Legenda Candi Prambanan

Alkisah, pada dahulu kala terdapat sebuah kerajaan besar yang bernama Prambanan. Rakyatnya hidup tenteran dan damai. Tetapi, apa yang terjadi kemudian? Kerajaan Prambanan diserang dan dijajah oleh negeri Pengging. Ketentraman Kerajaan Prambanan menjadi terusik. Para tentara tidak mampu menghadapi serangan pasukan Pengging. Akhirnya, kerajaan Prambanan dikuasai oleh Pengging, dan dipimpin oleh Bandung Bondowoso.

Bandung Bondowoso seorang yang suka memerintah dengan kejam. “Siapapun yang tidak menuruti perintahku, akan dijatuhi hukuman berat!”, ujar Bandung Bondowoso pada rakyatnya. Bandung Bondowoso adalah seorang yang sakti dan mempunyai pasukan jin. Tidak berapa lama berkuasa, Bandung Bondowoso suka mengamati gerak-gerik Loro Jonggrang, putri Raja Prambanan yang cantik jelita. “Cantik nian putri itu. Aku ingin dia menjadi permaisuriku,” pikir Bandung Bondowoso.

Esok harinya, Bondowoso mendekati Loro Jonggrang. “Kamu cantik sekali, maukah kau menjadi permaisuriku ?”, Tanya Bandung Bondowoso kepada Loro Jonggrang. Loro Jonggrang tersentak, mendengar pertanyaan Bondowoso. “Laki-laki ini lancang sekali, belum kenal denganku langsung menginginkanku menjadi permaisurinya”, ujar Loro Jongrang dalam hati. “Apa yang harus aku lakukan ?”. Loro Jonggrang menjadi kebingungan. Pikirannya berputar-putar. Jika ia menolak, maka Bandung Bondowoso akan marah besar dan membahayakan keluarganya serta rakyat Prambanan. Untuk mengiyakannya pun tidak mungkin, karena Loro Jonggrang memang tidak suka dengan Bandung Bondowoso.

“Bagaimana, Loro Jonggrang ?” desak Bondowoso. Akhirnya Loro Jonggrang mendapatkan ide. “Saya bersedia menjadi istri Tuan, tetapi ada syaratnya,” Katanya. “Apa syaratnya? Ingin harta yang berlimpah? Atau Istana yang megah?”. “Bukan itu, tuanku, kata Loro Jonggrang. Saya minta dibuatkan candi, jumlahnya harus seribu buah. “Seribu buah?” teriak Bondowoso. “Ya, dan candi itu harus selesai dalam waktu semalam.” Bandung Bondowoso menatap Loro Jonggrang, bibirnya bergetar menahan amarah. Sejak saat itu Bandung Bondowoso berpikir bagaimana caranya membuat 1000 candi. Akhirnya ia bertanya kepada penasehatnya. “Saya percaya tuanku bias membuat candi tersebut dengan bantuan Jin!”, kata penasehat. “Ya, benar juga usulmu, siapkan peralatan yang kubutuhkan!”

Setelah perlengkapan di siapkan. Bandung Bondowoso berdiri di depan altar batu. Kedua lengannya dibentangkan lebar-lebar. “Pasukan jin, Bantulah aku!” teriaknya dengan suara menggelegar. Tak lama kemudian, langit menjadi gelap. Angin menderu-deru. Sesaat kemudian, pasukan jin sudah mengerumuni Bandung Bondowoso. “Apa yang harus kami lakukan Tuan ?”, tanya pemimpin jin. “Bantu aku membangun seribu candi,” pinta Bandung Bondowoso. Para jin segera bergerak ke sana kemari, melaksanakan tugas masing-masing. Dalam waktu singkat bangunan candi sudah tersusun hampir mencapai seribu buah.

Sementara itu, diam-diam Loro Jonggrang mengamati dari kejauhan. Ia cemas, mengetahui Bondowoso dibantu oleh pasukan jin. “Wah, bagaimana ini?”, ujar Loro Jonggrang dalam hati. Ia mencari akal. Para dayang kerajaan disuruhnya berkumpul dan ditugaskan mengumpulkan jerami. “Cepat bakar semua jerami itu!” perintah Loro Jonggrang. Sebagian dayang lainnya disuruhnya menumbuk lesung. Dung… dung…dung! Semburat warna merah memancar ke langit dengan diiringi suara hiruk pikuk, sehingga mirip seperti fajar yang menyingsing.

Pasukan jin mengira fajar sudah menyingsing. “Wah, matahari akan terbit!” seru jin. “Kita harus segera pergi sebelum tubuh kita dihanguskan matahari,” sambung jin yang lain. Para jin tersebut berhamburan pergi meninggalkan tempat itu. Bandung Bondowoso sempat heran melihat kepanikan pasukan jin.

Paginya, Bandung Bondowoso mengajak Loro Jonggrang ke tempat candi. “Candi yang kau minta sudah berdiri!”. Loro Jonggrang segera menghitung jumlah candi itu. Ternyata jumlahnya hanya 999 buah!. “Jumlahnya kurang satu!” seru Loro Jonggrang. “Berarti tuan telah gagal memenuhi syarat yang saya ajukan”. Bandung Bondowoso terkejut mengetahui kekurangan itu. Ia menjadi sangat murka. “Tidak mungkin…”, kata Bondowoso sambil menatap tajam pada Loro Jonggrang. “Kalau begitu kau saja yang melengkapinya!” katanya sambil mengarahkan jarinya pada Loro Jonggrang. Ajaib! Loro Jonggrang langsung berubah menjadi patung batu. Sampai saat ini candi-candi tersebut masih ada dan disebut Candi Loro Jonggrang. Karena terletak di wilayah Prambanan, Jawa Tengah, Candi Loro Jonggrang dikenal sebagai Candi Prambanan

Sumber: e-smartschool.com

About these ads

370 pemikiran pada “Legenda Candi Prambanan

  1. bahwa kita tak boleh curang dalam hal apapun dan kita harus melestarikan budaya alam dan kita tak boleh meninggalkan sejarah kita.

