kaum bani jawi! dulu kamu pernah jaya. Kini ibumu Keturah telah memanggilmu.
      Baiklah aku mengalah, dengarkan lagi ceritaku sekedar usaha menyadarkan, wahai bani jawi ….. carilah tentang siapa dirimu? dari mana kamu berasal? ini semua aku lakukan agar kamu teringat kembali akan asal-usulmu ….. aku menangis meraung-meraung melihat kamu tertidur bagaikan mayat …. ya bagaikan mayat berjalan.
      Bangunlah dari tidurmu, jika kamu bangun aku percaya pasti kamu akan ingat akan “hirup” dan “ngahuripkeun” tali Allah, itulah keadaanmu dulu mengemban amanah leluhur kita nabi ibrahim a.s. …. itulah janjimu “hidup” di dunia ini, jika keadaanmu telah “hidup” kamu akan seperti nama ibumu Keturah yg selalu harum mewangi selamanya ……

      WASIAT TERAHASIA NABI IBRAHIM A.S.

      Nb ibrahim a.s. bapak para nabi, mempunyai 3 (tiga) istri yaitu Siti Sarah, Siti Hajar dan Siti Qanturah (Qatura/Keturah). Sarah melahirkan Ishak (Isaac), Hajar (Hagar) melahirkan Ismail (Ishmael) dan Keturah melahirkan 6 (enam) org anak yaitu Zimran, Jakshan, Medan, Midian, Ishbak dan Shuah.
      “Now the sons of Keturah, Abraham’s wife:she bare Zimran, and Jokshan, and Medan, and Midian, and Ishbak, and Shuah. And the sons of Jokshan; Sheba, and Dedan.” (Genesis 1:32)

      Silsilah Bani Jawi

      Dari istri Keturah lahir bani jawi, agama jawi adalah agama nabi Ibrahim a.s. dan dari sinilah kelak akan lahir SP/RA/al-mahdi.
      Fitnah telah terjadi thdp istri2 nb Ibrahim a.s., hanya Sarah sj yg disebut istri. sedangkan Hajar dan Keturah disebut gundik. Rahasia terbuka, ternyata Siti Hajar yg difitnah sbg budak ternyata adalah putri Firaun yg dihadiahkan kpd Nabi Ibrahim a.s. untuk menebus rasa bersalah Firaun ketika berkali2 ingin memperkosa Siti Sarah semasa nb Ibrahim a.s. & Siti Sarah dalam tahanan. Dengan kuasa Allah swt setiap kali Firaun datang hendak berbuat senonoh memperkosa Siti Sarah, perbuatannya selalu terhalang secara aneh berkat doa nb Ibrahim a.s.. Dari situlah baru Firaun sadar bahwa nb Ibrahim bukanlah orang sembarangan, beliau orang suci yg harus dihormati. Akibat rasa bersalah yg teramat sangat maka bukan saja Firaun membebaskan kedua2nya tetapi malah menghadiahkan kpd mereka dgn seorang perempuan muda yg tertutup wajahnya sbg “kifarat” dan hadiah kpd Nb Ibrahim. Rahasia perempuan muda ini terbongkar ketika berjalan pulang dimana nb Ibrahim membuka tutup kepala perempuan itu sambil mempertanyakan asal-usulnya. Alangkah terkejutnya Nb Ibrahim dan Siti Sarah mendengar pengakuan bahwa dia adalah anak perempuan Firaun, dia seorang putri raja agung. Tersentuh hati nb Ibrahim sambil berucap rasa syukur kpd Allah swt yg hendak berkehendak menjaga keturunan sebaik-baiknya.
      Jadi keturunan nb Ibrahim yg bernama Ismail yg turun kpd nb Muhammad saw adalah keturunan raja dari raja yg agung Firaun yg pengaruhnya melewati Anatolia dan Kanaan ketika itu (Firaun ini berbeda dgn Firaun pd jaman nb Musa, karena Firaun ini hidup lebih lama dari Ramses II karena sejaman dgn Nb Ibrahim a.s.).
      Pada jaman nb Ibrahim tdk ada bangsa yg disebut sbg Yahudi dan sesungguhnya nb Ibrahim bukanlah seorang Yahudi, beliau berasal dari satu kaum purba yg sejaman dgn bangsa Hittites yg telah raib dan bangsa misteri di mesir (Firaun tadi) yg mungkin mewarisi rahasia piramid dan teknologi canggih zaman itu kpd bangsa Qibti yg menjadi pemerintah setelah itu termasuk Ramses II di jaman nb musa a.s.
      Al-Qur’an surah Ali Imran 65-68 :
      “Wahai ahli-ahli kitab! mengapa kamu berani berbantah-bantahan tentang hal Ibrahim, padahal Taurat dan Injil tidak diturunkan melainkan sesudah Ibrahim, apakah kamu tidak berfikir?
      Beginilah kamu, kamu ini bantah-bantahan ttg hal yg kamu ketahui, maka kenapa kamu bantah membantah ttg hal yg tidak kamu ketahui? Allah mengetahui sedangkan kamu tidak mengetahui. Ibrahim bukan seorang Yahudi dan bukan seorang Nasrani, akan tetapi dia adalah seorang yg lurus lagi berserah diri dan sekali-sekali bukanlah dia termasuk golongan orang-orang musrik

      Siapakah istri ke-3 yg bernm Keturah yg melahirkan bangsa Mala? atau bani Jawi?
      Didalam mitologi jawa, diceritakan bahwa salah satu leluhur bangsa sunda (jawa) adalah Batara Brahma atau Sri Maharaja Sunda yg bermukim di Gunung Mahera.
      (Mala itu artinya gunung? bukankah Walwatika & saelendra juga yg dimaksud adalah orang2 gunung? ia ada dimana? ada di tanah nusantara ini?)
      .
      Kitab al-kamil fial tarikh karya ibnu athir, menyatakan bahwa bani jawi (bangsa sunda, jawa, melayu sumatera, bugis ….. dsb) adalah keturunan nabi ibrahim a.s.
      Bani Jawi sbg keturunan nb ibrahim semakin nyata ketika baru2 ini penelitian prof. Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) mendapatkan data bahwa di dalam DNA melayu tdp 27% variant mediterranaen (merupakan DNA bangsa2 EURO-semetik). Variant mediterranaen sendiri tdpt juga dalam DNA keturunan nb ibrahim yg lain spt pd bangsa arab dan bani israil.
      BRAHMA ADALAH NB IBRAHIM? . mitos brahma sbg leluhur bangsa2 di nusantara boleh jadi merupakan peristiwa sejarah yakni mengenai kedatangan nb ibrahim untuk berdakwah, dimana kemudian beliau beristri Siti Qanturah (Qatura/Keturah) yg kelak akan menjadi leluhur bani jawi.
      Nb Ibrahim berasal dari bangsa ibriyah atau ‘abara yg berarti menyebrang, nama ibrahim merupakan asal dari nama brahma. Beberapa fakta :
      # nb ibrahim memiliki istri bernama sara, sementara brahma pasangannya bernama Saraswati.
      # nb Ibrahim hampir mengorbankan anak sulungnya Ismail, sementara brahma terhadap anak sulungnya atharva.
      # brahma perlambang monotheisme yaitu keyakinan kpd TYME (brhaman), sementara itu nb Ibrahim adalah rasul yg mengajarkan ke esaan Allah.
      # nb ibrahim mendirikan baitullah (ka’bah) di Bakkah (Makkah), sementara brahma membangun rumah tuhan agar tuhan di ingat di sana.

      Suku jawa sdh sejak dulu menganut monotheisme spt keyakinan adanya Sang Hyang Widhi atau sangkan paraning dumadi. Selain suku jawa pemahaman monotheisme juga tdpt di dalam masyarakat sunda kuno. hal ini bisa kita jumpai pd keyakinan sunda wiwitan mereka meyakini adanya Allah Yang Maha Kuasa yg dilambangkan dgn ucapan bahasa “nu ngersakeun” atau disebut juga Sang Hyang Keresa.
      Adalah wajar mayoritas bani jawi menerima islam sbg penyempurna ajaran monotheisme (tauhid) yg dibawa leluhur nb Ibrahim a.s.

      Kita telusuri bait 28 kitab Musarar Jayabaya
      “Prabu tusing waliyullah, kadhatone pan kalih, ing mekah ingkang satunggal, tanah jawi kang sawiji ……………….”
      (raja utusan waliyullah berkedaton dua di mekah yg pertama, tanah jawi yg satu ….)