    1. apa benar kalo sepasang kekasih pergi keprambanan sebelum menikah mereka akan putus atau berpisah mohon jawabanya dari teman teman yg tau tenttang cerita itu…
      terimakasih

      1. sebenernya apapun bisa terjadi kalau memang kamu percaya…v kalau kamu gak percaya dan lillahi ta’ala insya alloh tidak akan apa2…:)

      2. dalam cerita diatas apa pendekatan didaktis dan emotifnya,,,
        tolong dong dibls,,, ada tugas niech
        mksh sblumnya

      3. emng betul tuh klu k candi prambanan orang yg sdng merasakan asmara akan putus / berpisah selamanya

      4. TIDAK ITU HANYA MITOS BELAKA.,.,.,.,.,.,.,
        Memang hal itu ada kaitanx dg kisah ini. tetapi yang memisahkan dan yang menyatukan itu hanya tuhan yang maha esa.,.,.,.,.,.,jadi kita sbgai manusia tidak punya hak untuk menyatakan hal yang seperti itu.,.,.,
        kesimpulannya bahwa hal tersebut hanya mitos belaka.,.,.,.,.,.,.,. yang diada adkan oleh masyarakat setempat.,.,.,.,.,. pdhal tempat itu sangat bagus untuk menjalin hubungan.,,.,., dg kekasih kita karna ditempat itu kita kan merasa nyaman dan tentram.,.,.,.,.
        karna candi prambanan adlh tempat legenda bangsaINDONESIA yang sampai masuk 7 keajaiban didunia seharusnya kita bangga bukan malah mengada ngada mitos yg gak jelas seperti itu

    2. percaya, ngg percaya ajj.
      klau km percaya km psti mrasa itu bkal terjadi, tpii kalau km ngga percaya itu mungkin gk bkal terjadi….

    3. benr lo aku dah coba menepis mitos itu tpi knyatanya setiap aku datng bersama pasangan ku pasti putus ntah apa persoalannya apa pokoknya ada aja yg bkn putus

      1. q uka jland ceritha in,,kta bza memmtik hikmha eank dlamh crtha in bahwa law kiha tagh blegh berbuath curang,,dlamh mengerjkand sesuathu krnha hsil eank ktha dapath adlah hsil yang negatif ataw yang brukh,,.

        Ok,,..

  2. Maksud hati sih terus menambah cerita, tapi kok virus males sedang menyerang… bukan sih akhir-akhir ini kesibukan pekerjaan lagi menyita waktu.
    Kadang hanya hari jumat saya pulang ke rumah…
    Terima kasih mas rakhmat, ayo kita memulainya dari diri sendiri…

    1. saya saja.itusaya tau kalau kamu mau menambah cerita yg seru didairah ngangrik/ bandongan. ada batu yg bertumpuk 2 besar2 yg sekarang =masih banyakj org yg datang tapi masih asing..belum banyak org yg tau.terus ada lg batu lawang.batu itu ada pintunya terus di bahasaakan jawea jadi watu lawang.asik banget loooooooooooooooo………….papa lg kalu lebaran banyak org yg datang.
      mat mencari tau.
      pokoknya asik lo
      yg mau tau..itu tempatnya di dairah gunung exstrim bgt………….buat teman2 yg mau tau..blh tanya ke akussssssssss…?:D

  3. ceritanya memang asik dibaca dan emang penting buat negara kita,apalagi sekarang negara kita tuh sudah jauh dari budaya negaranya sendiri lebih suka budaya asing.tapi tolong cantumkan alamat lengkap saat kejadian itu terjadi,tolong ya……………………………………………………………………………..karena kita harus saling menolong apalagi sesama wni

  4. setelah membaca cerita atau dongeng Roro Jonggrang…..semua orang pasti punya kesimpulan kalo RJ itu curang…lick….pokoknya yang jelek2 deh….
    padahal kalo ga ada RJ, BB ga bakalan bisa belajar banyak hal…termasuk menghargai perasaan orang lain….
    Bandung mengalami hal itu juga karena karmanya sendiri….
    banyak yang ga tau kalo…BB pernah berusaha membunuh ayah kandungnya untuk dapat menguasai kerajaan Pengging….
    apa yag dilakukan RJ adalah salah satu cara untukmelindungi rakyatnya dari kekejaman BB serta melindungi dirinya sendiri…..

  5. klo menurut gua….g’ ada yg salah baek RJ ato BB…gmn klo cinta BB tulus…bukan tidak mungkin RJ bisa merubah semua keburukan BB…(bener g’ ??:1)…

    itu juga karena RJ ndiri juga berpikiran Buruk waktu itu, hanya memandang BB dari sisi negatif-na aja…(bener g’ :2)……

    jd kedua-na g’ dapet apa yg mereka inginkan…;))hehhe…RJ jd batu…dan BB pun g’ dpt RJ…tp yg untung kita…bisa menikmati hasil pertikaian mereka / bisa melihat candi yg megah…:))hahahha…(bener g’ :3)…