      Mungkin cucu cicit gadis misteri Kuturah ini tadi ada di situ? Bangsa Keturah telah bersatu di tanah jawa di tanah yg dijanjikan “the land of the east”. Akan tetapi apakah mrk masih teringat akan amanat nb Ibrahim a.s.?
      ajaran Ibrahim janganlah dilupakan, bangsa ini telah lupa ingatan ……………!
      wahai bani jawi cobalah ingat2 lagi amanah wasiat terahasia nb Ibrahim, dengarkan !
      saat detik-detik nb ibrahim akan menutup mata terakhir! Beliau mengumpulkan anak2 Keturah ……………………..
      “Abraham took another wife, whose name was Keturah.She bore him Zimran, Jokshan, Medan, Midian, Ishbak and Shuah.Jokshan was the father of Sheba and Dedan; the descendants of Dedan were the Asshurites, the Letushites and the Leummites.The sons of Midian were Ephah, Epher, Hanoch, Abida and Eldaah. All these were descendants of Keturah.” (Genesis 25:1-4)

      Nb Ibrahim pun memanggil anak2nya dari Keturah, zimra, jukshan, madyan, ishbak, medan dan shuah pun mengelilingi ayahnda yg sudah sepuh. Mereka semua sudah melewati usia remaja dan tumbuh sbg anak2 yg kuat dan cerdas menuruni kehebatan bapak mereka serta sifat tenang siti keturah wanita misteri dari timur. Nb Ibrahim berpesan kpd mereka suatu PESAN YG TERAMAT PENTING. kelihatan satu persatu air mata mengalir ke pipi pada wajah anak2nya.

      Nabi Ibrahim a.s. menjelang menunggu dijemput oleh malaikat maut, terkenang akan masa lalu yg telah ia lalui, dalam hati nb Ibrahim amat bersyukur kpd Allah swt karena memberikan anugrah yg berlimpah2 selepas kehamilan Sarah istri pertama yg sekian lama tidak melahirkan anak dan nyaris dianggap mandul (QS Hud :72).
      Ketenangan lebih terasa di wajah nb Ibrahim setelah Siti Sarah tidak lagi menunjukan perasaan cemburu kpd siti Hajar dan anaknya Ismail. Semua misi dan perintah Allah swt telah dijalankan dgn tabah dan bijaksana, seperti berjalan melitasi empayar firaun kuno (Allah swt menakdirkan beliau bertemu dgn istri keduanya yaitu siti Hajar), perdebatan dgn raja Namrud (nimrod), peristiwa di bakar api besar, peristiwa hijrahnya siti Hajar dgn Nb Ismail serta perintah mengorbankan anaknya.
      Disaat-saat ajan sudah dekat, Allah swt pun mewahyukan kpdnya untuk melaksanakan satu misi penting sebelum menutup mata di dunia fana ini. SATU MISI TERAHASIA yg hanya terungkap dalam munuskrip kuno yg dicari-cari, yang tersembunyi ………….

      “Jika itu yg Allah swt perintahkan kpd ayahanda, kami sanggup melaksanakan, semoga Allah swt memberkati kita semua dengan rahmat dan kasih sayangNya”

      Nb Ibrahim tersentak dari lamunannya takkala mendengar seorang anaknya berkata demikian. Lega hati nb Ibrahim demi mendengar kata2 anak2nya, satu persatu menyatakan KESANGGUPANNYA melaksanakan perintah Allah swt, maka Nb Ibrahim pun bangkit dari tempat duduknya. Beliau kelihatan MENGAMBIL SESUATU …… anak2nya berpandangan satu sama lainnya. APA YG INGIN DILAKUKAN OLEH AYAHNDA MEREKA?

      “Abraham left everything he owned to Isaac.But while he was still living, he gave gifts to the sons of his wife and sent them away from his son Isaac to the land of the east” (Genesis 25:5-6)

      Nb Ibrahim pun MEMBERIKAN SESUATU yg amat BERHARGA kepada anak2nya, SESUATU YG MENJADI RAHASIA KPD KETURUNAN KETURAH. KUNCI-KUNCI RAHASIA PERMATA-EMAS atau MEWARISKAN PUSAKA (KERIS) juga sebagai tanda menunjukan mrk adalah keturunan nb Ibrahim “patriach” bertaraf rasul yg bergelar kekasih Allah swt. RAHASIA YG DICARI-CARI DIBURU DAN DI IDAM2KAN KAWAN DAN LAWAN.

      Musarar Jayabaya (asmarandana) no.10.
      Ecis wesi udharati, ing tembe ana maulana, pan cucu rasul jatine, alunga mring tanah jawa, nggawa ecis punika, kinarya dhuwung puniku, dadi punden bekel jawa”

      (sejata pusaka keris berguna untuk mengatasi masalah, kelak kemudian hari ada maulana, masih cucu rasul yg mengembara sampai ke pulau jawa membawa pusaka tsb kelak menjadi cikal bakal tanah jawa)

      “…sent them away from his son Isaac to the land of the east.” (Genesis 25:6 New International Version)

      maka mereka anak2 Keturah bergerak ke arah timur …
      melintasi padang pasir dan kota-kota Akkadia-Babilon, di suatu tempat mereka pun berhenti dan membincangkan sesuatu, melaksanakan perintah Allah swt yg diwariskan oleh ayahnda mereka dibaca kembali satu persatu. mereka pun berdiskusi dan kelihatannya mereka berpencar menjadi dua.

      Diatas adalah petikan dari kitab kejadian dan kitab injil yg merupakan penyimpanan rahasia terbesar berkenaan satu bangsa yg berkerak ke timur dunia bagi pengembangan keturunan manusia seperti yg diperintahkan Allah swt.
      Bangsa terahasia inilah yg merupakan PEMEGANG RAHASIA AKHIR JAMAN, SEKALIGUS YG MENJADI SUMBER ALTER TERAHASIA BANGSA MISTERI.

      Apakah yg dimaksud ALTER?
      alter (kemampuan spritual luar biasa yg menakjubkan) selalu tersembunyi dibelakang personaliti utama yg membayang2i alter2 tersembunyi di belakang personaliti utama yg membayangi alter2 tadi. ttp apabila subyek berada dalam keadaan tertentu dimana personaliti utama tidak mampu menangani, alter ini akan tiba2 muncul dan bereaksi (menakjubkan), maka subyek td akan berubah menjadi alter lain berbeda dari alter utama (personaliti utama). Alter inilah yg tersembunyi didalam setiap orang bani jawi YANG KENAL DIRINYA, ASAL USULNYA DAN SIAPA DIRINYA YG SEBENARNYA?

      Kini mereka keturunan Keturah telah sampai ditempat yg dimaksud, mereka bertemu kembali dan berpeluk-pelukan dan merayakan kemenangannya telah menemukan benua yg dijanjikan. Kerena kelelahan mereka tertidur panjang, istirahat dengan lelapnya. tanpa ada yang mengganggu. bangsa yg hilang tetap tersembunyi. AJARAN IBRAHIM MAKIN BANYK DILUPAKAN, TIADA SIAPA LAGI YG MENGETAHUI TTG TUHAN YG MAHA ESA ………

      Akan tetapi generasi bangsa jawi yg tumbuh tetap mencari Tuhan di tanah Jawi, datanglah Hindu, Budha, Islam ….. telah menemui sesuatu yg hilang sejak ribuan tahun silam, mengingatkan wahyu warisan dari ayahnda nabi Ibrahim a.s. …maka tdk heranlah klo masyarakt Indonesia menerima islam karena nenek moyang kita mengajarkan MONOTAISME…
      Kemudian datang UJIAN …… datang imperalis Portugis, Belanda, Inggris …… nusantara sebagai bangsa Mala yg dulunya bersatu telah cerai berai terbelah belah ………

      Dalam bait Uga Wangsit Siliwangi:”Mingkin hareup mingkin hareup, loba buta nu baruta, naritah deui nyembah berhala. Laju bubuntut salah nu ngatur, panarat pabeulit dina cacadan; da nu ngawalukuna lain jalma tukang tani. Nya karuhan: taraté hépé sawaréh, kembang kapas hapa buahna; buah paré loba nu teu asup kana aseupan. Da bonganan, nu ngebonna tukang barohong; nu tanina ngan wungkul jangji; nu palinter loba teuing, ngan pinterna kabalinger.”

      ”Semakin maju semakin banyak penguasa yang buta tuli, memerintah sambil menyembah berhala. Lalu anak-anak muda salah pergaulan, aturan hanya menjadi bahan omong­an, karena yang membuatnya bukan orang yang mengerti aturan itu sendiri. Sudah pasti: bunga teratai hampa sebagian, bunga kapas kosong buahnya, buah pare banyak yang tidak masuk kukusan. Sebab yang berjanjinya banyak tukang bohong, semua diberangus janji-janji belaka, terlalu banyak orang pintar, tapi pintar keblinger.”