    itu hanya carita masyarakat, bener g’-na g’ ada yg tau….cuma berdasarkan al kisah, (bisa di katakan dari mulut ke mulut ato cerita turun temurun, ato bisa juga tertulis di buku…namun itu belom tentu kebenaran-na….karena g’ ada bukti nyata…klo toh candi dijadikan bukti…sapa saksi mata-na….??? hehehe…; klo aku seh sebagai orang Indonesia tentu bangga dengan Indonesia yg penuh dengan berbagai macam budaya dan selalu byk ragam…dan seperti yg di tulis di atas sangat menarik tuk di baca…..itu juga termasuk Nilai Plus[+]…key..harus bangga donk….itu juga termasuk cerita nenek moyank kita lho…yg patut di buat pelajaran buat anak cucu-na..key…..)….tp kita harus siap pa bila ada yg protes tentang cerita legenda…soal-na kita cuma baca dan mendengar….kan waktu itu kejadian kita lom ada…jd g’ usah di masukkan hati klo ada yg protes dengan cerita2 seperti di atas… yg penting kita optimis Budaya bangsa kita paling klop….bener g’ :4)….dst…

  6. soal ceritanya terserah masing-masing pendapatnya…
    tapi karya seni berupa candi, mutlak faktanya…
    yang jelas kita sendiri tak berdaya membuatnya..
    itu semua untuk indonesia jaya…

  7. wah, ini gak bener tuh ceritane, bandung bondowoso tidak sebrutal dan sesadis itu, lagian bandung telah dicurangi alias ditipu beberapa kali sebelum lorojongrang diubah menjadi batu.

    Bandung memang sakti, wajar kalo orang sakti punya pendamping yang sekualitas (dalam hal ini cantik).

    Semua juga akan marah kalo ditipu alias dikibuli, menunjukkan tidak ksatria sebagai kedudukan seorang putri, pantasnya ya jadi batu.

    Kalo sekiranya gak mau yak ditolak aja terus terang,khan beres dasar sifat orang …

    1. WWWWWWWWWWWWWWWWWWWaaaaaaaaaaaaaaaaWWWWWWWW
      KKKKKKKKKKeeeeeeeeRRRRRRRReeeeeeeeeeeNNNNNNNNNN
      BBBBBBBBBBBBBaaaaaaaaaaaaaaaaNNNNNNNNNgggggggggTTTTTTzzzz

  8. thanks banget! informasi lengkap banget lho! kebetulan lagi di suruh buat paper. abis field trip ke jogja. sekali lagi makasih banyak!!

  9. whoooooooooiiiiii………….
    kerend buanged

    akhirrnya tgzzz ckulzss biezzt………..
    tgl nyntek jha loooooo………….

    cowry ya Bu Mega

  10. matur nuwun sanget, soalnya aku dapet tugas bercerita tentang candi-candi, yang diantaranya Candi Banyutiba, Candi Barong, Candi ratu Baka, dan terakhir Cani Prambanan.Karna aku ambil cerita legenda Candi parambanan, kadi aku terbantu, ya walaupun ulu nenekku juga sering cerita, tapi sejak aku kelas tiga snp nenek ku nggak pernah cerita lagi tentang cerita legenda yang ada di sekitar jogja.
    kalau boleh usul gimana kalau buat blog/web tentang cerita legenda yang ada di nudantara khususnya di jogja jadi dengan begitu setidaknya kita udah nguru-uri,

  11. adakah legenda lain seperti di jawa timur atau di sumenep atau di mana gitu, tolong kirimin ya soalnya sangat perlu

  12. coba,deh…ceritanya tambahin gambar pasti lebih menarik dan dibawahnya versi inggris dannnnn cerita legendanya lebih komplit lagi……..tambahin yaa….Salam maniezzzz…….

  13. menurut saya loro jonggrang tidak usah menipu bandung bondowoso & menerima apa adanya mungkin jika menerima bandung bondowoso tidak mungkin terjadi seprti patung dan jika menerima akan hidup bahagia.

  14. woyooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooo
    ceRit4 nyA yang l3bih seeeeeeeeeeeeeeru donk!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  15. ada beberapa versi tentang candi prambanan ini intinya sm seh tentang permintaan roro yg gk msk akal cm beda di awalnya aja Salah satu versi yg paling sy suka adalah Roro adalah putri Raja Boko, yg berkedudukan di Prambanan, justru dlm crita ini Prabu Bokolah yg jahat, hingga akhrnya dia dibunh oleh Bandung Bandowoso. Pangeran Pengging, dicrtakan Pengging adalah krajaan yg mkmur dgn raja yg baik hati. Bandung gk prnh tau kl Prabu Boko adalah ayah dari gadis yg ia cintai. Ketika Bandung melamar Roro, dgn brt hati Roro mnolak krn ia tk mungkin menikah dgn pmbunh ayahnya. Namun krn Bndung tetep pgn nikh, akhrnya dbuatlah syarat itu. Bgitu tau Roro curang Bandung sgt marah dan mengutuknya jd arca. Namun Bandung menyesal dgn prbuatannya krn ia msh mncintainya. Akhrnya Bandung bunuh diri di dpan arca Roro Jongrang. Dari sana berkembang mitos bahwa pasangan yg dtang ke PRambanan akan berpisah spt kasih tak sampai Roro dan Bandung.

  16. Buat tmn2 yg emg perlu cerita rakyat versi bahsa inggris krimiin, bs hub sy insyalloh sy cb bantu..Kirim softcopy cerita nanti saya terjemhkan.
    022-92451758

  17. pgn bgt dBuat filmy tpi latary bkan djaman modern, pake background dmasa itu. bsa g y dmasa yg penuh gedung2 bsar gini, apa masih ada lahan???

  18. ah tai indonesia kyk bangsat w orng israel nie ntar w tempurin oke………..
    israel berjaya pantang mundur tempur lma negara pun jgi oke…….