      Mangan ora mangan asal kumpul katanya setelah di jajah oleh imperalis, menjadi bangsa yg tidak bersemangat. Layu …
      Dimanakah alter terahasia bangsa jawi? dimana?
      Bangsa terbaik, agama terbaik …… apabila bangsa ini menghayati agama sendiri, maka akan terangkatlah ALTER TERAHASIA BANGSA JAWI.

      ”Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal” (Al Hujuraat : 13.)

      “..Sesungguhnya Allah tidak merobah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan [768] yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia.(Q.S Ar-Ra’d: 11)
      Bagi orang-orang yang memenuhi seruan Tuhannya, (disediakan) pembalasan yang baik. Dan orang-orang yang tidak memenuhi seruan Tuhan, sekiranya mereka mempunyai semua (kekayaan) yang ada di bumi dan (ditambah) sebanyak isi bumi itu lagi besertanya, niscaya mereka akan menebus dirinya dengan kekayaan itu. Orang-orang itu disediakan baginya hisab yang buruk dan tempat kediaman mereka ialah Jahanam dan itulah seburuk-buruk tempat kediaman.(Q.S.Ar-Ra’d :18)

      Adakah orang yang mengetahui bahwasanya apa yang diturunkan kepadamu dari Tuhanmu itu benar sama dengan orang yang buta? Hanyalah orang-orang yang berakal saja yang dapat mengambil pelajaran,.(Q.S.Ar-Ra’d :19)

      yaitu) orang-orang yang memenuhi janji Allah dan tidak merusak perjanjian..(Q.S.Ar-Ra’d :20)

      “Hanya bagi Allah-lah (hak mengabulkan) do`a yang benar. Dan berhala-berhala yang mereka sembah selain Allah tidak dapat memperkenankan sesuatupun bagi mereka, melainkan seperti orang yang membukakan kedua telapak tangannya ke dalam air supaya sampai air ke mulutnya, padahal air itu tidak dapat sampai ke mulutnya [769]. Dan do`a (ibadat) orang-orang kafir itu, hanyalah sia-sia belaka…(Q.S.Ar-Ra’d :14)

      Q.S.Al-Baqarah(2):213:”Manusia itu adalah umat yang satu. (setelah timbul perselisihan), maka Allah mengutus para nabi, sebagai pemberi peringatan, dan Allah menurunkan bersama mereka Kitab yang benar, untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan. Tidaklah berselisih tentang Kitab itu melainkan orang yang telah didatangkan kepada mereka Kitab, yaitu setelah datang kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, karena dengki antara mereka sendiri. Maka Allah memberi petunjuk orang-orang yang beriman kepada kebenaran tentang hal yang mereka perselisihkann itu dengan kehendak-Nya. Dan Allah selalu memberi petunjuk orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus.”

      Q.S.AL-Maaidah(5):48 :”Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Qur`an dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian [421] terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat diantara kamu [422], Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu

      bila bangsa ini ditata dgn baik dgn hukum ilahi dan benar dengan dilandasi Kerjasama,Toleransi dan damai. …maka jayalah negri ini…

      Asal kata Nama Indonesia

      mungkin masih ada yang penasaran tentang asal kata nama INDONESIA…

      Catatan masa lalu menyebut kepulauan di antara Indocina dan Australia dengan aneka nama.
      Kronik-kronik bangsa Tionghoa menyebut kawasan ini sebagai Nan-hai (“Kepulauan Laut Selatan”).
      Berbagai catatan kuno bangsa India menamai kepulauan ini Dwipantara (Kepulauan Tanah Seberang), nama yang diturunkan dari kata Sansekerta dwipa (pulau) dan antara (luar, seberang). Kisah Ramayana karya pujangga Walmiki menceritakan pencarian terhadap Sinta, istri Rama yang diculik Rahwana, sampai ke Suwarnadwipa (“Pulau Emas”, diperkirakan Pulau Sumatera sekarang) yang terletak di Kepulauan Dwipantara.
      Bangsa Arab menyebut wilayah kepulauan itu sebagai Jaza’ir al-Jawi (Kepulauan Jawa). Nama Latin untuk kemenyan, benzoe, berasal dari nama bahasa Arab, luban jawi (“kemenyan Jawa”), sebab para pedagang Arab memperoleh kemenyan dari batang pohon Styrax sumatrana yang dahulu hanya tumbuh di Sumatera. Sampai hari ini jemaah haji kita masih sering dipanggil ”orang Jawa” oleh orang Arab, termasuk untuk orang Indonesia dari luar Jawa sekali pun. Dalam bahasa Arab juga dikenal nama-nama Samathrah (Sumatera), Sholibis (Pulau Sulawesi), dan Sundah (Sunda) yang disebut kulluh Jawi (“semuanya Jawa”).
      Bangsa-bangsa Eropa yang pertama kali datang beranggapan bahwa Asia hanya terdiri dari orang Arab, Persia, India, dan Tiongkok. Bagi mereka, daerah yang terbentang luas antara Persia dan Tiongkok semuanya adalah Hindia. Jazirah Asia Selatan mereka sebut ”Hindia Muka” dan daratan Asia Tenggara dinamai ”Hindia Belakang”, sementara kepulauan ini memperoleh nama Kepulauan Hindia (Indische Archipel, Indian Archipelago, l’Archipel Indien) atau Hindia Timur (Oost Indie, East Indies, Indes Orientales). Nama lain yang kelak juga dipakai adalah ”Kepulauan Melayu” (Maleische Archipel, Malay Archipelago, l’Archipel Malais).
      Unit politik yang berada di bawah jajahan Belanda memiliki nama resmi Nederlandsch-Indie (Hindia-Belanda). Pemerintah pendudukan Jepang 1942-1945 memakai istilah To-Indo (Hindia Timur) untuk menyebut wilayah taklukannya di kepulauan ini.
      Eduard Douwes Dekker (1820-1887), yang dikenal dengan nama samaran Multatuli, pernah memakai nama yang spesifik untuk menyebutkan kepulauan Indonesia, yaitu Insulinde, yang artinya juga ”Kepulauan Hindia” (dalam bahasa Latin insula berarti pulau). Nama Insulinde ini selanjutnya kurang populer, walau pernah menjadi nama surat kabar dan organisasi pergerakan di awal abad ke-20.

      Pada tahun 1847 di Singapura terbit sebuah majalah ilmiah tahunan, Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia (JIAEA), yang dikelola oleh James Richardson Logan (1819-1869), seorang Skotlandia yang meraih sarjana hukum dari Universitas Edinburgh. Kemudian pada tahun 1849 seorang ahli etnologi bangsa Inggris, George Samuel Windsor Earl (1813-1865), menggabungkan diri sebagai redaksi majalah JIAEA.
      Dalam JIAEA volume IV tahun 1850, halaman 66-74, Earl menulis artikel On the Leading Characteristics of the Papuan, Australian and Malay-Polynesian Nations. Dalam artikelnya itu Earl menegaskan bahwa sudah tiba saatnya bagi penduduk Kepulauan Hindia atau Kepulauan Melayu untuk memiliki nama khas (a distinctive name), sebab nama Hindia tidaklah tepat dan sering rancu dengan penyebutan India yang lain. Earl mengajukan dua pilihan nama: Indunesia atau Malayunesia (nesos dalam bahasa Yunani berarti pulau). Pada halaman 71 artikelnya itu tertulis

  4. ceritanya sangat menarik,tapi disini tidak dijelaskan tempat-tempat yang dapat dikunjungi atau sebagai tempat wisata.mohon dipertimbangkan.terimakasih………………………………………….

  5. saya orang samosir asli, tapi lagi kuliah di Bandung sekarang. makasih banyak yach ceritanya, dah ngebantuin buat tugas..

  6. haiiii….
    haiiii cMua’a..
    kBR’a gMnA jUga ??!!
    ceRita’a seRuuu kaN ..
    meDan gItU loohh..
    kOta kEsaYangan GUE…
    LOVE ALL…
    mMmMUUUAaaCcHh….
    daGhhhh…

    cEe U..
    rEpLIEd’ddd

  7. sy syarifuddin dari sabah…sy ingin mnyakan soalan…adkh danau toba ini wujud berdasarkan ceritanya? adkh danau toba ini ada cerita yang lain asal usulnya? sy mmg berminat sgt dgn lagenda sejarah danau toba ini….

  8. cerita ini sebenarnya tidak wujud sekali tetapi hanyalah dongeng semata2. THE PEOPLE CAN’T TO DO ALL OF THAT ! I want know why this story is so different with I watch at television? I hope you can answer this question with the real fact.

    1. Sejarah danau toba yang pasti bukanlah akibat peradaban manusia…
      saya lebih suka mengatakan sebuah Fenomena Alam……….
      Dunia ini di ciptakan maha sempurna olehNya
      Memiliki siklus tetap layaknya benda hidup
      sesuatu yang bergerak tentunya akan ada perubahan pada masanya..
      adanya panas bumi untuk keseimbangan isi alam membuat rongga
      pada beberapa sisi permukaan alam..
      Gunung berapi akan selalu membuat perubahan alam secara alamiah

      kurang jelas….
      bermunajatlah sama penciptanya
      niscaya kita tau

  9. konon kata-a…. danau toba itu, asal mulanya karena akibat letusan gunung berapi dan satu lg….
    ad deh………..
    q… blum dapat dr nenek moyang q……
    he……..

  10. yups,,,,gw juga dari Toba,,tapi dari balige,,,
    tapi,,kok setiap legenda danau toba nama anknya beda2 ya….
    ada yang bilang nama anakny Putra ada juga Samosir,,,
    yang benar masa seh??????????/

  11. yo yoi tu beneran tuh asal usul nya gila yeh petani dpt gadis cantik na untuk yg mau cewek ” giat lah bekerja seperti petani supaya mendapatkan masing-masing”

  12. klo mnurud saya.. ending.a itu… puteri.a mngiss hingga air mta.a mmbntuk danau dn ktika itu anag.a naik ke ats bkit yg tinngi.. dn bkit it yg d bri nma plau samosirr.. crta it sya tau.. krna saya lhir d prapat dn bsar dsna… kmu tau crta ttng batu gantung d dket danau toba ??? tlong d ulas y crita.a.. krna smpei skrang gg bgitu jls… slm dina..

  13. aq juga mau dapat gadis cantik…seperti petani itu………tapi jangan yang asal usulnya dari bangsa ikan ntar aq di kutuk jadi danau seperti petani itu..he..he..he

  14. ehh kk aq mau nanya!!!
    Kalau Toba Nama bapaknya!!!
    Samosir Nama Anaknya!!!
    nama Istri nya koq Puteri yah!!! Ga Nyambung…
    Dari Batak -> Jawa
    zzz…
    aq ga terima tuh… ehhehe

    1. Y….kk klu wktu kt ,,,,nton kok dia nama bpk nya toba!!!
      anak nya samosir !!!msa sich……..
      ibu nya putri !!!seharus nya bkan itu……………

      ha..ha…zzzzzzzz jng ksih tau orng ya….

      DARI BENGKULU ->SUMATRA

      LUCU……..

  15. makasih ya da buat blog ne. yg jelas lu da buat kebudayaan tu jd asyik. tp,gw org parapat bangga baca blog ne.
    salam buat pembaca legenda ne……………………….

  16. maksih yah atas infonya,,,aq seneng bgt coz hr esok aq bs cerita ke murid2 ku mrk paling seneng dengar cerita apalagi cerita tentang legenda indonesia,,,,skalilg thanks bgt dah bantu aq….sukses slalu cayo…..

  17. Kalau menurut cerita diakui…..pasti nganguk2,tapi ingatlah kitakan lahir dari sejarah……apakah memang kita semua tahu kejadian di dunia ini kalau tdk ada sejarah yang menceitakan….ok.tapi tetap yakin semua itu kekuatan yang Diatas melalui perantara manusia.

  18. halo cemuaaaanya……
    ceritanya menarik banget sih,
    semoga cerita selanjutnya lebih bagus lagi.
    saya mo ngasih komentar
    tapi gambar/foto danau tobanya atau yang lainnya kok gk ada sich.
    kan lebih seru n kalo di baca gk cpt bosan.

  19. kangend banget ama medan pancing…aksara…padang bulan…etc…tman-tman bimbel medica…miss u all…and thanks banget buat ceritanya…karena nih cerita mau w pke bwt acara english day!!moga dengan ini sumatera utara semakin terkenal eah….HORAS!! ^o^—sy juga org batak loh—

  20. emang dongeng itu menarik!
    Tapi, apa bisa dongeng itu dipersingkat:? karna ada tugas nich.
    aku maunya singkat2 aja. supaya aku bisa terjemahin ke bahasa Inggris.
    pleaze!!!!!!!!!!!!!
    kalo bisa sekarang y,,,,,,,,,,,,,,,

  21. ini juga cerita yang paaaallliiiingggg ku tunggu – tunggu n yg paaaallliiiingggg enak dan yang pernah ku temukan di muka bumi ini …. :)

  22. salam..sy. seorang.. foto gerafer…………… sy sering ke. danau toba sy.. kalau ceritany simmg gt kata orang kn …….. aq kurang percaya si…. tp mungkin jadi jg. kn. gt lh…………….sy ingin orang semua orang batak tuk mendung danau toba……….. ok dia danu yg. ter… indah di sumatra ni…. salam dari saya from redy…….simatupang………….syloom……..

  23. saya kurang percaya tentang asalusul danau toba…….?????? tapi saya mendukung tentang penulusuran alam indonesia………………………..

  24. wah seru juga ya baca lagenda danau toba !!!!! manambah pengetahuan ku !!! aku baru pulang nih dari danau toba keliling pulau samosir terus liat lagenda batu gantung lagi rindu banget sama medan dan danau toba

  25. horas,,,,,,au asli putra samosir,,sude i dang adong natoho,, holan tuhan do na mamboto i. na pamalo2hon na mambaen dongeng i namenghina pulo samosir do i. molo p.samosir berasal dr letusan g.merapi be2rapa abad yg lalu. boti majolo hataku mlo adong nahurang lobi cerita i manang penasaran ro tu palipi bonapasogittu….horas……….

  26. Danau Toba adalah karya Tuhan yang sangat indah, bayangkan apabila sekeliling danau toba tidak dilapisi oleh batuan yang kokoh mungkin sudah lama terjadi bencana seperti situ gintung jutaan liter air dari tempat yang tinggi akan tumpah kedaerah yang lebih rendah

  27. Ping-balik: Ulvasianturi's Blog
  28. ak sngat mencintai danau toba!!!!!!!
    bila ak prgi ke danau toba..
    ak akn ngambil air ny,,..
    untk mndi……!!!
    hehehehehehehe……….

  29. rasanya aq pengin sekali mengunjungi danau toba…ingin melihat betapa tuhan melimpahkan kendahan alam untuk kita semua …..

  30. uuuuuuuuuuuuuuuuuuwwwwwwwwwah
    seru jg ceritanya kata2nya jg bagus
    tp menurut quw nama ayahnya toba nama anaknya samosir tp klo nama ibunya quw lupax ckckckckckckckckckck

  31. dahulu ada di sumatra seorang petani miskin yg bernama toba
    nah pada sewaktu waktu ia sedang memancing. petani itu berkata
    “ah ya tuhan! semoga aku mendapatkan ikan yg besar atau memuaskan untuk d makan”
    katanya. tak lama kemudian kail petani toba mulai bergoyang2 dan akhirnya diambilah ikan itu. ikan itu basar sekali lalu toba berkata
    “ah besar sekali ikan ini akan ku taruh di rumahku”
    sesampainya di rumah karena menurutnya ikan itu cantik berwarna emas ke merah merahhan akhirnya ia menyimpan ikan itu di sebuah baskom
    ternyata ikan itu adalah manusia yg d beri nama puteri setelah toba melihat wujud akin alias puteri puteri sangat cantik sekali setelah itu akhirnya mereka menikah dan akhirnya mempunyai anak yg d beri nama Samosir
    tp pernah samosir dititahkan oleh ibunya untuk mengantarkan makanan untk ayahnya tp karena samosir sangat lapar akhirnya dimakannya lah ikan itu setelah habis ia melanjutkan perjalananya lg setelah bertemu ayahnya samosir dimarahi ayahnya
    toba membocorkan rahasia itu akhirnya petaka dhsyat terjadi tebentuk sebuah danau yg d beri nam danau toba
    naah intinya seperti itu

  32. Danau Toba
    Dahulu ada sebuah desa di pulau Sumatra. di desa itu ada seorang petani miskin yang bernam Toba.
    suatu saat ia sedang memancing da Toba berkata.
    “Ah…. semoga saja ikan hasil tangkapan ku memuaskan”
    tak lama kemudian kail Toba bergerak – gerak,saat ditarik kail itu muncullah ikan yang besar warnanya cantik sekali berwarna emas kemerah merahan. Toba berkata.
    ” wah cantik sekali ikan ini juga besar sekali pasti dagingnya sangat lembut!”
    Akhirnya Toba pun pulang di rumah ia merasa ikan ini sangat cantik akhirnya ia memutuskan untuk tidak memakan ikan itu malahan ikan itu ia taruh di dalam baskom. Walaupun Toba lapar sekali,akhirnya Toba pun memutuskan untuk tidur saja. Selagi tidur tenyata ikan itu berubah menjadi manusia yang cantik sekali tarnyata ia adalah jelmaan ikan yang dikutuk oleh seorang dewa. manusia yang cantik itu bernama Puteri. puteri berhutang budi pada Toba maka ia slalu menyiapkan makanan Toba curiga siapa yang membuat makanan untuknya pada sewaktu2
    ah mls ah cpk dah dl y

    1. Tlg lanjutin ceritanya lagi dong……… ku pingin tau lagi tapi.
      sebenarnya danau toba itu ciptaan Tuhan kalian jgn salah
      sangka ya…, tukan hanya cerita rakyat dan gak mungkin ada
      tauuuu..uuuu…uuuuu.u.uu.uu.u.uuu.u.