  19. dasar monyet bau kadal buntin dinousaurus protosauru pantat monyet bool babi idung tmn w muka tj pala alien/…..hahahahahahahahaha?????

  20. IHH…………………PNJNG BNGT CICH !!!!!!!!!!!!!!!!!BNGNG A Q PLIH YG MNA TPI THANKS DAH BANTU NGERJAIN TUGAS SKUL………AQ

  21. roro jonggrang itu aneh…minta dibuatin candi malah digagalin…roro jonggrang bukan seorang yang fairplay…gmana?

  22. wah,kebetulan ane lagi cari tugas tentang cerita candi prambanan hm….
    copy ahh…..
    hehehehehe^_^

  23. sebenernya aku sih dah tau ceritanya pas di kelas 3 tapi aku pengen lebih tau legenda/sejarah karna aku suka baca buku / disebut kutu buku dan aku suka sekali yang namanya sejarah atau legenda…

    1. aku juga sama udah tau dari kelas 3 tapi mau mengenalnyah lebih jelas lagih biar gerti aku juga sama suka sama sejarah2 lohhh…………….
      benar aku mah…………

  24. wuihh………klo begitu bertingkat2,DONG…..klo msalnya diinjak raksasa hancur
    nggak,ya?kyaknya aq dah prnah baca,deh…..loro jonggrang kasihan,ya?????????
    masa manusia dikutuk jadi batu????yahhh….klo emang legenda kdang2
    nggak beneran,lohh…kadang2karangan orang,tidak nyata…..hehehe…

  25. hehehehehehe
    trkdang w sdih ngliat bangsa qta yg banyak budaya’a mlh d’klaim satu”sma ngra laen,,,,,, msa kalian plindung ngra diam jha,,,,,,BERTINDAK DONK

  26. bikin cerita rakyat dari papua dong / irian jaya yang bagus ceritanya .
    tapi ceritanya bagus bagus bagus banget ceritanya ok! banget deh.

    1. Kata bapa’ TB (d bca tebe) ,,ayahnya Loro Jonggranga entu prnah di bnuh oleh S Bandung Bondowosoaa,ktika Loro Jonggranga msih kcil.
      =RINGKASAN MATERI BAPA “TB” (d bc tebe)=
      Katcta Bapa’ TB (d bca tebe) ktika Bandung Bondowosoaa engin mlamuar s Loro Jonggranga, jelas s Loro Jonggranga ndak maou nerima lamaran entu, tp jka d tolak s Bandung Bondowosoaa akn marah besar & akn membahuayakuan kluarganya dan rkyat Prambanana. Jdi s Loro Jonggranga mnerima sja dech lmrnnya dgn syarat mmbuat candi sbanyk 1000 buah spaya s Bandung Bondowosoa ndak snggup. tpi dg Bantuan para Jin, akhirnya prsyaratan ntu hmpir slesai d tngah malaum gurita (mksdnya gulita) Loro Jonggranga trsntack kget mlihaut kjdian ntu dn bingung bgimna cranya untuk mggagalkannya. & akhirnya Loro Jonggranga mnyuruh shabat2nyua entuk mnabuh lesung2 & ayam2 jagopun brkokok mndngar suara itu. Hal ntuk mnanda’kan ciri2 akn trjadinya pgi hari.Dan AKHIRNYA s Loro Jongranga,,, CAPPUEE” DUECHH<<

    1. saya adalah roro jongrang:jadi sayah pernah megalami cerita ituh aku dan bandung bondowoso berperang dan saya kalah saya pun meninggal hahahahahahahah……………………………hihihihihhihihihihihoihihihihihhihihihihihihihiiiiiihhhhhhhhhhhhhhhii….??????
      asalam mualaikum saya mau ke alam surga dulu by;

  27. cerita indonesia memang keren,,hanya di legenda indonesia indonesia orang bisa jadi patung(contoh:malin kundang,batu menangis,loro jongrang,batu gantung toba)

  28. MEMANG LANCANG SEKALI !!! DIA MELAMAR PUTRI SEBELUM BERKENALAN !!!!.ITU TAK ADILKAN ? SEHARUSNYA BERKENALAN DULU KETERLALUAN N LANCANG SEKALI !!!

  29. ha hya hya ha lau bgtu aq mau jg la PNYA PSUKANJ JIN YG BNYAK . . ..

    AGAR BSA MMBANTU Q mgerjakan tugas2 skulah . . . ..

  30. apa lagi peninggalan si bondowoso itu kalau bukan ilmu mistik kekebalan, sampai sekarang banyak orang belajar ilmu gini. semua ini kepercayaan, setelah candi wujud, terbentuklah kisah legenda ini. jangan fikir fakta segala, kerana semua ini hiburan jaman dulu. versi moden udah tentu berbeda untuk menarik minat audien muda. maaf kalo salah.

  31. Bukannya rorojongrang bandung bondowoso itu legenda candi sewu ya?candi sewu masih utaranya prambanan.. ane orang jogja asli gan.. Dr kecil juga heran kok itu jadi legenda candi prambanan..