  33. mau cwerita aslinya tabya aja pada rumput yg bergoyang hehheheeehe
    semnagt trus bro yg penting ceritanya asik mau fakta ataupun itu fiktif belaka hehehehehe

  34. klo gw sich gak prlu di ceritain,,,
    kan gw dah pnah ke danau toba scara lngsung….
    gillaaaaaaaaaaaaaa that is very amazing palace….!!!!!!!!!
    oh my god,that palace very amazing,interesting for me…….
    I like at toba lake….

  35. Ceritanya BaguS, tP aQ kuRANG memUNGkinkasn BAGI aQ
    G MgKN kan Maasa bisaa gARA2 d BlNG aNAk iKAN langSUNG perg melompAT LANGSUNG JADI dAnau emG BEnar?????????????

  36. I liKE to DonGeNG dANau tOBA mENARIK hATI oRan LAEN veRY………………………………………gOOd KArng lag YA???????????????

  37. seharusnya kita harus lebih bersabar agar kalau ada janji yang telah disepakati bersama tidak bisa kita omongkan dan kita sebagai anak pun harus membantu orang tua mungkin cerita yang saya baca tadi itu adalah seseorang anak yang nakal dan sudah menyianyiakan orang tua.

    salam dari rifqa

  38. aku suka blok ini karena anak -anak Indonesia jadi tau legenda Indonesia dan lebih dekat dengan budaya jadi kekayaan budaya Indonesia tetap terjaga , tidak diambil negara orang dan bahkan ada orang luar negeri suka banget budaya kita dan ingin mencobanya tetapi tidak bisa dan seharusnya kita berkata harus banga jadi anak Indonesia

  39. percaya apa enggak ya????????

    tapi aku percaya deh karena medan adalah temppat kelairanku

    I love medan and danu tobaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa, aku takan melupakan mu selamanyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    1. danau nya indah bangettttttttttttttt!,,,,,,,,,,,,
      airnya jernih,,,,,,,,,,
      pemandangannya cantik,,,,,,,,
      rumah nya khas daerah pakpak,batak,karo,,,,,,,,,

  40. sy nk tahu sejarah danau toba itu benar atau tidak
    kerna sy kurang percaya lagenda2 ni
    klu bleh saudara terang secara terperinci

  41. AQ SANGAT-SANGAT TERHARU,BAHWA PULAU SAMOSIR ADALAH PULAU YANG SANGAT INDAH…………………………… DAN MEMPUNYAI DASAR DARI KISAHNYA SENDIRI………………………………………………. :-).

  42. hem …………….

    danau toba top abiss dah ………………….

    suasana.na mnenangkan dri …………………..

    aq bngga jdi orang btak …………

    yng tidak jaoh tnggal.na d dkat danau toba …………

    i luph toba lake

  43. biasa’a d ceritakan bahwa yg memerankn petani nama’a adlah toba dan ank’a bernama samosir..
    kenapa ini enggak??
    yg mn yg bener??

  44. Gak mungkin Danau toba tuh gunung merapi yang meletus sekitar 74.000 tahun yang lalu dan hampir memusnahkan seluruh umat manusia. serem bgt kan……!!!
    Tau ga Gunung TOBA SUPERVOLCANO itu aktif lagi loch dan di perkirakan akan meletus lagi pada 100.000 tahun yang akan datang…
    WAH UMAT MANUSIA AKAN MUSNAH DONK KALO GITU…..
    nama gunung nya aja TOBA SUPERVOLCANO………….

  45. Danau Toba harus tetap dilestarikan bukan malah dicemari…
    qt bsa lihat sekarang ini bayak orang2 yang sembarangan membuang sampah ke danau…Itu perbuatan yg tdak trpuji,bukannya dikembangkan sebagai objek WISATA malah dikotori….
    CAP HITAM buat yg mencemarkan DanauToba….
    I Hate you…………

    1. dari pada baca cerita rakyat mendingan tidur lagiyan crt na mambosankan iytu…………………… trs aqu ndak suka ama crita na

  46. Pada jaman dulu, belum ada mata kail, tapi yang ada adalah bubu alat penangkap ikan yang dia bikin sendiri. Trma ksih. Mudah-mudahan jangan salah.

  47. mana ada ikan jadi manusia dan manusia jadi ikan.aku orang simalungun yang tinggal di sekitar danau toba.
    danau toba itu terjadi karana letusan gunung berapi beberapa abad yang lalu dan pernah aku baca itu ledakan terkuat no 3 didunia, yang mengakibatkan tewasnya orang jutaan orang termasuk di daerah jawa.

    jangan di bawa kemistik kebanyakan nonton maklampir lo

  48. Danau Toba dengan pulau Samosir

    Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran luas 100km x 30km di Sumatera Utara, Sumatera, Indonesia. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir.

    Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di
    Sumatera Utara selain Bukit Lawang dan Nias, menarik wisatawan domestik
    maupun mancanegara.

    Diperkirakan Danau Toba terjadi saat ledakan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu dan merupakan letusan supervolcano (gunung berapi super) yang paling baru. Bill Rose dan Craig Chesner dari Michigan Technological University memperkirakan bahwa bahan-bahan vulkanik yang dimuntahkan gunung itu sebanyak 2800km3, dengan 800km3 batuan ignimbrit dan 2000km3
    abu vulkanik yang diperkirakan tertiup angin ke barat selama 2 minggu.
    Debu vulkanik yang ditiup angin telah menyebar ke separuh bumi, dari
    cina sampai ke afrika selatan. Letusannya terjadi selama 1 minggu dan
    lontaran debunya mencapai 10 KM diatas permukaan laut.
    Kejadian ini menyebabkan kematian massal dan pada beberapa spesies juga diikuti kepunahan. Menurut beberapa bukti DNA,
    letusan ini juga menyusutkan jumlah manusia sampai sekitar 60% dari
    jumlah populasi manusia bumi saat itu yaitu sekitar 60 juta manusia.
    Letusan itu juga ikut menyebabkan terjadinya zaman es, walaupun para
    ahli masih memperdebatkan soal itu.
    Setelah letusan tersebut, terbentuk kaldera yang kemudian terisi oleh air dan menjadi yang sekarang dikenal sebagai Danau Toba. Tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar menyebabkan munculnya Pulau Samosir.

    Toba Lake

  49. kalau menurut terbentuknya dahulu 3juta tahun lalu adalah sebuah kawah gunung berapi sudah tidak aktif yang kemudian mengalami proses evolusi dimana lumpur ditengahnya membentuk sendimen yang akhirnya menjadi sebuah pulau dan lembahnya terus menerus menampung air hujan dan mata air dari berbagai sumber, hingga akhirnya menjadi Danau.

  50. kalian semuAAAANNNNYYYAAAA SSSAAALLLAAAHHHH,,,,
    danau toba itu sbnrnya sebuah gunung api yang sngat besar,,,,
    dan gunung trsebut meledak,,, n batuan yg berasal dri gunung trsebut terbang dan jatuh ke berbage tmpat,,, sperti di laut batam,,, kita bnyak jumpai batuan kilat yg bsr yg ada di permukaan laut,,,
    n zaman itu bnyk yg meninngggal dunia,,,
    kiraan hampir tinggal 2ribuan orang yg masih hidup pd zaman itu,,,,

  51. kalian kok pada berdebat soal danau toba,,,
    cerita nya diperbnyk donk,supaya q tw lbh jauh.
    yyyyyyyyyyyyyyyy………

  52. GW ssuka ccrita rrkyat ..!!!!!!
    HORAS,,!!!!!!
    HHOORRAASSSSSSSS,,..!!!!!!!!!
    HHOORRAASSSSSSSSSSSSS,,..!!!!!!!!!!!!!!
    HHOORRAASSSSSSSSSSSSSSSSS,,..!!!!!!!!!!!!!!!!