  32. menarik juga,, cz quwh cka crita rakyat pa aghi lox legenda wuich uasikkkkkkkkkkkkkkkkk q ck le bca “iin cyank ajhiww”
    “mY hEaRt WiLl Go On” “i LiKe Itttttttttttt”

  33. gilaaaaaaaaaaaaaaaaaa seru bangtttttttttttt INDONESIA emeng gak ad habis nya tentang beribu ribu legenda……………GUE BANGGA BANGET…….. JADI ORANG INDONESIA………………………………………………………………………………………….. AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAJIBbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbb INDONESIA GITU LOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO

  34. Yang bahasa inggris dong pls banget buat tugas nih. Cerita rakyat jogja apa ajadeh dalam bahasa inggris, tapi yg bener bahasanya bukan dari google translate yg asal2an. Trmksh

  35. INI VERSI INGGRISNYA!

    Prambanan Temple Legend

    Alkisah, in the olden days there was a great kingdom called Prambanan. Tenteran and people live in peace. But, what happens then? Prambanan government attacked and conquered by the state Pengging. Peace at the Prambanan be disturbed. The army is not able to attack Pengging team. Finally, the government dominated by Pengging Prambanan, and led by the Bandung Speed.
    Bandung Bondowoso a brutally peremptory. “Anyone who does not obey my order, will be severe punishment!”, Says Bandung Speed ​​on people. Bandung Speed ​​is a magical and has a team of angels. Not long in power, Bandung Speed ​​observe gestures like Loro Jonggrang, the beautiful daughter of King Prambanan beautiful. “Beauty is really the daughter. I want him to be permaisuriku, “thought Bandung Speed.
    Tomorrow morning, near Loro Jonggrang Speed. “You are beautiful, will you be permaisuriku?”, Asked Speed ​​to Loro Jonggrang Bandung. Loro Jonggrang startled, listening to questions Speed. “This young man is audacious of all, you do not know with me directly menginginkanku become queen”, says Loro Jongrang in the liver. “What should I do?”. Loro Jonggrang become confused. Mind spinning. If it is rejected, then be angry Speed ​​Bandung large and dangerous family and the people of Prambanan. To mengiyakannya not possible, because Loro Jonggrang did not like the Bandung Speed.
    “How, Loro Jonggrang?” Speed ​​insisted. Finally Loro Jonggrang get ideas. “I am willing to be the wife of Lord, but there are conditions,” he said. “What are the conditions? Want to extensive property? Or the magnificent palace? “. “Not that, my lord, said Loro Jonggrang. I’m created for temples, the amount must be a thousand pieces. “One thousand pieces?” Cried Speed. “Yes, and the temple was to be completed in time today.” Bandung Speed ​​Loro Jonggrang staring, her lips trembling stifling his anger. Since then Bandung Speed ​​decide how to make 1000 temples. Finally he asked the counsel. “I believe my master is able to make the temple with the help of Jin!”, Said the adviser. “Yes, true usulmu, prepare equipment kubutuhkan!”
    Once the equipment in the finish. Speed ​​Bandung standing in front of the altar stone. His arms out wide. “The jinn, Help me!” She shouted in a voice Help me build a thousand temples, “ask Bandung Speed. The genie immediately move to and fro, carrying out their respective duties. In the short time the temple was arranged close to a thousand pieces.
    Meanwhile, Loro Jonggrang quietly observing from a distance. It alarmed, knowing Speed ​​assisted by a team burdened.
    aginya, Bandung Speed ​​Loro Jonggrang invites to the temple. “This temple that you requested is standing.” Jonggrang Loro immediately calculate the number of such temples. Apparently the total is only 999 pieces!. “The amount is less than one!” What Loro Jonggrang. “That means that you have failed to fulfill my proposed”. Speed ​​Bandung surprised to know of the shortage. It becomes very murka.Kalau once you complete it alone! “It’s Magic! Loro direct Jonggrang turned into stone statues. Until now, these temples are still there and called Candi Loro Jonggrang. Because it is located in the territory of Prambanan, Central Java, Candi Loro Jonggrang known as Prambanan Temple

  36. cerita seru bangetz……tapi bener juga di cerita tsb ad maknany juga loh……
    qt bole aza curang tp jgn mnt bantuan jin

  37. Candi Prambanan itu sebenarnnya cerita dr Roro jonggrang atau Rakai Pikatan Pramodyawardhani vs Balaputradewa?

  38. Gugusan candi ini dinamakan Prambanan karena terletak di daerah Prambanan. Nama Loro Jonggrang berkaitan dengan legenda yang menceritakan tentang seorang dara yang jonggrang atau gadis yang jangkung putri Prabu Boko.