  53. Waaww. . . . trXta cRita2 rakYat aT leGendA yg prnh Aqw BcA, , bkiN nmbaH penGetAhuaN qw. . . Seru bGEeeTtt deech. . .!!! ^_^

  54. Diperkirakan Danau Toba terjadi saat ledakan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu dan merupakan letusan supervolcano (gunung berapi super) yang paling baru. Bill Rose dan Craig Chesner dari Michigan Technological University memperkirakan bahwa bahan-bahan vulkanik yang dimuntahkan gunung itu sebanyak 2800km3, dengan 800km3 batuan ignimbrit dan 2000km3
    abu vulkanik yang diperkirakan tertiup angin ke barat selama 2 minggu.
    Debu vulkanik yang ditiup angin telah menyebar ke separuh bumi, dari
    cina sampai ke afrika selatan. Letusannya terjadi selama 1 minggu dan
    lontaran debunya mencapai 10 KM diatas permukaan laut.
    Kejadian ini menyebabkan kematian massal dan pada beberapa spesies juga diikuti kepunahan. Menurut beberapa bukti DNA,
    letusan ini juga menyusutkan jumlah manusia sampai sekitar 60% dari
    jumlah populasi manusia bumi saat itu yaitu sekitar 60 juta manusia.
    Letusan itu juga ikut menyebabkan terjadinya zaman es, walaupun para
    ahli masih memperdebatkan soal itu.
    Setelah letusan tersebut, terbentuk kaldera yang kemudian terisi oleh air dan menjadi yang sekarang dikenal sebagai Danau Toba. Tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar menyebabkan munculnya Pulau Samosir .

  55. horas…
    dukung danau toba sebagai keajaiban dunia..
    Dan dukung juga menjadi tempat rekreasi kelas dunia..
    *HORAS DI HITA SUDE*

  56. I LOVE DANAU TOBA.

    TErsErah deh,
    mAu cErita LegenDA kek,
    MAu LEdaKAn guNung MErapi KEk,
    YAng pEntiNg daNAu tOBa ada.
    KANgEn pEngn bEreNAng-reNAng di saNA gi.
    MoGA TAhun iNi Q biSA ke Sana gi.

  57. danau toba adalah kawah yg tercipta akibat letusan gunung toba dan kawah itu membentuk danau coba deh buka tentang benua atlantis disitu di jelaskan kok tentang gunung toba

  58. ehmmm……………………..

    jdi ingt p’tama x ktemu ma si doi d’cana…………..

    i like danau toba……..

    n smga smkin t’knal di mancanegara….smpai d’slruh dunia………..

    TAO TOBA

    HORASSSS………………..,,,,,,,,,,,,,,,,,,!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  59. Yang jelas secara geologi dan tehknologi danau toba adalah sebuah danau vulkanik.Namun boleh-boleh aja cerita rakyat dikaitkan dengan kejadian alam sekitarnya,itulah hasil seni dan budaya, semoga menambah perbendaharaan cerita rakyat.

  60. ”Bisa ga tlong ceritanya di tulis dalam bahasa batak ?“…..soalny saat ini sya btuh bgt nih cerita, tpi dlm bhsa batak/sumatra. Mhon bantuannya….^^ ditunggu

  61. Mhon bantuannya segera…utk mngrimkan cerita ini dalam bntuk bhsa batak ke email saya(Queensheba91@yahoo.co.id) ditunggu…trima ksih ^^

  62. itu hanya ceruta rakyat/legenda aja. yang merupakan cerita dongeng untuk membuat masyarakat lebih penasaran dalam penelusuran asal-usul yang sebenarnya. yaitu letusan gunung berapi raksasa pada berabad-abad yang lalu.

  63. Saya Orang medan Marga Panggabean>>Danau toba itu Terjadi Bukan Krn Sejarah Anak ikan,, Coba Deh Pikir Baik baik klu memang benar tuh sejarah Dari Seekor Ikan, kenapa Suami Dari Puteri ikan tidak dapat Di Definisikan juga..
    danau toba itu Sebenarnya terjadi Dari letusan Gunung Merapi..
    Sampai Sekarang Didasar Danau tersebut Masih Ada kok Gunung merapi yang aktif…
    Itu makanya terjadi Danau Toba Pulau Samosir Dan Parapat…

    Coba Saya Tanya You All ” Berapa Ukuran kedalaman Parapat ” ?
    Krn Setau saya Parapat Tuh Kedalamannya Tidak Terukur,, krn Kabarnya Sudah Pernah Ada yg Mau Mengukur Kedalaman Parapat tapi Tidak ada hasilnya…

  64. YANG MANA YANG BENAR Ada cerita lisan (Darwin Prinst, SH. Legenda Merga Tarigan dalam bulletin KAMKA No. 010/Maret 1978 ) yang menyebutkan merga Tarigan ini tadinya berdiam di sebuah Gunung, yang berubah mejadi Danau Toba sekarang. Mereka disebut sebagai bangsa Umang. Pada suatu hari, isteri manusia umang Tarigan ini melahirkan sangat banyak mengeluarkan darah. Darah ini, tiba-tiba menjadi kabut dan kemudian jadilah sebuah danau. Cerita ini menggambarkan terjadinya Danau Toba dan migrasi orang Tarigan dari daerah tersebut ke Purba Tua, Cingkes, dan Tongtong Batu. Tiga orang keturunan merga Tarigan kemudian sampai ke Tongging yang waktu itu diserang oleh burung Sigurda-Gurda berkepala tujuh. Untuk itu Tarigan memasang seorang anak gadis menjadi umpan guna membunuh manok Sigurda-gurda tersebut.

  65. dulu sih bagus tetapi sekarang sudah berkurang karena kita kurang untuk menjaga keindahan air danau & kebersihan danau & kelestarian hutan..,ha..ha..txs bro

  66. apa pun ciptaan tuhan itu patut kita syukuri, sebagai orang Indonesia kita seharusnya bangga memiliki beberapa tmpat yang indah yang tidak ada di tempat lain selain di negara kita… walau pun kita lain suku atau agama tidak seharusnya itu menanam kebencian di hati kita apa lagi harus meluapkannya pada ciptaan yang kuasa. belajar lah menghargai sesama tanpa harus di campuri rasa iri dan dengki !!!

  67. Terima kasih sebelumnya saya ucapkan kepada yang menulis cerita tersebut diatas. sebenarnya cerita tersebut kurang pas jalan ceritanya alangkah bagusnya bila cerita tersebut di buat dengan sebagus-bagusnya. thank’s ya bro.

  68. Tidur lah Selamat Malam Lupakan Saja lah aku houhouhou tidurlah selamat malam lupakan saja lah akuuuuuuuhou uuuuuuuuuu Hou Need Party Huainan Momon 130+++++ Tq Gua AFK Dolo

  69. ceritanya sangat menarik dan bagus utk di baca oleh orang-orang sekalian. sebab,saya tinggal di sumatra utara. jadi wajib saya bangga dan memuji apa saja legenda dari provinsi sumatra utara. terimakasih friendsssss!
    I MISS U SUMATRA UTARA…..
    HORASSS….
    ;P

  70. ceritanya sangat bagus aku saja baru tau kalo ceritanya seperti itu…..?????