  39. Alkisah, pada dahulu kala terdapat sebuah kerajaan besar yang bernama Prambanan. Rakyatnya hidup tenteran dan damai. Tetapi, apa yang terjadi kemudian? Kerajaan Prambanan diserang dan dijajah oleh negeri Pengging. Ketentraman Kerajaan Prambanan menjadi terusik. Para tentara tidak mampu menghadapi serangan pasukan Pengging. Akhirnya, kerajaan Prambanan dikuasai oleh Pengging, dan dipimpin oleh Bandung Bondowoso.
    Bandung Bondowoso seorang yang suka memerintah dengan kejam. “Siapapun yang tidak menuruti perintahku, akan dijatuhi hukuman berat!”, ujar Bandung Bondowoso pada rakyatnya. Bandung Bondowoso adalah seorang yang sakti dan mempunyai pasukan jin. Tidak berapa lama berkuasa, Bandung Bondowoso suka mengamati gerak-gerik Loro Jonggrang, putri Raja Prambanan yang cantik jelita. “Cantik nian putri itu. Aku ingin dia menjadi permaisuriku,” pikir Bandung Bondowoso.
    Esok harinya, Bondowoso mendekati Loro Jonggrang. “Kamu cantik sekali, maukah kau menjadi permaisuriku ?”, Tanya Bandung Bondowoso kepada Loro Jonggrang. Loro Jonggrang tersentak, mendengar pertanyaan Bondowoso. “Laki-laki ini lancang sekali, belum kenal denganku langsung menginginkanku menjadi permaisurinya”, ujar Loro Jongrang dalam hati. “Apa yang harus aku lakukan ?”. Loro Jonggrang menjadi kebingungan. Pikirannya berputar-putar. Jika ia menolak, maka Bandung Bondowoso akan marah besar dan membahayakan keluarganya serta rakyat Prambanan. Untuk mengiyakannya pun tidak mungkin, karena Loro Jonggrang memang tidak suka dengan Bandung Bondowoso.
    “Bagaimana, Loro Jonggrang ?” desak Bondowoso. Akhirnya Loro Jonggrang mendapatkan ide. “Saya bersedia menjadi istri Tuan, tetapi ada syaratnya,” Katanya. “Apa syaratnya? Ingin harta yang berlimpah? Atau Istana yang megah?”. “Bukan itu, tuanku, kata Loro Jonggrang. Saya minta dibuatkan candi, jumlahnya harus seribu buah. “Seribu buah?” teriak Bondowoso. “Ya, dan candi itu harus selesai dalam waktu semalam.” Bandung Bondowoso menatap Loro Jonggrang, bibirnya bergetar menahan amarah. Sejak saat itu Bandung Bondowoso berpikir bagaimana caranya membuat 1000 candi. Akhirnya ia bertanya kepada penasehatnya. “Saya percaya tuanku bias membuat candi tersebut dengan bantuan Jin!”, kata penasehat. “Ya, benar juga usulmu, siapkan peralatan yang kubutuhkan!”
    Setelah perlengkapan di siapkan. Bandung Bondowoso berdiri di depan altar batu. Kedua lengannya dibentangkan lebar-lebar. “Pasukan jin, Bantulah aku!” teriaknya dengan suara menggelegar. Tak lama kemudian, langit menjadi gelap. Angin menderu-deru. Sesaat kemudian, pasukan jin sudah mengerumuni Bandung Bondowoso. “Apa yang harus kami lakukan Tuan ?”, tanya pemimpin jin. “Bantu aku membangun seribu candi,” pinta Bandung Bondowoso. Para jin segera bergerak ke sana kemari, melaksanakan tugas masing-masing. Dalam waktu singkat bangunan candi sudah tersusun hampir mencapai seribu buah.
    Sementara itu, diam-diam Loro Jonggrang mengamati dari kejauhan. Ia cemas, mengetahui Bondowoso dibantu oleh pasukan jin. “Wah, bagaimana ini?”, ujar Loro Jonggrang dalam hati. Ia mencari akal. Para dayang kerajaan disuruhnya berkumpul dan ditugaskan mengumpulkan jerami. “Cepat bakar semua jerami itu!” perintah Loro Jonggrang. Sebagian dayang lainnya disuruhnya menumbuk lesung. Dung… dung…dung! Semburat warna merah memancar ke langit dengan diiringi suara hiruk pikuk, sehingga mirip seperti fajar yang menyingsing.
    Pasukan jin mengira fajar sudah menyingsing. “Wah, matahari akan terbit!” seru jin. “Kita harus segera pergi sebelum tubuh kita dihanguskan matahari,” sambung jin yang lain. Para jin tersebut berhamburan pergi meninggalkan tempat itu. Bandung Bondowoso sempat heran melihat kepanikan pasukan jin.
    Paginya, Bandung Bondowoso mengajak Loro Jonggrang ke tempat candi. “Candi yang kau minta sudah berdiri!”. Loro Jonggrang segera menghitung jumlah candi itu. Ternyata jumlahnya hanya 999 buah!. “Jumlahnya kurang satu!” seru Loro Jonggrang. “Berarti tuan telah gagal memenuhi syarat yang saya ajukan”. Bandung Bondowoso terkejut mengetahui kekurangan itu. Ia menjadi sangat murka. “Tidak mungkin…”, kata Bondowoso sambil menatap tajam pada Loro Jonggrang. “Kalau begitu kau saja yang melengkapinya!” katanya sambil mengarahkan jarinya pada Loro Jonggrang. Ajaib! Loro Jonggrang langsung berubah menjadi patung batu. Sampai saat ini candi-candi tersebut masih ada dan disebut Candi Loro Jonggrang. Karena terletak di wilayah Prambanan, Jawa Tengah, Candi Loro Jonggrang dikenal sebagai Candi

  40. Alkisah, pada dahulu kala terdapat sebuah kerajaan besar yang bernama Prambanan. Rakyatnya hidup tenteran dan damai. Tetapi, apa yang terjadi kemudian? Kerajaan Prambanan diserang dan dijajah oleh negeri Pengging. Ketentraman Kerajaan Prambanan menjadi terusik. Para tentara tidak mampu menghadapi serangan pasukan Pengging. Akhirnya, kerajaan Prambanan dikuasai oleh Pengging, dan dipimpin oleh Bandung Bondowoso.
    Bandung Bondowoso seorang yang suka memerintah dengan kejam. “Siapapun yang tidak menuruti perintahku, akan dijatuhi hukuman berat!”, ujar Bandung Bondowoso pada rakyatnya. Bandung Bondowoso adalah seorang yang sakti dan mempunyai pasukan jin. Tidak berapa lama berkuasa, Bandung Bondowoso suka mengamati gerak-gerik Loro Jonggrang, putri Raja Prambanan yang cantik jelita. “Cantik nian putri itu. Aku ingin dia menjadi permaisuriku,” pikir Bandung Bondowoso.
    Esok harinya, Bondowoso mendekati Loro Jonggrang. “Kamu cantik sekali, maukah kau menjadi permaisuriku ?”, Tanya Bandung Bondowoso kepada Loro Jonggrang. Loro Jonggrang tersentak, mendengar pertanyaan Bondowoso. “Laki-laki ini lancang sekali, belum kenal denganku langsung menginginkanku menjadi permaisurinya”, ujar Loro Jongrang dalam hati. “Apa yang harus aku lakukan ?”. Loro Jonggrang menjadi kebingungan. Pikirannya berputar-putar. Jika ia menolak, maka Bandung Bondowoso akan marah besar dan membahayakan keluarganya serta rakyat Prambanan. Untuk mengiyakannya pun tidak mungkin, karena Loro Jonggrang memang tidak suka dengan Bandung Bondowoso.
    “Bagaimana, Loro Jonggrang ?” desak Bondowoso. Akhirnya Loro Jonggrang mendapatkan ide. “Saya bersedia menjadi istri Tuan, tetapi ada syaratnya,” Katanya. “Apa syaratnya? Ingin harta yang berlimpah? Atau Istana yang megah?”. “Bukan itu, tuanku, kata Loro Jonggrang. Saya minta dibuatkan candi, jumlahnya harus seribu buah. “Seribu buah?” teriak Bondowoso. “Ya, dan candi itu harus selesai dalam waktu semalam.” Bandung Bondowoso menatap Loro Jonggrang, bibirnya bergetar menahan amarah. Sejak saat itu Bandung Bondowoso berpikir bagaimana caranya membuat 1000 candi. Akhirnya ia bertanya kepada penasehatnya. “Saya percaya tuanku bias membuat candi tersebut dengan bantuan Jin!”, kata penasehat. “Ya, benar juga usulmu, siapkan peralatan yang kubutuhkan!”
    Setelah perlengkapan di siapkan. Bandung Bondowoso berdiri di depan altar batu. Kedua lengannya dibentangkan lebar-lebar. “Pasukan jin, Bantulah aku!” teriaknya dengan suara menggelegar. Tak lama kemudian, langit menjadi gelap. Angin menderu-deru. Sesaat kemudian, pasukan jin sudah mengerumuni Bandung Bondowoso. “Apa yang harus kami lakukan Tuan ?”, tanya pemimpin jin. “Bantu aku membangun seribu candi,” pinta Bandung Bondowoso. Para jin segera bergerak ke sana kemari, melaksanakan tugas masing-masing. Dalam waktu singkat bangunan candi sudah tersusun hampir mencapai seribu buah.
    Sementara itu, diam-diam Loro Jonggrang mengamati dari kejauhan. Ia cemas, mengetahui Bondowoso dibantu oleh pasukan jin. “Wah, bagaimana ini?”, ujar Loro Jonggrang dalam hati. Ia mencari akal. Para dayang kerajaan disuruhnya berkumpul dan ditugaskan mengumpulkan jerami. “Cepat bakar semua jerami itu!” perintah Loro Jonggrang. Sebagian dayang lainnya disuruhnya menumbuk lesung. Dung… dung…dung! Semburat warna merah memancar ke langit dengan diiringi suara hiruk pikuk, sehingga mirip seperti fajar yang menyingsing.
    Pasukan jin mengira fajar sudah menyingsing. “Wah, matahari akan terbit!” seru jin. “Kita harus segera pergi sebelum tubuh kita dihanguskan matahari,” sambung jin yang lain. Para jin tersebut berhamburan pergi meninggalkan tempat itu. Bandung Bondowoso sempat heran melihat kepanikan pasukan jin.
    Paginya, Bandung Bondowoso mengajak Loro Jonggrang ke tempat candi. “Candi yang kau minta sudah berdiri!”. Loro Jonggrang segera menghitung jumlah candi itu. Ternyata jumlahnya hanya 999 buah!. “Jumlahnya kurang satu!” seru Loro Jonggrang. “Berarti tuan telah gagal memenuhi syarat yang saya ajukan”. Bandung Bondowoso terkejut mengetahui kekurangan itu. Ia menjadi sangat murka. “Tidak mungkin…”, kata Bondowoso sambil menatap tajam pada Loro Jonggrang. “Kalau begitu kau saja yang melengkapinya!” katanya sambil mengarahkan jarinya pada Loro Jonggrang. Ajaib! Loro Jonggrang langsung berubah menjadi patung batu. Sampai saat ini candi-candi tersebut masih ada dan disebut Candi Loro Jonggrang. Karena terletak di wilayah Prambanan, Jawa Tengah, Candi Loro Jonggrang dikenal sebagai Candi

  41. coba test DNA batunya, kalo ada unsur manusia baru cerita asli, kalo ada unsur manusianya dan benar2 roro jonggrang, kita buat cloningnya kalo cantik masukan ke ajang miss universe utusan indonesia

  42. kasian loro jonggrang jadi patung tapi ceritanya baaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaagus banget

  43. kasian loro jonggrang jadi patung tapi ceritanya baaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaagus banget

  44. o,lkjnuikvLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi PrambananLegenda Candi Prambananihui Legenda Candi Prambanan

  45. mnrt q itu hanyalah mitos..
    jika allah brkhndak untuk memutuskan dlm suatu hubungan brpisah pasti akan trjadi
    jika tdk dan dlm suatu hubungan tsb brjodoh yhh mungkin insyaallah tdk akan trjadi..

  46. Alkisah, pada dahulu kala terdapat sebuah kerajaan besar yang bernama Prambanan. Rakyatnya hidup tenteran dan damai. Tetapi, apa yang terjadi kemudian? Kerajaan Prambanan diserang dan dijajah oleh negeri Pengging. Ketentraman Kerajaan Prambanan menjadi terusik. Para tentara tidak mampu menghadapi serangan pasukan Pengging. Akhirnya, kerajaan Prambanan dikuasai oleh Pengging, dan dipimpin oleh Bandung Bondowoso.