    Di Sumatera Utara terdapat danau yang sangat besar dan ditengah-tengah danau tersebut terdapat sebuah pulau. Danau itu bernama Danau Toba sedangkan pulau ditengahnya dinamakan Pulau Samosir. Konon danau tersebut berasal dari kutukan dewa.
    Di sebuah desa di wilayah Sumatera, hidup seorang petani. Ia seorang petani yang rajin bekerja walaupun lahan pertaniannya tidak luas. Ia bisa mencukupi kebutuhannya dari hasil kerjanya yang tidak kenal lelah. Sebenarnya usianya sudah cukup untuk menikah, tetapi ia tetap memilih hidup sendirian. Di suatu pagi hari yang cerah, petani itu memancing ikan di sungai. “Mudah-mudahan hari ini aku mendapat ikan yang besar,” gumam petani tersebut dalam hati. Beberapa saat setelah kailnya dilemparkan, kailnya terlihat bergoyang-goyang. Ia segera menarik kailnya. Petani itu bersorak kegirangan setelah mendapat seekor ikan cukup besar.
    Ia takjub melihat warna sisik ikan yang indah. Sisik ikan itu berwarna kuning emas kemerah-merahan. Kedua matanya bulat dan menonjol memancarkan kilatan yang menakjubkan. “Tunggu, aku jangan dimakan! Aku akan bersedia menemanimu jika kau tidak jadi memakanku.” Petani tersebut terkejut mendengar suara dari ikan itu. Karena keterkejutannya, ikan yang ditangkapnya terjatuh ke tanah. Kemudian tidak berapa lama, ikan itu berubah wujud menjadi seorang gadis yang cantik jelita. “Bermimpikah aku?,” gumam petani.
    “Jangan takut pak, aku juga manusia seperti engkau. Aku sangat berhutang budi padamu karena telah menyelamatkanku dari kutukan Dewata,” kata gadis itu. “Namaku Puteri, aku tidak keberatan untuk menjadi istrimu,” kata gadis itu seolah mendesak. Petani itupun mengangguk. Maka jadilah mereka sebagai suami istri. Namun, ada satu janji yang telah disepakati, yaitu mereka tidak boleh menceritakan bahwa asal-usul Puteri dari seekor ikan. Jika janji itu dilanggar maka akan terjadi petaka dahsyat.
    Setelah sampai di desanya, gemparlah penduduk desa melihat gadis cantik jelita bersama petani tersebut. “Dia mungkin bidadari yang turun dari langit,” gumam mereka. Petani merasa sangat bahagia dan tenteram. Sebagai suami yang baik, ia terus bekerja untuk mencari nafkah dengan mengolah sawah dan ladangnya dengan tekun dan ulet. Karena ketekunan dan keuletannya, petani itu hidup tanpa kekurangan dalam hidupnya. Banyak orang iri, dan mereka menyebarkan sangkaan buruk yang dapat menjatuhkan keberhasilan usaha petani. “Aku tahu Petani itu pasti memelihara makhluk halus! ” kata seseorang kepada temannya. Hal itu sampai ke telinga Petani dan Puteri. Namun mereka tidak merasa tersinggung, bahkan semakin rajin bekerja.
    Setahun kemudian, kebahagiaan Petani dan istri bertambah, karena istri Petani melahirkan seorang bayi laki-laki. Ia diberi nama Putera. Kebahagiaan mereka tidak membuat mereka lupa diri. Putera tumbuh menjadi seorang anak yang sehat dan kuat. Ia menjadi anak manis tetapi agak nakal. Ia mempunyai satu kebiasaan yang membuat heran kedua orang tuanya, yaitu selalu merasa lapar. Makanan yang seharusnya dimakan bertiga dapat dimakannya sendiri.
    Lama kelamaan, Putera selalu membuat jengkel ayahnya. Jika disuruh membantu pekerjaan orang tua, ia selalu menolak. Istri Petani selalu mengingatkan Petani agar bersabar atas ulah anak mereka. “Ya, aku akan bersabar, walau bagaimanapun dia itu anak kita!” kata Petani kepada istrinya. “Syukurlah, kanda berpikiran seperti itu. Kanda memang seorang suami dan ayah yang baik,” puji Puteri kepada suaminya.
    Memang kata orang, kesabaran itu ada batasnya. Hal ini dialami oleh Petani itu. Pada suatu hari, Putera mendapat tugas mengantarkan makanan dan minuman ke sawah di mana ayahnya sedang bekerja. Tetapi Putera tidak memenuhi tugasnya. Petani menunggu kedatangan anaknya, sambil menahan haus dan lapar. Ia langsung pulang ke rumah. Di lihatnya Putera sedang bermain bola. Petani menjadi marah sambil menjewer kuping anaknya. “Anak tidak tau diuntung ! Tak tahu diri ! Dasar anak ikan !,” umpat si Petani tanpa sadar telah mengucapkan kata pantangan itu.
    Setelah petani mengucapkan kata-katanya, seketika itu juga anak dan istrinya hilang lenyap. Tanpa bekas dan jejak. Dari bekas injakan kakinya, tiba-tiba menyemburlah air yang sangat deras dan semakin deras. Desa Petani dan desa sekitarnya terendam semua. Air meluap sangat tinggi dan luas sehingga membentuk sebuah telaga. Dan akhirnya membentuk sebuah danau. Danau itu akhirnya dikenal dengan nama Danau Toba. Sedangkan pulau kecil di tengahnya dikenal dengan nama Pulau Samosir.

    1. i like you crita danau toba …………………
      sangat2 mengaseeeeeeeeeeeekkn …………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
      maka mulai hari ini kita harus menjga kebersihan danau kita sendiri
      parapat

  71. Setiap nama daerah Di negara mana pun pasti mempunyai kisah legend masing2,termasuk negara maju sprt America,Britain, or Canada,kita mau percaya ato tidak itu terpulang pd diri masing2,tp sebagai bangsa kita wajib untuk melestarikan kebudayaan termasuk cerita rakyat/daerah. Disaat bangsa lain begitu kagum melihat keindahan danau toba,kok kita mlh gk bs menghargai?? Skdr info Dan pengalaman pribadi,warga Singapore yg pernah dtng kesitu(danau toba) Di tahun 1999;sampe skrng msh suka menyebut2 keajaiban tempat tersebut,walaupun aku bkn orang sumatera,tp aku tetap merasa bangga.

  72. Luar biasa… Muslim bilang “Sbahanallah” & Nasrani bilang “Puji Tuhan” Keindahan danau Toba tiada Tanding tiada Banding. Aku ingin kesana lagi nanti dengan keluargaku……….Coba saksikan keindahanya dari atas bukit arah ke Brastagi, Jalan yg sepi berkelok2 namun pemandanganya luar biasa………

  73. itu hanyalah mitos belaka,, dan saya tidak percaya itu semua,,, ag bisa terima Tuhanlah yang menciptakan dan sudah di rencakan bhwa di sumatra akan ada daerah wisata,, kata Tuhan rencanamu bukanlah rencanaku

  74. Di Sumatera Utara terdapat danau yang sangat besar dan ditengah-tengah danau tersebut terdapat sebuah pulau. Danau itu bernama Danau Toba sedangkan pulau ditengahnya dinamakan Pulau Samosir. Konon danau tersebut berasal dari kutukan dewa.
    Di sebuah desa di wilayah Sumatera, hidup seorang petani. Ia seorang petani yang rajin bekerja walaupun lahan pertaniannya tidak luas. Ia bisa mencukupi kebutuhannya dari hasil kerjanya yang tidak kenal lelah. Sebenarnya usianya sudah cukup untuk menikah, tetapi ia tetap memilih hidup sendirian. Di suatu pagi hari yang cerah, petani itu memancing ikan di sungai. “Mudah-mudahan hari ini aku mendapat ikan yang besar,” gumam petani tersebut dalam hati. Beberapa saat setelah kailnya dilemparkan, kailnya terlihat bergoyang-goyang. Ia segera menarik kailnya. Petani itu bersorak kegirangan setelah mendapat seekor ikan cukup besar.
    Ia takjub melihat warna sisik ikan yang indah. Sisik ikan itu berwarna kuning emas kemerah-merahan. Kedua matanya bulat dan menonjol memancarkan kilatan yang menakjubkan. “Tunggu, aku jangan dimakan! Aku akan bersedia menemanimu jika kau tidak jadi memakanku.” Petani tersebut terkejut mendengar suara dari ikan itu. Karena keterkejutannya, ikan yang ditangkapnya terjatuh ke tanah. Kemudian tidak berapa lama, ikan itu berubah wujud menjadi seorang gadis yang cantik jelita. “Bermimpikah aku?,” gumam petani.
    “Jangan takut pak, aku juga manusia seperti engkau. Aku sangat berhutang budi padamu karena telah menyelamatkanku dari kutukan Dewata,” kata gadis itu. “Namaku Puteri, aku tidak keberatan untuk menjadi istrimu,” kata gadis itu seolah mendesak. Petani itupun mengangguk. Maka jadilah mereka sebagai suami istri. Namun, ada satu janji yang telah disepakati, yaitu mereka tidak boleh menceritakan bahwa asal-usul Puteri dari seekor ikan. Jika janji itu dilanggar maka akan terjadi petaka dahsyat.
    Setelah sampai di desanya, gemparlah penduduk desa melihat gadis cantik jelita bersama petani tersebut. “Dia mungkin bidadari yang turun dari langit,” gumam mereka. Petani merasa sangat bahagia dan tenteram. Sebagai suami yang baik, ia terus bekerja untuk mencari nafkah dengan mengolah sawah dan ladangnya dengan tekun dan ulet. Karena ketekunan dan keuletannya, petani itu hidup tanpa kekurangan dalam hidupnya. Banyak orang iri, dan mereka menyebarkan sangkaan buruk yang dapat menjatuhkan keberhasilan usaha petani. “Aku tahu Petani itu pasti memelihara makhluk halus! ” kata seseorang kepada temannya. Hal itu sampai ke telinga Petani dan Puteri. Namun mereka tidak merasa tersinggung, bahkan semakin rajin bekerja.
    Setahun kemudian, kebahagiaan Petani dan istri bertambah, karena istri Petani melahirkan seorang bayi laki-laki. Ia diberi nama Putera. Kebahagiaan mereka tidak membuat mereka lupa diri. Putera tumbuh menjadi seorang anak yang sehat dan kuat. Ia menjadi anak manis tetapi agak nakal. Ia mempunyai satu kebiasaan yang membuat heran kedua orang tuanya, yaitu selalu merasa lapar. Makanan yang seharusnya dimakan bertiga dapat dimakannya sendiri.
    Lama kelamaan, Putera selalu membuat jengkel ayahnya. Jika disuruh membantu pekerjaan orang tua, ia selalu menolak. Istri Petani selalu mengingatkan Petani agar bersabar atas ulah anak mereka. “Ya, aku akan bersabar, walau bagaimanapun dia itu anak kita!” kata Petani kepada istrinya. “Syukurlah, kanda berpikiran seperti itu. Kanda memang seorang suami dan ayah yang baik,” puji Puteri kepada suaminya.
    Memang kata orang, kesabaran itu ada batasnya. Hal ini dialami oleh Petani itu. Pada suatu hari, Putera mendapat tugas mengantarkan makanan dan minuman ke sawah di mana ayahnya sedang bekerja. Tetapi Putera tidak memenuhi tugasnya. Petani menunggu kedatangan anaknya, sambil menahan haus dan lapar. Ia langsung pulang ke rumah. Di lihatnya Putera sedang bermain bola. Petani menjadi marah sambil menjewer kuping anaknya. “Anak tidak tau diuntung ! Tak tahu diri ! Dasar anak ikan !,” umpat si Petani tanpa sadar telah mengucapkan kata pantangan itu.
    Setelah petani mengucapkan kata-katanya, seketika itu juga anak dan istrinya hilang lenyap. Tanpa bekas dan jejak. Dari bekas injakan kakinya, tiba-tiba menyemburlah air yang sangat deras dan semakin deras. Desa Petani dan desa sekitarnya terendam semua. Air meluap sangat tinggi dan luas sehingga membentuk sebuah telaga. Dan akhirnya membentuk sebuah danau. Danau itu akhirnya dikenal dengan nama Danau Toba. Sedangkan pulau kecil di tengahnya dikenal dengan nama Pulau Samosir