    Bandung Bondowoso seorang yang suka memerintah dengan kejam. “Siapapun yang tidak menuruti perintahku, akan dijatuhi hukuman berat!”, ujar Bandung Bondowoso pada rakyatnya. Bandung Bondowoso adalah seorang yang sakti dan mempunyai pasukan jin. Tidak berapa lama berkuasa, Bandung Bondowoso suka mengamati gerak-gerik Loro Jonggrang, putri Raja Prambanan yang cantik jelita. “Cantik nian putri itu. Aku ingin dia menjadi permaisuriku,” pikir Bandung Bondowoso.

    Esok harinya, Bondowoso mendekati Loro Jonggrang. “Kamu cantik sekali, maukah kau menjadi permaisuriku ?”, Tanya Bandung Bondowoso kepada Loro Jonggrang. Loro Jonggrang tersentak, mendengar pertanyaan Bondowoso. “Laki-laki ini lancang sekali, belum kenal denganku langsung menginginkanku menjadi permaisurinya”, ujar Loro Jongrang dalam hati. “Apa yang harus aku lakukan ?”. Loro Jonggrang menjadi kebingungan. Pikirannya berputar-putar. Jika ia menolak, maka Bandung Bondowoso akan marah besar dan membahayakan keluarganya serta rakyat Prambanan. Untuk mengiyakannya pun tidak mungkin, karena Loro Jonggrang memang tidak suka dengan Bandung Bondowoso.

    “Bagaimana, Loro Jonggrang ?” desak Bondowoso. Akhirnya Loro Jonggrang mendapatkan ide. “Saya bersedia menjadi istri Tuan, tetapi ada syaratnya,” Katanya. “Apa syaratnya? Ingin harta yang berlimpah? Atau Istana yang megah?”. “Bukan itu, tuanku, kata Loro Jonggrang. Saya minta dibuatkan candi, jumlahnya harus seribu buah. “Seribu buah?” teriak Bondowoso. “Ya, dan candi itu harus selesai dalam waktu semalam.” Bandung Bondowoso menatap Loro Jonggrang, bibirnya bergetar menahan amarah. Sejak saat itu Bandung Bondowoso berpikir bagaimana caranya membuat 1000 candi. Akhirnya ia bertanya kepada penasehatnya. “Saya percaya tuanku bias membuat candi tersebut dengan bantuan Jin!”, kata penasehat. “Ya, benar juga usulmu, siapkan peralatan yang kubutuhkan!”

    Setelah perlengkapan di siapkan. Bandung Bondowoso berdiri di depan altar batu. Kedua lengannya dibentangkan lebar-lebar. “Pasukan jin, Bantulah aku!” teriaknya dengan suara menggelegar. Tak lama kemudian, langit menjadi gelap. Angin menderu-deru. Sesaat kemudian, pasukan jin sudah mengerumuni Bandung Bondowoso. “Apa yang harus kami lakukan Tuan ?”, tanya pemimpin jin. “Bantu aku membangun seribu candi,” pinta Bandung Bondowoso. Para jin segera bergerak ke sana kemari, melaksanakan tugas masing-masing. Dalam waktu singkat bangunan candi sudah tersusun hampir mencapai seribu buah.

    Sementara itu, diam-diam Loro Jonggrang mengamati dari kejauhan. Ia cemas, mengetahui Bondowoso dibantu oleh pasukan jin. “Wah, bagaimana ini?”, ujar Loro Jonggrang dalam hati. Ia mencari akal. Para dayang kerajaan disuruhnya berkumpul dan ditugaskan mengumpulkan jerami. “Cepat bakar semua jerami itu!” perintah Loro Jonggrang. Sebagian dayang lainnya disuruhnya menumbuk lesung. Dung… dung…dung! Semburat warna merah memancar ke langit dengan diiringi suara hiruk pikuk, sehingga mirip seperti fajar yang menyingsing.

    Pasukan jin mengira fajar sudah menyingsing. “Wah, matahari akan terbit!” seru jin. “Kita harus segera pergi sebelum tubuh kita dihanguskan matahari,” sambung jin yang lain. Para jin tersebut berhamburan pergi meninggalkan tempat itu. Bandung Bondowoso sempat heran melihat kepanikan pasukan jin.

    Paginya, Bandung Bondowoso mengajak Loro Jonggrang ke tempat candi. “Candi yang kau minta sudah berdiri!”. Loro Jonggrang segera menghitung jumlah candi itu. Ternyata jumlahnya hanya 999 buah!. “Jumlahnya kurang satu!” seru Loro Jonggrang. “Berarti tuan telah gagal memenuhi syarat yang saya ajukan”. Bandung Bondowoso terkejut mengetahui kekurangan itu. Ia menjadi sangat murka. “Tidak mungkin…”, kata Bondowoso sambil menatap tajam pada Loro Jonggrang. “Kalau begitu kau saja yang melengkapinya!” katanya sambil mengarahkan jarinya pada Loro Jonggrang. Ajaib! Loro Jonggrang langsung berubah menjadi patung batu. Sampai saat ini candi-candi tersebut masih ada dan disebut Candi Loro Jonggrang. Karena terletak di wilayah Prambanan, Jawa Tengah, Candi Loro Jonggrang dikenal sebagai Candi Prambanan

  47. Do you mind if I quote a few of your articles as long as I provide credit and sources back to your
    webpage? My website is in the exact same niche as yours and
    my users would certainly benefit from a lot
    of the information you provide here. Please let me know if this okay with you.

    Thank you!

  48. This design is spectacular! You most certainly know how to
    keep a reader amused. Between your wit and your videos, I was almost moved to start my
    own blog (well, almost…HaHa!) Wonderful job. I really loved
    what you had to say, and more than that, how you presented it.
    Too cool!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s