  75. lucu sangat lagh pembahasan yang paling atas itu, menggugah senyum ku. :)
    apa pula kata’a DANAU TOBA itu gembeL ……
    muke lu thu kayak gembel…………….
    DANAU TOBA thu muara kasih sumatra utara. itu satu-satunya danau terbesar se ASIA TENGGARA. anggap remeh pula kauuuuuuuu…..
    dasar orang ALOOOOOTTTTTTTTTTTT…….

  76. Akuuuu Sukaaa Danauuuu Tobaaaa ………….
    pertama x awak pergi ke situ, senang x hati awak ne. hilang semua rasa sedih. itu berkat indah’a danau toba. banyakk bule nya lagi….
    pok0k’a mantabbbbzzzzzzzzzzzz………..
    awak jadii pengen balik lagi kesana :D
    UHUUUUUUUUUUiiiiiiiiiii………..;p

  77. Danau Toba terjadi saat ledakan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu dan merupakan letusan supervolcano (gunung berapi super) yang paling baru. Bill Rose dan Craig Chesner dari Michigan Technological University memperkirakan bahwa bahan-bahan vulkanik yang dimuntahkan gunung itu sebanyak 2.800 km³, dengan 800 km³ batuan ignimbrit dan 2.000 km³ abu vulkanik yang diperkirakan tertiup angin ke barat selama 2 minggu. Debu vulkanik yang ditiup angin telah menyebar ke separuh bumi, dari Cina sampai ke Afrika Selatan. Letusannya terjadi selama 1 minggu dan lontaran debunya mencapai 10 km di atas permukaan laut.

  78. Oraa Ngenah.
    Cerita kok Smua kek gitu.
    Tp terserah laaa….
    We kan cuma baca Doaank.
    Ga Miiikiiiiirrrrr…..
    Wekkekekekeke…..

  79. saya percaya karena itu kan kisah legenda yang harus kita pahami karena menyangkut dewa saya hanya berkata saya takjub mendengar cerita ituhanya itu saja.

  80. saya mendengar kisah cerita itu ya saya juga kasihan dengan anak ibu dan ayah nya karena melanggar pantangan jadi malah ada bencana gitu terus ya nunggu aja apakah berita nya benar apa enggak ya .karena itu rahasia allah jadi kita hanya manaati saja perintah allah dan mahluk allah.

  81. Indonesia sngat Kaya ea ,,
    mmpunyai bribu pulau ..
    pkoq’a bnyakk bnget dehh ;)
    oleh krna itu . kta harus bangga jdii anakk indonesia .. :)
    npha … krna indonesia adalah negri eankz kaya akhan alam’a ..
    daratan maupoend lautan … :*

    Thankz …
    jdiii nambah dehh pngetahuan kta … :D :3 <3

  82. NEGARA INDONESIA kotor jadi kita harus menjaga nya.
    masa kalah sih sama negara singapura dia aja negara yang kecil tapi bersih.

  83. ahh… anaknya main bola tahun berapa yah kalo boleh tahu… kalo permainan sepak bola pertama kali sekitar tahun 1365 dan itu masih menggunakan kepala tengkorak… kapan si anak petani nonton tv liat pertandingan .. kompetisi aja masih tahun 1900… nah gelombang elektro mahgnetik aja di buat masih tahun 1873 masih belum sempurna… yang bener asal mula danau toba
    Sejarah Danau Toba
    Diperkirakan Danau Toba terjadi saat ledakan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu dan merupakan letusan supervolcano (gunung berapi super) yang paling baru. Bill Rose dan Craig Chesner dari Michigan Technological University memperkirakan bahwa bahan-bahan vulkanik yang dimuntahkan gunung itu sebanyak 2.800 km³, dengan 800 km³ batuan ignimbrit dan 2.000 km³ abu vulkanik yang diperkirakan tertiup angin ke barat selama 2 minggu. Debu vulkanik yang ditiup angin telah menyebar ke separuh bumi, dari Cina sampai ke Afrika Selatan. Letusannya terjadi selama 1 minggu dan lontaran debunya mencapai 10 km di atas permukaan laut.
    Kejadian ini menyebabkan kematian massal dan pada beberapa spesies juga diikuti kepunahan. Menurut beberapa bukti DNA, letusan ini juga menyusutkan jumlah manusia sampai sekitar 60% dari jumlah populasi manusia bumi saat itu, yaitu sekitar 60 juta manusia. Letusan itu juga ikut menyebabkan terjadinya zaman es, walaupun para ahli masih memperdebatkannya.
    Setelah letusan tersebut, terbentuk kaldera yang kemudian terisi oleh air dan menjadi yang sekarang dikenal sebagai Danau Toba. Tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar menyebabkan munculnya Pulau Samosir.
    Tim peneliti multidisiplin internasional, yang dipimpin oleh Dr. Michael Petraglia, mengungkapkan dalam suatu konferensi pers di Oxford, Amerika Serikat bahwa telah ditemukan situs arkeologi baru yang cukup spektakuler oleh para ahli geologi di selatan dan utara India. Di situs itu terungkap bagaimana orang bertahan hidup, sebelum dan sesudah letusan gunung berapi (supervolcano) Toba pada 74.000 tahun yang lalu, dan bukti tentang adanya kehidupan di bawah timbunan abu Gunung Toba. Padahal sumber letusan berjarak 3.000 mil, dari sebaran abunya.
    Selama tujuh tahun, para ahli dari oxford University tersebut meneliti projek ekosistem di India, untuk mencari bukti adanya kehidupan dan peralatan hidup yang mereka tinggalkan di padang yang gundul. Daerah dengan luas ribuan hektare ini ternyata hanya sabana (padang rumput). Sementara tulang belulang hewan berserakan. Tim menyimpulkan, daerah yang cukup luas ini ternyata ditutupi debu dari letusan gunung berapi purba.
    Penyebaran debu gunung berapi itu sangat luas, ditemukan hampir di seluruh dunia. Berasal dari sebuah erupsi supervolcano purba, yaitu Gunung Toba. Dugaan mengarah ke Gunung Toba, karena ditemukan bukti bentuk molekul debu vulkanik yang sama di 2100 titik. Sejak kaldera kawah yang kini jadi danau Toba di Indonesia, hingga 3000 mil, dari sumber letusan. Bahkan yang cukup mengejutkan, ternyata penyebaran debu itu sampai terekam hingga Kutub Utara. Hal ini mengingatkan para ahli, betapa dahsyatnya letusan super gunung berapi Toba kala itu. Bukti-bukti yang ditemukan, memperkuat dugaan, bahwa kekuatan letusan dan gelombang lautnya sempat memusnahkan kehidupan di Atlantis.

  84. maaf sebelumnya,Klo saya boleh Coment. saya Putra BIma n Banten,memang cerita yg atas itu hanya dongen or fiktif belaka. namun kejelasanny cerita benar or tidakny tergantung yg mennyikapiny,sebuah kekayaan alam itu tidak boleh d hujat or menghujat. so kesimpulan adany Danau Toba itu,adany letusan gunung yg sangat Dahsyat sekali,ketika Gunung itu meletus abu vulkaniknya membuat gelap negara” Di bagian eropa. ketika itu eropa mengalami kegelapan sampai batas waktu 3 bulan. sekian Terima Kasih info dri saya. wassallamm.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s